Deretan Rumah Ibadah Lintas Agama Dengan Desain Paling Indah di Dunia

Banyak rumah ibadah yang dibangun dengan memperhatikan keindahan arsitekturnya hingga akhirnya kini membuat rumah ibadah bukan hanya sekedar tempat untuk menyembah Tuhan saja. Seiring dengan berkembangnya zaman, rumah ibadah telah bertransformasi dari sebelumnya hanyalah tempat sakral untuk melakukan aktivitas keagamaan kini melayani pula kunjungan wisata yang dibalut dengan kegiatan religi.

Rumah ibadah yang notabene dijuluki pula sebagai rumah Tuhan dibuat dengan arsitektur yang indah dengan berbagai tujuan. Disamping tujuan utamanya memberikan kenyamanan para jemaahnya dalam beribadah, keindahan arsitektur ini juga mengundang decak kagum dari para traveler hingga akhirnya mereka datang untuk melihat dan menikmatinya secara langsung.

Belum lama ini situs Quora melakukan jejak pendapat kepada para pengguna internet di dunia dengan latar belakang agama yang berbeda-beda. Materinya adalah tentang rumah ibadah paling indah di dunia. Dari jejak pendapat itu kemudian didapatkan 6 rumah ibadah yang dianggap paling indah di dunia oleh para pengguna internet.

1. Masjid Nasir Al Mulk, Iran

Sebuah masjid dibangun bukan hanya identik dengan warna putih dan hijau saja. Coba tengok kemegahan Masjid Nasir Al Mulk di Iran. Masjid berusia ratusan tahun yang dibangun pada tahun 1888 ini memiliki dekorasi yang didominasi warna pink. Masjid di Kota Shiraz ini menjadi daya tarik tersendiri sebagai destinasi wisata religi.

Masjid Nasir Al Mulk, Iran, via instagram
Masjid Nasir Al Mulk, Iran, via instagram

Keindahan arsitektur masjid yang dijuluki sebagai Masjid Pink ini memang sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Pihak pengelola pun memberikan ijin pada wisatawan yang ingin masuk ke dalam area tempat ibadah hanya untuk mengambil fotonya. Pun demikian meski setiap hari masjid ini ramai dikunjungi wisatawan namun ketenangan di dalam masjid tetap terjaga sehingga kedatangan pengunjung tidak sampai mengganggu kekhusyukan mereka yang sedang beribadah.

2. Dome of Rock, Yerusalem

Dome of Rock adalah tempat ibadah yang selama ini menjadi bahan perdebatan di antara umat Islam lantaran dianggap sebagai masjid Al Aqsa yang disengketakan antara Palestina dan Israel. Padahal bangunan ibadah berkubah emas ini adalah sesuatu yang berbeda sedangkan masjid Al Aqsa berada di dekatnya. Tempat ini dikenal memiliki sejarah bagi tiga agama besar di dunia.

Dome of Rock, Yerusalem, via instagram
Dome of Rock, Yerusalem, via instagram

Dome of Rock terletak di kota Yerusalem. Bagi umat Islam, tempat keberadaan bangunan ini dipercaya sebagai pijakan Nabi Muhammad SAW saat melakukan Mi’raj dan juga tempat yang sama yang pernah digunakan Khalifah Umar bin Khatab berdoa. Bangunan dengan motif kaligrafi serta dekorasi berwarna biru memberikan kesan yang mewah bagi tempat tersebut. Konon kubah berwarna emas itu bukanlah hasil pengecatan atau terbuat dari perunggu namun murni lapisan emas seberat 80 kg. Wow!

3. Shwedagon Pagoda, Myanmar

Dari sekian rumah ibadah lintas agama yang ada di dunia mungkin Shwedagon Pagoda di Myanmar adalah yang paling megah dan paling mahal jika diukur dengan mata uang. Pasalnya rumah ibadah yang disebut kuil untuk umat Buddha ini dibangun dengan bertahtakan berbagai logam mulia seperti emas, berlian dan batu ruby. Jadilah kemudian sebuah kuil Buddha paling indah sedunia yang pernah ada.

