Rujak Cingur Genteng Durasim, Kuliner Legendaris di Surabaya Langganan Pejabat

Berburu kuliner di Surabaya memang menyenangkan. Keliling kota sambil mencoba makanan tradisional yang kini makin langka. Apalagi kuliner legendaris yang telah berusia puluhan tahu. Seperti Rujak Cingur Genteng Durasim yang sering menjadi langganan pejabat. Penasaran keunikan dari tempat makan ini? Yuk, simak ulasannya berikut.

Sudah Ada Sebelum Indonesia Merdeka

Rujak legendaris di Surabaya yang rasanya nendang
Rujak legendaris di Surabaya yang rasanya nendang via instagram/@anindyakhrisma

Tidak ada warung legendaris yang tak enak di Surabaya. Termasuk Rujak Cingur Genteng Durasim. Nama tersebut bukan dari pemilik, melainkan mengambil dari nama jalan yaitu Genteng Durasim No. 29, dekat Pasar Genteng yang terkenal dengan pasar oleh-oleh khas Surabaya. Dibandingkan lainnya, warung ini legendaris banget karena sudah berjualan sejak tahun 1943.

Seporsi rujak legendaris di Surabaya
Seporsi rujak legendaris di Surabaya via instagram/@herypg

Cobek Istimewa yang Tak Tergantikan

Porsi rujak durasim yang terkenal banget
Porsi rujak durasim yang terkenal banget via instagram/@surabayafoodies

Tidak hanya soal lama berdirinya, Rujak Durasim ini juga unik dengan cobeknya. Konon, cobek tersebut menjadi teman setia sejak pertama kali buka. Alat memasak yang sudah berusia lebih dari 70 tahun ini dibuat oleh seorang pengrajin dari Magelang. Kendati usianya tak lagi muda dan makin cekung, cobek batu tersebut masih digunakan.

Rujak gurih yang bikin nagih
Rujak gurih yang bikin nagih via instagram/@surabayafoodies

Bumbu Racikan dengan Rasa Maknyus

Bumbu spesial rujak genteng
Bumbu spesial rujak genteng via instagram/@horizonhoman

Hal menarik yang membuat pelanggannya tetap setiap dengan rujak cingur ini adalah cita rasanya. Meski sudah berganti generasi, rasa dari seporsi rujak ini tak pernah berubah. Isinya juga sama yaitu terdiri dari tahu, tempe, nanas, kecambah, mie, mangga muda, serta tambahan cingur. Rasanay enak banget. Sementara tekstur bumbunya agak kental dengan rasa petis yang terasa. Mau pedas atau tidak, sesuai dengan selera kamu.

Bumbu rujak genteng yang menggiurkan
Bumbu rujak genteng yang menggiurkan via instagram/@crownstaryossie

Menu Sop Buntut yang Spesial

Menu di warung Durasim yang menggiurkan
Menu di warung Durasim yang menggiurkan via instagram/@amazingindonesiafood

Tempat makan yang buka dari jam 11 hingga 5 sore ini tidak hanya menjual rujak dengan cingur. Kamu bisa memesan yang biasa dengan harga berbeda. Menu lain yang tak kalah menggoda ada sop buntut. Kulier berkuah ini enak banget. Apalagi disantap dengan nasi putih hangat. Hingga artikel ini ditulis, harga menu di sini sekitar Rp25.000 – Rp35.000.

Menu di Warung Durasim
Menu di Warung Durasim via instagram/@jackmagnifico

Nah, makin penasaran dengan rasa dari kuliner legendaris di Surabaya ini? Yuk, segera atur rencana liburan ke Kota Pahlawan.

Tags
Indonesia Jawa Timur Kuliner Legendaris Surabaya kuliner surabaya Surabaya
Share