Roti Ontbijtkoek, Oleh-oleh Jadul Jogja Citarasa Khas Belanda

Kue kekinian yang makin menjamur memang menjadi salah satu rekomendasi buah tangan. Namun, oleh-oleh jadul tetap saja tak ada matinya. Selain rasa dan bentuknya yang unik, banyak cerita di balik panganan tersebut. Seperti Roti Ontbijtkoek yang merupakan buah tangan khas Jogja. Lalu, keunikan apa yang tersemat di roti ini? Yuk, simak ulasannya.

Roti Khas Belanda dengan Campuran Rempah

Roti rempah dari Belanda
Roti rempah dari Belanda via instagram/@chantal130387

Roti Ontbijtkoek, sebenarnya merupakan roti rempah yang berasal dari Belanda. Bahan utama kue ini berasal dari gandum hitam sehingga memiliki warna cokelat muda. Sementara bumbu yang digunakan dari beragam rempah mulai cengkeh, kayu manis, jahe serta pala. Awalnya, Ontbijtkoek dijadikan sebagai menu sarapan dengan lapisan mentega yang tebal di atasnya. Kini, jajanan ini sudah menjadi teman setia untuk minum teh atau kopi di sore hari.

Terjual di Toko Roti Legendaris di Jogja

Potongan Kue Ontbijtkoek
Potongan Kue Ontbijtkoek via instagram/@marleindevisscher

Kedatangan Belanda puluhan tahun yang lalu ternyata meninggalkan kue legit dengan aroma rempah yang harum ini. Salah satu tempat yang menjual kue sarapan pagi ini adalah Toko Roti Jakarta yang ada di Jogja. Dengan resep yang hampir sama, toko tersebut masih eksis dan dibanjiri oleh pembeli. Konon, toko Roti Ontbijtkoek sudah buka sejak tahun 1924. Wah, sudah hampir satu abad bukan?

Resep Turun Temurun dari Generasi Awal

Ilustrasi Roti Ontbijtkoek di Jogja
Ilustrasi Roti Ontbijtkoek di Jogja via instagram/@ontbijtkoekjogja

Meski mengadaptasi roti dari Belanda, sajian istimewa di Toko Roti Jakarta memiliki perubahan resep. Bahan utama di sini menggunakan tepung, gula jawa, kacang tanah, dan kayu manis. Rasanya tetap tradisional dan pastinya mengenyangkan. Penggunaan kacang tanah dan gula jawa ini terinspirasi dari petani lokal. Hingga saat ini resep dari generasi awal tersebut masih dipertahankan. Tentu saja cita rasanya tak berubah.

Inovasi Baru yang Bikin Lidah Terus Bergoyang

Roti Ontbijtkoek di Jogja
Roti Ontbijtkoek di Jogja via instagram/@ontbijtkoekjogja

Roti Ontbijtkoek kini tak hanya makin banyak variannya. Salah satunya disajikan dalam bentuk muffin atau sponge cake. Di atasnya terdapat aneka topping menggugah selera mulai dari almond, wijen, kismis, hingga chocholate chips. Mau dimakan langsung bisa, apalagi ditemani teh hangat. Namun, jika mau dijadikan oleh-oleh juga tak masalah. Kemasannya juga rapi dan praktis.

Nah, itulah cerita di balik Roti Ontbijtkoek yang cita rasanya khas Belanda. Jadi, liburan ke Jogja tak hanya bisa membawa pulang bakpia, tapi juga roti jadul ini.

Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Kuliner Oleh oleh oleh-oleh jogja Yogyakarta
Share