Rekomendasi Wisata dan Kuliner Brebes dari Melody JKT48, Catet Nih

Brebes sudah lama dikenal dengan potensi wisata dan kulinernya yang luar biasa. Nah, bagi sobat traveler yang punya rencana berkunjung ke sana, ada sejumlah rekomendasi wisata dan kuliner Brebes dari Melody JKT48 yang patut disimak.

Melody, yang kini menjabat sebagai general manager theater JKT48, sejatinya lahir dan besar di Bandung. Namun Brebes adalah kampung halaman ibunda, sehingga sesekali ia bersama keluarga mudik ke Jawa Tengah. Tanpa banyak kata, berikut adalah beberapa rekomendasi wisata dan kuliner Brebes dari Melody JKT48 yang pantang dilewatkan.

1. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci
Pemandian Air Panas Guci via Instagram arif.harjanto

Pemandian alami ini berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Luasnya mencapai 210 hektar dan terletak di ketinggian 1.050 mdpl. Tak hanya membuat tubuh menjadi rileks, air panas di Guci diyakini mampu menyembuhkan beragam penyakit seperti rematik, penyakit kulit, dan masih banyak lagi.

Segarnya hawa pengunungan di sekitar Pemandian Air Panas Guci membuat Melody pun tak ragu merekomendasikan lokasi satu ini. “Guci itu terkenal banget. Mungkin kalo di Bandung kayak Ciater. Itu salah satu tempat wisata (yang wajib dikunjungi-red),” tutur lulusan Universitas Padjajaran, ketika ditemui Travelingyuk di acara bukber di Warunk Upnormal (28/5).

Pemandian Air Panas Guci
Pemandian Air Panas Guci via Instagram arif.harjanto

Fasilitas yang tersedia di kompleks wisata ini juga cukup lengkap. Selain penginapan, villa, dan losmen, pengelola juga menyediakan camping ground dan lapangan tenis. Dari segi wisata air, pelancong juga bisa memanjakan diri di kolam renang, kolam badan, kolam rendam, dan arus jeram.

2. Sate Blengong Muda

Sate Blengong
Sate Blengong via Instagram hendry.setiawan91

Berwisata ke suatu kota tentu takkan lengkap jika tak mencoba kuliner khasnya. Melody punya satu rekomendasi yang patut dicoba oleh semua sobat traveler. “Tempat makan sih, Sate Blengong Muda,” tuturnya singkat.

Sate Blengong adalah salah satu kuliner khas Brebes, yang tidak hanya nikmat namun juga unik. Daging yang digunakan untuk membuatnya merupakan perpaduan antara bebek dan mentok. Meski secara fisik sama seperti sate lainnya, Blengong punya citarasa gurih dan tak berontak ketika digigit.

Sate Blengong
Sate Blengong via Instagram yunansyahh

Salah satu penjaja Sate Blengong terkenal di Brebes adalah Warung Bu Mulyana. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bahkan sempat mampir dan menikmati nikmatnya kuliner yang berada di alun-alun Brebes tersebut.

3. Telur Asin Asap

Telur Asin Asap
Telur Asin Asap via Instagram kukeharjono

Brebes sudah lama terkenal dengan produk telur asinnya. Namun belakangan sudah muncul banyak inovasi menarik untuk semakin menarik minat wisatawan. Salah satunya adalah telur asin asap.

“Kan kalo sekarang inovasinya banyak kan. Jadi telor asinnya biasa yang direbus doang, sekarang ada yang dibakar. Ada yang diasap. Itu harus dicoba semuanya,” tutur Melody pada Travelingyuk.

Telur Asin Asap
Telur Asin Asap via Instagram kei.masoed

Bagi sobat traveler yang mudik melewati jalur pantura, telur asin Brebes bisa menjadi salah satu alternatif oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Selain telur asin asap dan bakar, belakangan juga mulai muncul varian rasa lain seperti telur asin original madu dan telur asin asap bawang. Harganya pun relatif terjangkau, antara 4-6 ribu rupiah per butir.

Itulah tadi sekilas mengenai rekomendasi wisata dan kuliner Brebes dari Melody JKT48. Berencana mudik atau berkunjung ke kota di Jawa Tengah tersebut dalam waktu dekat? Jangan sampai melewatkan rekomendasi dari dara cantik asal Bandung ya.

Tags
Jawa Tengah kuliner Wisata Wisata Kuliner
Share