Liburan ke Rumah Astiri di Tawangmangu, Museum Instagenic Bekas Pabrik

Tawangmangu memang lokasi paling pas untuk staycation. Hotel nyaman dengan suguhan pemandangan cantik menjadi fasilitas menarik yang memanjakan mata. Namun, sayang jika tak sekalian jelajah kota saat liburan ke sini. Apalagi ada wisata baru bernama Rumah Astiri yang siap diresmikan bulan Agustus ini. Penasaran seperti apa kan?

1. Bekas Pabrik Penyulingan Minyak

Bangunan lama Rumah Astiri
Bangunan lama Rumah Astiri via instagram/@rumahatsiri

Sebelum tak terurus dan dipugar, Rumah Astiri Indonesia merupakan bekas pabrik. Pembangunan pabrik tersebut berjalan di tahun 1964-1965 sebagai bentuk kerja sama Indonesia dengan Bulgaria. Bangunan tersebut dibuat dengan tujuan untuk pabrik penyulingan astiri bernama Citronella. Sayang, karena situasi politik dan ekonomi yang stabil, proyek ini dilikuidasi di tahun 1986. Semenjak saat itu, bangunan tersebut tak bertuan dan tidak terurus.

2. Disulap Jadi Wisata Edukasi

Rumah Astiri kini
Rumah Astiri kini via instagram/@hernawansolo

Meski sempat tak terurus, tapi Rumah Astiri kini kembali direvitalisasi. Tujuannya bukan untuk pabrik baru, melainkan demi wisata edukasi anak negeri. Kabarnya, tempat ini akan dilengkapi dengan museum, tempat bermain anak, lab, restoran, coffee shop, merchandise shop, MICE, Wisma, dan juga taman. Hingga saat ini, bangunan tersebut masih melakukan pembenahan. Namun, sudah terlihat rapi dan siap untuk dijelajahi. Termasuk museumnya yang sudah dilengkapi dengan aneka perkakas yang dulunya digunakan sebagai alat produksi.

3. Taman Cantik dengan Aneka Tanaman

Taman bunga instagenic
Taman bunga instagenic via instagram/@nacilnacil

Salah satu yang menarik perhatian adalah tamannya yang mulai terlihat warna-warni. Lahan di sekitar bangunan tersebut memang dimanfaatkan untuk taman bunga. Jenis tanaman yang digunakan tidak asal, melainkan jenis tananam astiri jumlahnya mencapai 40 jenis. Nantinya, area ini tidak hanya untuk berfoto tapi juga memberikan pendidikan tentang jenis dan manfaatnya masing-masing.

4. Wisata Ramah Lingkungan dengan Pekerja Profesional

Wisata edukasi di Tawangmangu
Wisata edukasi di Tawangmangu via instagram/@rumahatsiri

Ketika datang ke sini tempat wisata ini berharap jika pengunjung dapat memiliki pengetahuan tentang aneka minyak esensial. Sebelum hal tersebut tercapai, Rumah Astiri ini sudah menyiapkan pekerja yang profesional. Semua staff yang masuk di sini sudah melewati fase pendidikan tentang seluk beluk objek wisata baru ini. Wah, menarik kan? Selain ramah lingkungan juga punya pekerja yang profesional.

Bagaimana, tertarik untuk liburan ke Tawangmangu dan mampir ke Rumah Astiri ini kan? Letaknya berada di Jalan Raya Solo-Tawangmangu KM 38,5 Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar. Ingat, objek wisata baru ini diresmikan pada bulan Agustus.

Tags
Indonesia Jawa Tengah Karanganyar Tawangmangu
Share