5 Ritual Pemakaman Unik di Dunia, Habiskan Miliaran Rupiah Ada di Indonesia

Upacara tidak hanya diadakan bagi orang hidup, beberapa negara di dunia mempunyai ritual pemakaman yang terbilang unik. Terdapat beragam alasan di balik kegiatan tersebut, mulai dari segi agama, adat istiadat, sampai fenomena alam. Salah satu ‘pesta’ untuk orang meninggal yang cukup menguras dana ada di Indonesia. Selain itu, ada ritual apa saja, ya?

Membuat Peti Semenarik Mungkin 

pemakaman unik di dunia
Abebuu Adekai via instagram/ireneadamczyk

Salah satu ritual pemakaman yang paling menarik perhatian adalah Abebuu Adekai. Merupakan tradisi masyarakat Ghana yang peti matinya dibuat dengan bentuk unik, seperti botol, ayam, pesawat, dan lain sebagainya.

Pembuatan peti beragam bentuk bukan tanpa maksud, Teman Traveler. Desain melambangkan personalisasi orangnya, biasanya disesuaikan dengan profesinya semasa hidup. Misalkan jenazah dulu bekerja sebagai pilot, maka bentuk peti matinya adalah pesawat.

Memutilasi Mayat 

Sky Burial via shutterstock

Ritual pemakaman unik dunia berikutnya berada di Tibet. Sebagian warga Tibet memutilasi tubuh mayat lalu mencampurnya dengan tepung. Barulah diberikan kepada burung pemakan bangkai. Upacara tersebut disebut sky burial.

Sky burial memang cukup ekstrem, namun ada alasan di baliknya. Kontur tanah di Tibet sangat keras dan berbatu. Akibatnya jenazah tidak bisa dikuburkan di tanah seperti pemakaman pada umumnya.

Memumikan Diri Sendiri

Sokushinbutsu via Instagram @existenz78_ph
Sokushinbutsu via Instagram @existenz78_ph

Keunikan ritual pemakaman lain bisa Teman Traveler temukan di Jepang, disebut Sokushinbutsu yang sering dilakukan oleh para biksu. Prosesi ini adalah tindakan mumifikasi diri sendiri dengan cara alami.

Sokushinbutsu bisa dikatakan ini merupakan proses menuju kematian agar tubuhnya tetap awet dan tidak didekati oleh belatung. Para biksu akan diet kacang dan buah, melakukan aktivitas fisik yang sangat keras hingga tidak minum untuk beberapa waktu.

Mengajak Jenazah Menari 

Famadihana via instagram/thispartysdead

Madagaskar mempunyai prosesi pemakaman yang tak kalah unik. Para keluarga dan kerabat dari jenazah akan mengajak mayat untuk menari bersama, disebut sebagai Famadihana.

Famadihana diyakini mampu memberi semangat jenazah yang akan berkumpul dengan nenek moyang saat sudah terkubur di tanah. Ritual ini dilaksanakan tidak hanya sehari, melainkan tujuh tahun sekali yang dianggap sebagai reuni keluarga.

Upacara Adat Besar-besaran 

pemakaman unik di dunia
Rambu Solo’ via shutterstock

Ritual pemakaman unik dunia berikutnya ada di Indonesia tepatnya Tana Toraja, bernama Rambu Solo’. Suku yang ada di sini akan melakukan upacara pemakaman besar-besaran.

Biasanya, Rambu Solo’ memerlukan persiapan hingga bertahun-tahun bagi mereka yang kurang mampu. Sedangkan untuk keturunan bangsawan, persiapan akan berlangsung selama beberapa bulan saja.

Pada Rambu Solo’ keluarga akan melakukan penyembelihan kerbau dalam jumlah banyak. Oleh karenanya, ritual pemakaman unik Indonesia ini bisa menghabiskan dana hingga miliaran rupiah.

Jadi, itulah sejumlah ritual pemakaman unik yang ada di dunia. Apakah di tempat Teman Traveler ada juga ritual pemakaman unik?

Tags
Budaya Indonesia Ritual pemakaman unik dunia
Share