Rekomendasi Wisata Ubud, Gratis dan Cukup Jalan Kaki!

Ubud merupakan salah satu kawasan wisata terkenal di Bali. Berada di wilayah Kabupaten Gianyar, daerah ini juga kerap dijuluki sebagai jantungnya Pulau Dewata. Teman Traveler bisa melihat budaya dan adat istiadat yang dijunjung tinggi, beserta pesona alamnya yag asri. Nah, kali ini saya ingin berikan rekomendasi wisata Ubud untuk kalian.

Banyak wisata Ubud yang gratis dan cukup ditempuh dengan berjalan kaki. Bukan apa-apa, kawasan ini kerap dilanda kemacetan dan para pengguna kendaraan pribadi biasanya sulit mencari parkir. Tentu sayang jika waktu liburan yang begitu berharga terbuang di jalan bukan?

Saraswati Temple

133__1_of_1__4nK.JPG
Suasana di sekitar pura (c) Helga Christina/Travelingyuk

Oke, perjalanan ini kita mulai dari titik pertama yaitu Pura Saraswati atau Saraswati Temple di Jalan Kajeng. Bangunannya memang tidak terlalu nampak dari kejauhan sebab tertutup Restoran Lotus Pond. Namun cukup berjalan melewati pintu gerbang kecil dekat situ, Teman Traveler bakal sudah sampai di lokasi.

132__1_of_1__2e1.JPG
Tempat penjual suvenir (c) Helga Christina/Travelingyuk

Pura ini terkenal dengan kolam teratainya yang begitu indah. Namun sebelum berkunjung Teman Traveler sebaiknya mencari tahu apakah bunga tersebut sedang mekar atau tidak. Oh ya, di malam hari tempat ini biasanya jadi venue untuk menggelar pertunjukan tari. Namun untuk menikmatinya, kalian harus membayar tiket masuk.

Walk of Fame Ubud

131__1_of_1__o7J.JPG
Walk of Fame Ubud (c) Helga Christina/Travelingyuk

Pernah dengar Walk of Fame di Amerika Serikat? Di situ nama-nama artis dan tokoh terkenal diukir di atas jalanan. Nah, destinasi serupa bisa Teman Traveler sambangi di Ubud. Kalian akan menemukannya tepat di jalan samping Pura Saraswati.

130__1_of_1__6QS.JPG
Ada banyak nama yang diukir (c) Helga Christina/Travelingyuk

Berjalan di sekitar sini, Teman Traveler akan melihat beberapa ruas jalan diukir nama-nama orang. Mereka adalah sosok atau tokoh yang dianggap berjasa dalam membantu pembuatan jalan ini. Bukan hanya warga lokal, beberapa nama warga asing juga tercantum di sini lho.

Puri Ubud

134__1_of_1__Efe.JPG
Puri Ubud (c) Helga Christina/Travelingyuk

Cukup berjalan kurang lebih 100 meter, Teman Traveler akan sampai di Puri Ubud. Kediaman anggota keluarga Kerajaan Ubud ini tampak begitu megah. Sebagai catatan, kerajaan tersebut sebenarnya sudah tidak ada lagi. Namun warga Bali tetap memandang anggota keluarga kerajaan sebagai sosok berpengaruh dan terpandang. Mungkin ada yang pernah mendengar soal ini sebelumnya, sebab salah satu anggota keluarga kerajaan tersebut menikah dengan seleb terkenal, Happy Salma.

136__1_of_1__eBV.JPG
Bagian dalam puri (c) Helga Christina/Travelingyuk

Beberapa lokasi di Puri Ubud sengaja dibuka untuk umum dan bisa Teman Traveler akses tanpa biaya alias gratis. Selain melihat detail arsitektur kuno di dalamnya, kalian juga bisa menikmati pertunjukan Tari Legong tiap hari Sabtu di sini. Cukup bayar tiket seharga Rp100.000, kalian sudah bisa menyaksikan tarian tradisional Bali tersebut.

Ubud Art Market

137__1_of_1__uMM.JPG
Pasar Seni Ubud (c) Helga Christina/Travelingyuk

Persis di depan Puri Ubud, tinggal menyebrang jalan saja, Teman Traveler bisa mampir ke Pasar Seni Ubud atau Ubud Art Market. Sesuai namanya, di sini kalian bakal temukan aneka barang seni menarik. Setiap sudutnya pun nampak Instagenic, hingga tak jarang banyak wisatawan datang ke sini hanya untuk sekedar berfoto. Oh ya, tempat ini juga pernah jadi lokasi syuting salah satu adegan ‘Eat, Pray, Love’ yang dibintangi Julia Robert lho.

Itulah rekomendasi wisata Ubud dari saya untuk Teman Traveler. Bagaimana, semuanya cukup menarik bukan? Jika kalian berencana menyambangi wisata Bali dalam waktu dekat, sempatkan untuk mampir ke tempat-tempat ini. Dijamin bakal hadirkan pengalaman jalan-jalan menarik.

Tags
Bali kontributor Travelingyuk Ubud wisata bali
Share