Rujak U Groh Aceh yang Takbiasa, Isinya Bukan Buah Tapi Batok Kelapa Muda

Teman Traveler suka sekali wisata kuliner? Harus coba rujak yang satu ini! Rujak U Groh Aceh, terhitung baru, namun keberadaannya sukses besar menarik perhatian. Jika selama ini rujak berisi buah-buahan, Rujak U Groh tidak. Lalu, apa kira-kira isinya? Batok kelapa muda! Terbayang bagaimana rasanya? Yuk, baca lebih lanjut.

1. Kuliner Khas Aceh

Kuliner Aceh Baru yang Wajib Dicicipi
Kuliner Aceh Baru yang Wajib Dicicipi via Instagram/mala_malla

Kuliner khas Aceh yang sudah lebih dulu terkenal, seperti Mie Aceh, Roti Canai, Ikan Kayu, Sie Reboh Puteh, dan Ayam Tangkap, kini punya keluarga baru. Rujak U Groh merupakan kuliner khas Aceh yang belakangan banyak diminati. Teman Traveler yang sedang liburan ke Aceh, harus coba kuliner ini. Datang saja ke kawasan Indrapuri di Aceh Besar, dan rasakan seporsi keunikannya. Meski terhitung sebagai pendatang baru, kuliner unik ini tidak perlu waktu lama untuk dikenali.

2. Batok Kelapa Muda Sebagai Bahan Baku

Batok Kelapa Muda Sebagai Bahan Baku Utama
Batok Kelapa Muda Sebagai Bahan Baku Utama via Instagram/acehpungo

Rujak U Groh Aceh berbeda dengan rujak kebanyakan. Teman Traveler tidak akan menemukan potongan mangga muda, bengkuang, pepaya, belimbing dan buah-buahan lain yang biasa ada dalam seporsi rujak. Kuliner unik satu ini menggunakan batok kelapa yang masih sangat muda. Batok dikerik lebih dulu, lalu dicuci dan diiris kecil-kecil. Irisan batok kelapa tersebut kemudian dicampur dengan bumbu rujak dan perasan jeruk nipis.

3. Sensasi Rasa Sepet, Manis, Pedas dan Segar

Paduan Sensasi Sepat, Manis, Pedas dan Segar
Paduan Sensasi Sepat, Manis, Pedas dan Segar via Instagram/fitrianisamidan

Teman Traveler pasti penasaran bagaimana dengan rasanya, kan? Rasanya cukup unik. Batok kelapa muda yang sepat, ternyata pas dipadankan dengan bumbu rujak yang manis dan pedas serta segar dari perasan jeruk nipis. Cocok sekali disantap saat siang hari yang panas. Rasa sepat pada rujak ini tidak terlalu dominan, sebab ia didampingi dengan sensasi rasa lain seperti pedas, asam dan manis.

4. Laris Manis di Kalangan Masyarakat Aceh

Keunikannya Menarik Siapa Saja untuk Mencoba
Keunikannya Menarik Siapa Saja untuk Mencoba via Instagram/ihansunrise

Rujak U Groh Aceh bisa ditemukan oleh Teman Traveler di kawasan pinggir jalan Banda Aceh-Medan, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar. Tempat yang menjual rujak U Groh ramai dikunjungi para pejalan yang melintas dan beristirahat. Satu porsi rujak unik ini tidak terlalu mahal, Teman Traveler bisa mencobanya dengan harga sekitar Rp 12 ribuan.

Masyarakat Indonesia seperti tidak pernah kehabisan ide untuk menciptakan kuliner-kuliner baru. Setuju?! Siapa sangka batok kelapa muda bisa dijadikan sajian menarik iya, kan? Penasaran bagaimana rasanya? Rujak U Groh akan memberikan pengalaman berbeda dalam berwisata kuliner. Bagaimana, Teman Traveler ada yang sudah mencoba juga?

Tags
Aceh Indonesia kuliner rujak u groh rujak u groh aceh
Share