Shwedagon Pagoda, Myanmar, via instagram
Shwedagon Pagoda, Myanmar, via instagram

Shwedagon Pagoda tidak hanya membuat kagum dengan material penyusunnya berupa 8.688 batang emas untuk stupa di bagian bawah, 13.153 emas lainnya digunakan untuk membangun stupa di bagian atas serta puncaknya terdapat 5.448 buah batu berlian, 2.317 batu ruby, dan 1.065 lonceng emas. Tidak cukup sampai di situ, bagian tertinggi kuil ini disematkan berlian 76 karat yang jika semuanya dikalkulasikan dengan nominal uang maka tidak ternilai harganya.

Fakta lain menyebutkan bahwa kuil seindah dan semegah itu dibangun bukan pada zaman modern. Shwedagon Pagoda adalah situs sejarah di Myanmar yang telah berumur lebih dari seribu tahun dimana didalam kuil ini juga menyimpan delapan helai rambut dari Buddha yang sakral. kalau mau masuk ke dalam kawasan kuil ini setiap pengunjung diwajibkan untuk memakai pakaian yang sopan serta melepaskan alas kaki.

4. Basilika St Peter, Vatikan

Basilika St Peter, rumah ibadah paling sakral bagi umat Katolik sekaligus sebagai kediaman dari Paus sang pemimpin agama yang terletak di Vatikan juga dianggap sebagai salah satu rumah ibadah paling indah di dunia. Basilika ini menjadi saksi bisu kemegahan arsitektur zaman Renaissance dimana beberapa seniman terkemuka pada zaman itu turut mendesainnya, sebut saja Donato Bramante hingga Michelangelo Buonarroti.

Basilika St Peter, Vatikan, via instagram
Basilika St Peter, Vatikan, via instagram

Disamping memiliki arsitektur yang megah, Basilika St Peter juga menjadi rumah bagi berkumpulnya koleksi seni patung yang tidak ternilai harganya. Alih-alih sebagai rumah ibadah, basilika ini lebih mirip seperti museum seni hanya yang membedakan antara keduanya adalah Basilika St Peter masih aktif digunakan untuk beribadah. Tidak sedikit wisatawan hingga peziarah yang datang untuk berdoa atau sekedar mengagumi keindahan arsitektur dan dekorasi bangunan tersebut.

5. Lotus Temple, India

Jika daftar sebelumnya menasbihkan tempat ibadah berumur tua sebagai yang terindah di dunia maka India punya tempat ibadah modern yang tak kalah indah. Adalah Lotus Temple, sebuah rumah ibadah bagi umat Baha’i di New Delhi ini dibangun pada tahun 1986 dan bentuk bangunannya berhasil menyita perhatian publik hingga akhirnya banyak yang sependapat jika rumah ibadah ini memang memiliki arsitektur yang indah.

Lotus Temple, India, via instagram
Lotus Temple, India, via instagram

Lotus Temple atau dikenal juga dengan sebutan Kuil Lotus ini dibuat menyerupai bunga Lotus alias bunga teratai. Rumah ibadah ini memiliki kapasitas 2.500 orang. Untuk mempertegas bahwa bangunannya memang memiliki arsitektur yang indah, Kuil Lotus ini sempat meraih sejumlah penghargaan di bidang arsitektur, seni, agama dan pemerintahan. Keindahannya pun tidak hanya mampu menarik banyak peziarah untuk datang namun juga rombongan turis lain dari berbagai dunia untuk berkunjung ke sana.

6. Paro Taktsang, Bhutan

Indah namun cukup ngeri untuk dinikmati, inilah sekelumit gambaran dari rumah ibadah yang terakhir. Paro Taktsang adalah kuil yang dibangun di bibir tebing curam menghadap ke jurang di ketinggian 3.800 meter di atas Lembah Paro, Bhutan. Lokasinya yang terpencil dan terisolasi ini memberikan para traveler ketenangan dan kedamaian.

Paro Taktsang, Bhutan, via instagram
Paro Taktsang, Bhutan, via instagram

Dikenal pula sebagai Kuil Tiger’s Nest, didaulat sebagai rumah ibadah paling sakral dari para biksu dan umat Buddha di seluruh dunia. Kawasan rumah ibadah ini terbagi menjadi empat kuil utama yang mana di dalamnya traveler bisa melihat lukisan Buddha yang tengah melawan iblis.

Itulah keenam rumah ibadah lintas agama yang dianggap paling indah sedunia. Bagaimana menurutmu, mana yang paling indah di antara keenam rumah ibadah tersebut?

Tags
India Iran Luar negeri masjid Myanmar Vaitikan Yerusalem
Share