Coba Rujak Corek Khas Pamekasan, Rasa Pedasnya Menggigit

Madura, pulau cantik yang memiliki jutaan keindahan. Di sini, kamu juga bakal menemukan banyak kuliner enak yang pasti menggoyang lidah. Salah satunya  adalah Rujak Corek yang merupakan makanan khas Kabupaten Pamekasan. Lalu, seperti apa bentuk dari rujak satu ini? Dan apa bedanya dengan kuliner rujak lain di Nusantara? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut

1. Rujak Mentimun Isi Bumbu

Rujak khas Madura
Rujak khas Madura via instagram/@zacume

Rengginang Lorjuk tidak hanya satu-satunya makanan khas Madura yang nendang di lidah. Cobalah rujak corek yang berupa mentimun utuh dengan isi bumbu di dalamnya. Cara memakannya tidak menggunakan sendok dan piring, melainkan langsung digigit. Rasa segar dari mentimun beradu dengan pedasnya bumbu super pedas. Sekali gigit, lelehan bumbu dari dalam bakal bikin ngiler.

Cara membuat rujak corek khas Madura
Cara membuat rujak corek khas Madura via instagram/@duniacabe

2. Cara Sederhana, Rasa Istimewa

Timun khas Madura
Timun khas Madura via instagram/@triasirmawati

Untuk membuat rujak corek sangatlah mudah. Bahan utama yang digunakan berupa mentimun yang bagian kulitnya dicuci terlebih dahulu. Setelah itu, bagian ujung dari buah ini dipotong. Baru kemudian, timun dilubangi dengan pisau atau sendok sehingga membentuk gelas. Bentuknya tersebut membuatnya makin unik. Nah, menu ini dapat kamu temukan di daerah Pamekasan dan Sampang.

Rujak corek yang menggiurkan
Rujak corek yang menggiurkan via instagram/@madewedastra

3. Bahan Bumbu yang Menggiurkan

Timun berisi bumbu spesial
Timun berisi bumbu spesial via instagram/@dhasevrida

Sementara isi dari rujak corek tak kalah menggiurkan. Bahannya terbuat dari cabai, kacang, petis ikan, serta asam yang dihaluskan di atas cobek. Setelah itu, bumbunya tidak diberi air dan dimasukkan ke dalam timun serta ditambah sedikit biji mentimun. Aroma mentimun dengan bumbu kental terasa menggiurkan. Sementara rasanya unik dan pas banget disantap saat cuaca tengah panas-panasnya.

Bumbu rujak khas Madura
Bumbu rujak khas Madura via instagram/@evayanikristanti

Itulah sedikit ulasan tentang rujak corek yang menjadi makanan khas Pamekasan dan beberapa daerah lain. Bagaimana, tertarik untuk mencoba kuliner pedas yang menggiurkan ini kan? Yuk, buruan atur jadwal ke Pulau Garam. Jangan lupa untuk ajak sahabat atau pasangan agar liburanmu makin menyenangkan.

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner madura Madura Pamekasan Sampang
Share