Deretan Restoran Keluarga di Solo, Bikin Mudik Makin Asyik

Bicara soal kuliner, Solo sudah lama dikenal dengan beragam sajian khas yang pantang dilewatkan. Mulai dari selat, timlo, dan masih banyak lagi. Sobat traveler yang tahun ini mudik ke kampung halaman Presiden Jokowi tersebut bisa menjajalnya di sejumlah restoran keluarga di Solo.

Bertualang rasa di restoran keluarga bakal memberikan atmosfer Idul Fitri yang lebih menyenangkan bersama sanak famili. Hari Kemenangan bakal terlewati dengan banyak momen seru dan penuh kenangan. Berikut Travelingyuk berikan sejumlah rekomendasi restoran keluarga di Solo yang patut dikunjungi.

1. Dapur Solo

Makanan di Dapur Solo
Makanan di Dapur Solo via Instagram ramadiyantiajeng

Dapur Solo termasuk salah satu restoran yang paling sering dikunjungi para pemudik menjelang maupun sesudah Lebaran. Letaknya strategis, di Jl Adi Sucipto, Edupark UMS Barat. Hanya sekitar 1,5 kilometer dari pintu tol Colomadu dan 15 menit perjalanan dari Bandara Adi Sucipto.

Total ada sekitar 50 menu ditawarkan di Dapur Solo. Sobat traveler dan keluarga bisa memilih beberapa sajian lezat seperti tengkleng, asem-asem, botok, dan masih banyak lagi. Cocok sekali jika ingin mengisi perut usai melalui perjalanan mudik yang melelahkan.

2. Gudeg Ceker Bu Kasno

Gudeg Ceker Bu Kasno
Gudeg Ceker Bu Kasno via Instagram dian_andian78

Mungkin agak sulit mengajak seluruh keluarga berwisata kuliner ke sini. Namun jika ingin merasakan sensasi makan unik, sangat direkomendasikan datang ke Gudeg Ceker Bu Kasno. Banyak yang menyebutnya makanan favorit para ‘kalong’, lantaran hanya buka malam hari.

Kuliner legendaris ini biasanya sudah mulai dipadati pengunjung sejak pukul 01.30 dini hari dan tutup pukul 07.00 pagi. Pas sekali bagi sobat traveler yang ingin merasakan sensasi sahur unik bareng keluarga. Menu utama yang ditawarkan adalah nasi gudeg plus lauk ceker, namun masih ada tambahan opsional seperti ayam, telur pindang, dan tempe.

3. Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo Mbak Lies
Selat Solo Mbak Lies via Instagram sofia.nabila

Berkunjung ke Solo tentu takkan lengkap jika belum mencicipi selat. Hidangan yang konon diadaptasi dari kuliner Eropa ini terdiri dari irisan daging, sayur, dan juga telur. Biasanya disajikan dengan siraman kuah bercitarasa manis.

Salah satu penjual selat yang cukup legendaris adalah Selat Solo Mbak Lies. Warung ini biasanya dipadati pengunjung dari berbagai kalangan dan usia, bahkan tak jarang ada satu keluarga. Namun untuk bisa menikmatinya sobat traveler harus rela berjalan kaki, sebab lokasinya sedikit nyempil di antara gang pemukiman warga.

4. Soto Gading

Soto Gading
Soto Gading via Instagram jerry_lontoh

Soto Gading juga wajib dikunjungi ketika berada di Solo. Nama depot satu ini sudah menggema hingga ke seluruh penjuru Tanah Air, lantaran menjadi langganan pejabat dan salah satu kuliner favorit Presiden Jokowi. Letaknya ada di kawasan Pasar Kliwon.

Kuahnya lezat dan harganya juga murah. Sobat traveler sangat direkomendasikan mengajak keluarga bertualang rasa di sini jika ingin mendapatkan rasa otentik Solo. Tempatnya mudah dijangkau dan tersedia lahan parkir yang lumayan luas.

5. Rumah Makan Adem Ayem

Menu di Rumah Makan Adem Ayem
Menu di Rumah Makan Adem Ayem via Instagram decy_n

Berada di Jl Slamet Riyadi, Rumah Makan Adem Ayem diklaim siap memanjakan pelanggannya dengan citarasa kuliner Solo otentik. Menu yang disediakan lumayan beragam, mulai dari timlo, gudeng, hingga ayam kremes. Sobat traveler juga bisa memesan minuman tradisional seperti jamu beras kencur.

Rumah Makan Adem Ayem punya tempat yang lumayan luas, cocok bagi yang ingin membawa keluarga besar. Lampu gantung kuno ala Jawa yang digantung di sana-sini membuat atmosfer tradisional kian terasa. Restoran ini konon juga termasuk salah satu tempat makan legendaris di Solo.

Well, itulah tadi sejumlah rekomendasi restoran keluarga di Solo yang patut dikunjungi. Sobat traveler kini tak perlu lagi bingung mencari tempat makan untuk merayakan Hari Kemenangan bersama sanak famili.

Tags
Solo Wisata Wisata Kuliner
Share