4 Ruang Terbuka Hijau di Blitar yang Cocok Buat Santai Bareng Keluarga

Advertisement

Di akhir pekan, memang paling nyaman menghabiskan waktu dengan keluarga. Ini juga bisa menjadi sebagai salah satu cara menghilangkan penat setelah beraktifitas yang padat. Kegiatan menghabiskan waktu bersama yang paling sering keluarga lakukan adalah berlibur bersama.

Nah, berikut adalah 4 ruang terbuka hijau (RTH) di kota Blitar yang dapat dijadikan melakukan aktivitas bersama atau hanya sekedar bersantai, namun tetap dapat memberikan nilai edukasi pada buah hati.

Taman Kebon Rojo

Salah satu taman terluas dan tertua di Blitar (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Ruang terbuka hijau ini merupakan taman yang paling besar luasnya, serta terlebih dulu berdiri daripada 3 taman yang lain.

Sangat teduh dan nyaman (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Taman ini terletak di Jalan Diponegoro, atau tepatnya berada di belakang Rumah Dinas Walikota Blitar. Taman Kebon Rojo menjadi salah satu tempat favorit untuk warga Blitar atau grup wisata dari luar kota untuk berakhir pekan.

Jogging track yang bersih dan panjang (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Selain menjadi yang pertama dan terluas, RTH satu ini juga merupakan yang terlengkap karena menggabungkan berbagai edukasi. Seperti varietas tumbuhan beserta penamaannya, arena bermain, perpusatakaan, mini kebun binatang, dan arena ketangkasan. Dikelilingi juga oleh sekolah, tempat ibadah, sarana olahraga, serta kafe dan tempat makan yang selalu ramai, terutama saat akhir pekan.

Taman Sentul

Taman Sentul (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Ruang terbuka hijau di Blitar yang selanjutnya adalah Taman Sentul. Taman ini cukup nyaman untuk dipakai bersantai, karena suasananya yang cenderung sepi dan tenang. Ditambah lagi, suara air mengalir menambah nyamannya Taman Sentul.

Suasana tenang dan sejuk, membuat burung pipit juga datang (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Berada di Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, area ini sangat mudah dijangkau. Ada pun fasilitas yang disediakan yaitu gazebo, ayunan anak, serta jogging track yang nyaman.

Area yang tidak terlalu luas memudahakan pengawasan untuk anak-anak (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Taman Sentul memang paling cocok untuk ber wafoto, karena penataannya yang baik dan bersih, serta dibangunnya beberapa spot yang enak buat selfie.

Green Park Blitar

TPA yang disulap menjadi ruang terbuka hijau (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Dibanding yang lain, lokasi Green Park Blitar sedikit terpencil, walaupun lokasinya di dalam kota. Dibangun di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, tempat ini dulunya merupakan tempat pembuangan akhir yang kemudian oleh pemerintah daerah dialihfungsikan menjadi RTH. Tepat di sebelah utara taman, merupakann arena sirkuit road race sebagai tempat latihan.

Lokasi terpencil membuat taman ini kalah popuper (C) Mei Indriani/Travelingyuk

Namun, taman keluarga yang satu ini kalah populer dibandingkan dengan taman lain. Hal ini karena lokasinya yang berada dipinggir kota dan sedkit jauh dari jalan utama. Untuk faslitas ada gazebo, arena bermain anak, dan beberapa tempat duduk terbuka.

Taman Pecut

Adalah taman terbuka yang tepat berada di tengah-tengah kota Blitar, persisnya di selatan alun-alun. Taman ini memiliki simbol yang unik dan khas, yaitu tangan memegang pecut.

Tamannya didesain kekinian (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Tempat ini merupakan yang paling hits dan favorit, setelah Taman Kebon Rojo. Desainnya unik dan ada pesona air mancur menari sesuai lagu yang dimainkan. Namun atraksi tersebut hanya bisa disaksikan saat akhir pekan saja, khusunya malam hari. Taman ini memiliki lebih sedikit tanaman hijau dibandingkan RTH di Blitar yang lain.

Taman Pecut lebih diposisikan sebagai taman hiburan dengan banyak spot foto yang instagramable dan dominan pada permainan lampu. Taman Pecut termasuk yang tidak pernah sepi setiap harinya, terutama menjelang sore hingga malam. Bagi Teman Traveler yang gemar berswafoto tempat ini merupakan spot yang tepat.

Semua 4 taman terbuka hijau tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang minim dalam mengeluarkan biaya. Jika bisa bersantai diselingi dapat spot foto dan edukasi
yang menarik secara gratis, kenapa tidak?

Advertisement
Tags
ruang terbuka hijau taman kota Wisata Alam wisata blitar wisata gratis
Share