Restoran Keluarga di Palangkaraya, Kulineran Usai Nonton Festival Isen Mulang

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia
Restoran Keluarga di Palangkaraya via Instagram @debbieyuliandewi Restoran Keluarga di Palangkaraya via Instagram @debbieyuliandewi

Menyambut hari jadi Kalimantan Tengah yang ke-62, akan diadakan event rutin bertajuk Festival Budaya Isen Mulang di Palangkaraya pada 17-24 Juni 2019. Sebenarnya ulang tahunnya jatuh pada tanggal 23 Mei, namun diundur karena bertepatan dengan bulan puasa. Teman Traveler yang liburan, sekalian saja kulineran ke restoran keluarga di Palangkaraya. Ajakin sekalian semua teman-teman, deh.

Rumah Tjilik Riwut Gallery&Resto

Rumah Tjilik Riwut Gallery&Resto via Instagram @anisyasmine
Rumah Tjilik Riwut Gallery&Resto via Instagram @anisyasmine

Rumah Tjilik Riwut Gallery&Resto merupakan restoran keluarga yang populer di Palangkaraya. Tempat ini merupakan rumah kediaman Tjilik Riwut, gubernur pertama Kalimantan Tengah dan pahlawan nasional.

Restoran ini menyajikan beragam kuliner khas Dayak, di antaranya Baram alias tuak khas Dayak Ngaju, juhu umbut rotan, seluang goreng, juhu tempuyak, dan banyak lainnya.

Selain sebagai tempat makan, Rumah Tjilik Riwut juga berperan sebagai galeri yang berisi benda peninggalan sang pahlawan nasional. Seperti baju seragam, piagam, foto, dan buku, maupun Mandau alias senjata khas Dayak.

Tertarik? Teman Traveler langsung saja ke Jalan Jenderal Sudirman Nomor 1, Palangka, Jekan Raya. Cukup siapkan budget mulai dari Rp25 ribuan untuk menikmati sajian di sana.

Kampung Lauk

Restoran Keluarga di Palangkaraya via Instagram @debbieyuliandewi
Kampung Lauk via Instagram @debbieyuliandewi

Restoran keluarga di Palangkaraya selanjutnya adalah Kampung Lauk, Jalan Bukit Rawi Nomor 2, Pahandut Seberang, Pahandut. Lauk sendiri dalam bahasa setempat berarti ikan. Teman Traveler dapat menjajal beragam sajian ikan khas Kalimantan, di antaranya lais dan baung.

Istimewanya, Teman Traveler bisa memesan menu ikan yang tidak tertera pada menu asalkan booking setidaknya sehari sebelumnya. Tentunya hanya ikan yang berasal dari Kalimantan, ya.

Serunya lagi, Kampung Lauk berada di pinggir Sungai Kahayan. Teman Traveler bisa menyantap ikan sambil menghayati keindahan sungai tersebut. Harga menu di sini juga terjangkau, sekitar Rp100 ribuan untuk 4 orang.

Warung Garasi Mbok Ndeso dan Bakery

Warung Garasi Mbok Ndeso dan Bakery via Instagram @josmans15
Warung Garasi Mbok Ndeso dan Bakery via Instagram @josmans15

Selanjutnya ada Warung Garasi Mbok Ndeso dan Bakery yang menjual beragam menu khas Jawa. Misalnya saja gudeg, rujak serut, garang asam, rawon, dan bandeng presto. Makan bareng di sini seru banget, karena tempatnya berada di teras alias outdoor yang dilengkapi tanaman. Bikin makan makin nyaman.

Selain makanan berat, tersedia juga aneka ragam roti. Teman Traveler yang ke sini hanya perlu merogoh kocek tidak sampai Rp50 ribuan per orang. Pengin? Langsung saja ke Jalan Letkol. Seth. Adji Nomor 20, Panarung, Pahandut, Langkai.

Pondok Makan Adeliya

Pondok Makan Adeliya via Instagram @khentank_p
Pondok Makan Adeliya via Instagram @khentank_p

Berikutnya ada Pondok Makan Adeliya di Jalan Kapten Piere Tendean, Pahandut Seberang, Pahandut. Restoran keluarga di Palangkaraya satu ini menghidangkan beragam seafood. Teman Traveler harus cobain kepiting lada hitam atau saus padang, deh. Modal yang dikeluarkan tidak sampai Rp50 ribuan per orang.

Okay, jadi Teman Traveler pengin mampir ke mana dulu? Jangan lupa ajakin semua anggota keluarga buat kulineran di sana, ya.