RM Bumi Aki, Ikon Kuliner Sunda Pantang Terlewat di Puncak

Padatnya lalu lintas menuju Puncak Pass dari Jakarta seakan tak menyurutkan minat warga ibu kota untuk mampir ke sana. Tak hanya pemandangan alam, kawasan ini juga hadirkan sejumlah tempat kulineran menarik. Salah satunya adalah RM Bumi Aki yang selalu padat pengunjung. Seperti apa istimewanya? Yuk, simak ulasan berikut.

Ikon Kuliner Sunda di Puncak

img_20191006_123950_m4X.jpg
Welcome Drink (c) Intan Deviana/Travelingyuk
img_20191006_124530_Cuj.jpg
Salah satu ruang pengunjung (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Beralamat di Jalan Raya Puncak-Ciloto no. 259 Cianjur, RM Bumi Aki merupakan resto Sunda ikonik nan melegenda di sekitar puncak. Menu yang ditawarkan tak jauh-jauh dari nasi liwet, nasi timbel, aneka olahan gurame, tongseng kambing, sate ayam, soto Bandung, dan masih banyak lagi. Selain itu masih ada wedang ronde, avocado coffee, dan es kelapa jeruk yang jadi menu minuman favorit.

Dikelilingi Panorama Cantik

img_20191006_124139_2Hb.jpg
Pemandangan menakjubkan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Daya tarik lain RM Bumi Aki Puncak adalah lokasinya yang strategis. Di sekelilingnya terdapat area perbukitan cantik. Dari sini kalian bisa melihat indahnya Gunung Gede. Namun demikian, panorama ini hanya bisa dinikmati dari saung atau ruangan tertentu di Bumi Aki.

Padat Pengunjung Saat Weekend

img_20191006_124025_tku.jpg
Salah satu table penuh pengunjung (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dengan segala daya tariknya, tak heran jika RM Bumi Aki selalu diserbu pengunjung. Biasanya mereka mampir usai mengunjungi sejumlah objek wisata sekitar Puncak. Memasuki akhir pekan, Teman Traveler bisa buktikan sendiri lahan parkir resto Sunda ini pasti dipadati deretan mobil. Padahal pengelola sudah sediakan lahan ekstra lho.

Pelayanan Cepat

img_20191006_124339_kp7.jpg
Beberapa pengunjung yang masuk waiting list (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Satu hal yang paling menyenangkan ketika kulineran di RM Bumi Aki adalah pelayanannya sungguh cepat dan profesional. Padahal pengunjungnya tak pernah sepi lho, bahkan sampai ada waiting list,

Jika Teman Traveler masuk waiting list, tenang saja. Tak sampai 10 menit kalian bakal langsung mendapatkan meja. Berikutnya pramusaji akan datang secepat kilat ke meja kalian dan langsung menanyakan menu apa yang akan dipesan.

img_20191006_124419_WOZ.jpg
Deretan meja pengunjung (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Teman Traveler juga tak perlu menunggu lama sampai pesanan tiba. Semua servis dilakukan sangat baik sehingga tak bikin pengunjung kecewa.

Cita Rasa Memuaskan

img_20191006_125210_wMA.jpg
Paket komplet Nasi Liwet (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Soal rasa makanan, bisa dibilang tidak terlalu istimewa namun cukup memuaskan. Saya sendiri memilih pesan paket komplet nasi liwet, tongseng kambing, dan special waffle. Semuanya sangat cocok di lidah.

Nasi liwetnya sendiri tidak dibuat dadakan dan disajikan bersama sederet lauk berupa ayam goreng, tempe mendoan, tahu goreng, ikan asin, kerupuk, lalapan, dan sambal. Ayam gorengnya cukup empuk, dengan cita rasa cenderung manis ketimbang gurih.

img_20191006_125700_4yy.jpg
Tongseng kambingnya juara! (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Namun menurut saya, tongseng kambingnya-lah yang paling juara. Daging kambingnya sungguh empuk dan potongannya besar-besar. Kuahnya terasa kental, dengan bumbu rempah sempurna nan memanjakan lidah. Satu porsinya cukup banyak, pas untuk lauk makan berdua.

Fasilitas Penunjang

img_20191006_140015_7xM.jpg
Musala di dalam restoran (c) Intan Deviana/Travelingyuk

RM Bumi Aki Puncak terasa makin komplet berkat adanya sederet fasilitas yang menunjang kebutuhan pengunjung. Mulai dari musala luas dan bersih, playground, toilet wangi, hingga air mineral gratis untuk pengunjung waiting list. Teman Traveler bakal merasa dimanjakan dan dilayani sangat maksimal di sini. Antrean panjang pun dijamin nggak bakal terasa.

img_20191006_140145_Il4.jpg
Playground yang nyaman (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai RM Bumi Aki Puncak. Jika tak sempat singgah di resto pusat, kalian bisa mampir ke cabang mereka di Jalan Kolonel Edy Yoso No.21 Cibinong atau di Jalan Pajajaran No.51 Bogor. Bagaimana, penasaran datang?

Tags
Bogor kontributor kuliner bogor Travelingyuk
Share