5 Rumah Adat Tercantik di Indonesia, Hipnotis Mata Dunia

Advertisement

Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang berlimpah. Salah satunya nampak pada deretan rumah adat tercantik yang dimiliki masing-masing daerah. Berikut 5 di antaranya!

1. Rumah Gadang, Sumatera Barat

Image may contain: cloud, sky and outdoor
Rumah Gadang via Instagram/@dhika987

Rumah adat ini sering dijumpai di masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat. Di samping berfunsgi sebagai tempat tinggal, bangunan ini juga sering difungsikan sebagai tempat pertemuan keluarga serta pelaksanaan upacara adat. Sering dianggap sebagai bangunan suci, setiap orang yang hendak naik ke sini harus terlebih dahulu mencuci kakinya.

Bentuk Rumah Gadang sering diibaratkan seperti bentuk kapal. Bentuk atapnya mempunyai lengkungan-lengkungan khas yang mengarah ke atas menyerupai tanduk kerbau dengan jumlah lengkung empat hingga enam. Bahan atapnya berasal dari daun rumbio/nipa, sementara dindingnya menggunakan kayu kualitas terbaik.

2. Rumah Joglo, Jawa

Rumah Joglo Banyumas via Shutterstock

Pada umumnya, rumah adat Jawa memiliki kemiripan satu sama lain. Namun secara khusus, Rumah Joglo adalah bangunan yang paling unik dan khas, mengingat kepemilikannya selalu dikaitkan dengan bangsawan atau keluarga kraton.

Atap utama Joglo memiliki bentuk lebih curam dengan bubungan yang lebih pendek daripada rumah Limasan. Di empat tiang utama yang menopang langit-langit, terdapat susunan tiang berlapis-lapis yang diartikan sebagai ‘tumpang sari’.

Apabila suatu saat rumah Joglo rusak, proses renovasinya tidak boleh mengubah bentuk asli bangunan, sebab dipercaya, melanggar aturan ini akan membawa malapetaka.

3. Rumah Tradisional Bali

Image may contain: sky and outdoor
Rumah tradisional Bali via Instagram/slametjerman

Ada beberapa jenis rumah tradisional Bali yang semuanya memiliki kecantikan dan keeksotisan tiada tara. Salah satu contohnya adalah angkul-angkul, bangunan berbentuk gapura dengan atap di atasnya yang berfungssi sebagai pintu masuk.

Selain itu, ada juga Bale Manten yang diperuntukkan untuk anak perempuan dan kepala keluarga. Bangunan ini berbentuk persegi panjang dan biasa dihiasi dengan dekorasi khas Bali. Biasanya rumah adat ini dibuat dari kombinasi batu dan kayu.

4. Rumah Mbaru Niang, NTT

Image may contain: outdoor, nature and text
Rumah Mbaru Niang via Instagram/ali_olfat

Rumah adat tercantik yang satu ini hanya dapat Teman Traveler temukan di desa Wae Rebo, Flores, NTT. Memiliki tinggi hingga 5 lantai, Mbaru Niang dibentuk menyerupai kerucut dengan atap yang hampir menyentuh tanah.

Bahan yang digunakan untuk membangun atap adalah daun lontar yang jumlahnya bisa mencapai ratusan helai. Sementara itu untuk rangka rumah, bahan yang dipakai adalah kayu worok dan bambu. Pembangunannya sendiri tidak menggunakan paku dan alat perekat apapun selain tali.

5. Rumah Tongkonan, Toraja

Rumah Tongkonan via Shutterstock

Berpindah ke Tana Toraja, rumah adat semacam ini akan menyambut Teman Traveler setiap berkunjung ke Sulawesi Selatan. Atapnya melengkung menyerupai perahu dan terbuat atas susunan bambu. Di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau yang menunjukkan status sosial empunya rumah.

Rumah Tongkonan sendiri berfungsi sebagai tempat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman, sesuai dengan namanya, ‘tongkon’ artinya ‘duduk bersama-sama’. Uniknya lagi, di depan rumah biasanya terdapat lumbung padi yang disebut ‘alang‘, mengingat profesi masyarakat Toraja yang sebagian besar adalah petani.

Itulah tadi 5 rumah adat tercantik di Indonesia yang berhasil dihimpun Travelingyuk. Tertarik mengunjunginya?

Advertisement
Tags
Indonesia rumah adat rumah adat tercantik Wisata
Share