Shanghai Encim, Rujak Gurita dan Ubur-ubur Berkuah Merah Darah

Advertisement

Panasnya ibukota memang paling enak didinginkan dengan es krim legendarisnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa berburu kuliner rujak enak dan cukup terkenal di Jakarta. Apalagi kalau bukan Rujak Shanghai Encim yang berbeda dengan kuliner rujak lainnya. Penasaran bagaimana keunikan dari makanan satu ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Kuliner Legendaris di Kawasan Glodok

Rujak unik berkuah merah
Rujak unik berkuah merah [image source]
Jangan mengira jika rujak ini dari Shanghai, China. Nama Shanghai sendiri berasal dari lokasinya yang dulu berada di depan Bioskop Shanghai (kini berganti menjadi Bioskop Asia). Sedangkan nama Encim berasal dari sebutan pemilik pertamanya. Makanan lezat di Jl. Pancoran ini merupakan kuliner tradisional khas Glodok yang sudah ada sejak tahun 1950. Hingga kini, rujak ini masih laris manis digemari oleh banyak orang.

Rujak shanghai legendaris
Rujak shanghai legendaris [image source]

Rujak dengan Isi Paduan Gurita dan Ubur-ubur

Rujak isi gurita
Rujak isi gurita [image source]
Berbeda dari rujak biasanya, kamu tidak akan menemukan buah di dalamnya. Rujak ini malah berisikan kangkung yang sudah dimasak sebelumnya, lobak dan timun. Selain itu, seporsi makanan ini berisi seafood dari juhi (cumi besar) dan ubur-ubur yang direbus dan dipotong kecil. Bagaimana, tentunya makin tertarik untuk mencoba menu khas di kawasan Glodok ini kan?

Isian utama berupa makanan laut
Isian utama berupa makanan laut [image source]

Unik dengan Kuah Merah Darah

Berisi sayuran dan toping mirip abon
Berisi sayuran dan toping mirip abon [image source]
Selain isinya yang unik, kuah dari rujak ini juga berbeda. Warnanya merah yang ternyata berasal dari siramann kecap asin, saos, sambal tomat serta saos merah kental. Ketika diaduk dan tercampur, aneka bumbu tersebut membentuk kuah kental yang enak di lidah. Makin nikmat lagi dengan taburan bumbu kacang tanah di atasnya.

Rujak seafood enak
Rujak seafood enak [image source]

Resep Turun Temurun Hingga Tiga Generasi

Aneka rujak dengan menu seafood
Aneka rujak dengan menu seafood [image source]
Kuliner yang kini dijalankan oleh generasi ketiga, yaitu Bapak Budiman tersebut tak hanya menawarkan Rujak Shanghai. Belakangan mereka juga menawarkan Rujak Juhi yang tak kalah menggoda. Untuk kamu yang hendak mencoba rujak satu ini, datang saja ke Jl. Pancoran dari jam 9 pagi hingga 6 sore.

Enaknya rujak shanghai yang bikin ketagihan
Enaknya rujak shanghai yang bikin ketagihan [image source]
Bagaimana, penasaran dengan rasa dari rujak berisi seafood ini kan? Yuk, buruan jalan-jalan ke Glodok.

Advertisement
Tags
Indonesia Jakarta kuliner
Share