Restoran Keluarga di Jogja, Bertualang Rasa di Hari Raya

Tak cuma dikenal sebagai kota yang kaya akan budaya dan potensi wisata, Jogjakarta juga termasuk salah satu yang sering disambangi di Hari Raya. Rupanya ada cukup banyak warga Kota Gudeg yang merantau ke luar kota. Nah, bagi sobat traveler yang berencana mudik ke sana, ada beberapa restoran keluarga di Jogja yang layak disambangi.

Sejumlah lokasi kuliner tersebut menawarkan menu lezat, parkir luas, dan fasilitas lengkap. Cocok untuk melengkapi meriahnya suasanya merayakan Idul Fitri bersama sanak famili atau orang terdekat lainnya. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan beberapa rekomendasi restoran keluarga di Jogja yang patut dikunjungi.

1. Kampung Labasan Resort

Menu di Kampung Labasan
Menu di Kampung Labasan via Instagram kampung_labasan_resort

Kampung Labasan sebenarnya bukan restoran. Kompleks indah yang berdiri di kawasan Jl Kaliurang ini merupakan sebuah resort alias penginapan. Namun mereka menyediakan sejumlah permainan tradisional seperti enggrang, holahop, bakiak, maupun kapal-kapalan. Cocok bagi sobat traveler yang ingin membawa buah hati, adik, atau keponakan.

Puas bermain dan perut keroncongan? Bisa langsung meluncur ke restoran di Kampung Labasan. Menu yang disediakan cukup bervariasi, namun disarankan untuk menjajal masakan tradisional yang khas dan menggugah selera.

2. Roaster and Bear

Roaster and Bear
Roaster and Bear via Instagram yesiscamercilena

Tak cuma sekedar menawarkan makanan maupun minuman untuk memuaskan lidah, Roaster and Bear juga memiliki desain interior yang memanjakan mata. Dindingnya penuh dengan beragam lukisan dan foto bertemakan Teddy Bear. Selain itu ada boneka beruang besar yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto-foto dan dipeluk.

Bicara soal menu, Roaster and Bear lebih fokus ke camilan ala barat. Sobat traveler bisa memilih zupa soup, kentang goreng, atau mac and cheese. Cocok disambangi jika tak ingin menyantap makanan berat.

3. Warung Kopi Klotok

Suasana di Warung Kopi Klotok
Suasana di Warung Kopi Klotok via Instagram oscarsumarli

Jika ingin merasakan sensasi petualangan rasa berbeda bersama keluarga di Hari Raya, meluncur saja ke kawasan Pakem, Sleman. Di sana para sobat traveler akan menemukan Warung Kopi Klotok. Hidangan andalannya tentu saja adalah segelas kopi nikmat khas Jawa Tengah.

Namun demikian, tempat ini juga cocok untuk keluarga maupun mereka yang membawa anak kecil. Tempatnya luas dan memiliki hamparan perkebunan hijau, bisa digunakan para bocah untuk bermain sembari menikmati keindahan alam. Selain kopi, Warung Kopi Klotok juga menyediakan sayur lodeh dan pisang yang nikmat.

4. Warung Bumi

Bumi Langit Resto
Bumi Langit Resto via Instagram duo_nyamnyam

Meski dinamai warung, tempat satu ini beda dari tempat kuliner sejenis. Di sini para pengunjung cilik bisa menjalani beragam aktivitas menghibur sekaligus edukatif. Mereka akan diajak mengelilingi kebun, mempelajari keanekaragaman tanaman, dan belajar memasak dari bahan-bahan alami.

Setelah puas menjalani tur, anak-anak bisa kembali ke orang tua dan menikmati santapan lezat di Warung Bumi. Tempat asri dan nyaman di Imogiri, Bantul ini menawarkan varian menu organik yang dijamin bakal bikin lidah bergoyang.

5. Nanamia Pizzeria

Suasana di Nanamia Pizzeria
Suasana di Nanamia Pizzeria via Instagram nanamiapizzeria

Seperti namanya, Nanamia Pizzeria menawarkan pizza dengan beragam varian topping dan pinggiran. Sobat traveler juga bisa menjajal menu pasta atau Italia lainnya, seperti calzone, panini, sup, dan masih banyak lagi.

Uniknya, Nanamia Pizzeria punya area terbuka di bagian belakang restoran. Sobat traveler bisa yang membawa anak kecil bisa membiarkan mereka bermain-main di sini sembari menunggu pesanan dipersiapkan. Selain itu masih ada beberapa fasilitas seperti buku gambar, bean bags, dan masih banyak lagi.

Itulah tadi sederet rekomendasi restoran keluarga di Jogja yang layak dikunjungi. Bagi para sobat traveler yang belum tahu bakal jalan-jalan ke mana bersama sanak famili, terutama di libur Lebaran, semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi.

Tags
Jogjakarta Wisata Wisata Kuliner
Share