Rekomendasi Festival di Bulan April 2019, Siap-siap dari Sekarang!

Advertisement

Travelingyuk menghadirkan rekomendasi festival di bulan April 2019. Teman Traveler yang masih bingung menentukan destinasi liburan, bisa memilih salah satu lokasi penyelenggaraan kegiatan tersebut. Jalan-jalan makin berkesan karena sekalian menghadiri festival serunya. Mulai dari kebudayaan, kuliner, sampai olahraga. Ada apa saja di bulan April ini, ya.

7-11 April 2019 Festival Pesona Tambora, NTB

Pertunjukan Seni Budaya di Festival Pesona Tambora 2018 via Instagram @budimanalamse
Pertunjukan Seni Budaya di Festival Pesona Tambora 2018 via Instagram @budimanalamse

Festival Pesona Tambora menjadi salah satu rekomendasi festival bulan April 2019. Kegiatan ini adalah bagian dari Calendar of Event (CoE) Pariwisata NTB. Festival akan diselenggarakan di Kaki Gunung Tambora tepatnya area Doro Ncanga, Kabupaten Dompu. Acara besar ini direncanakan akan berlangsung pada tanggal 7 sampai 11 April.

Akan Ada Barapan Kebo di Festival Pesona Tambora via Instagram @pathfinderonur
Akan Ada Barapan Kebo di Festival Pesona Tambora via Instagram @pathfinderonur

Festival Pesona Tambora mempunyai beberapa rangkaian acara, seperti pentas seni dan budaya, Barapan Kebo, pesta kuliner lokal, pasar rakyat, dan banyak lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati hari jadi Kabupaten Dompu.

Setelah menghadiri Festival Pesona Tambora, sempatkan jalan-jalan ke padang savana Doro Ncanga. Jelajahi juga wisata alam lainnya, seperti Pantai Lakey, Pulau Satonda, dan Bukit Matompo.

10 April Festival Lawata, NTB

Festival Lawata via Facebook Lombok Event
Festival Lawata via Facebook Lombok Event

Festival Lawata akan dilaksanakan di Pantai Kalaki, Kabupaten Bima pada tanggal 10 April. Kegiatannya meliputi parade sampan tradisional, pentas seni budaya, dan Mpama Kade’e alias kompetisi mendongeng, lomba menangkap bebek di laut, dan banyak lainnya.

Setelah menghadiri Festival Lawata, sempatkan juga jelajah Pantai Kalaki. Ada juga Pantai Lawata, Pantai Amahami, Pantai Ule, Pantai Kolo, dan lainnya yang tak kalah indah.

15-20 April Krui World Surfing League, Lampung

Kompetisi Selancar Internasional via Facebook World Surf League
Kompetisi Selancar Internasional via Facebook World Surf League

Krui World Surfing League merupakan kompetisi selancar internasional yang dilaksanakan pada tanggal 15 sampai 20 April. Salah satu rekomendasi wisata di bulan April 2019 tersebut akan diselenggarakan oleh World Surf League di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Pantai Tanjung Setia via Instagram @tryas.r
Pantai Tanjung Setia via Instagram @tryas.r

Destinasi wisata yang bisa Teman Traveler temukan di sini adalah Pulau Pisang, Pantai Labuhan Jukung Krui, Pantai Tembakak, dan Gua Matu. Puaskan jelajahi keindahan alamnya setelah menonton kompetisi selancar.

19-22 April Festival Pesona Teluk Tomini, Sulawesi Tengah

Pertunjukan Budaya di Festival Pesona Teluk Tomini via Instagram @alikhais
Pertunjukan Budaya di Festival Pesona Teluk Tomini via Instagram @alikhais

Rekomendasi festival di bulan April 2019 selanjutnya adalah Festival Pesona Teluk Tomini. Kegiatan ini akan diselenggarakan di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. Acara tersebut akan berlangsung mulai dari tanggal 19 sampai 22 April.

Agenda dalam festival tersebut di antaranya adalah pemilihan putra putri bahari, pertunjukan musik tradisional, ragam kuliner Sulawesi Tengah, Tomini Fashion Carnival, dan kompetisi fotografi. Semua kegiatan seru tersebut diadakan demi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Parigi Moutong.

Selain menyaksikan Festival Pesona Teluk Tomini, Teman Traveler bisa mampir ke wisata sekitarnya. Di antaranya panjat tebing Likunggavali di Desa Marantale, Istana Tinombo, Puncak Pompausea Gunung Labuan Sory di Desa Toboli, dan Pantai Nalera.

20-21 April Gebyar Pesona Budaya Garut, Jawa Barat

Gebyar Pesona Budaya Garut via Instagram @dudutsp
Gebyar Pesona Budaya Garut via Instagram @dudutsp

Gebyar Pesona Budaya Garut akan dilaksanakan pada 20 sampai 21 April. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperingati ulang tahun Kabupaten Garut, sekaligus mendukung pariwisatanya.

Terdapat beberapa pertunjukan seni budaya pada acara tersebut, salah satunya Rampak Silat Bambu Runcing. Ada juga batik Garutan, bazar kuliner, pameran kerajinan kulit, sampai parade seni.

Kabupaten Garut yang terkenal dengan dodolnya ini punya cukup banyak wisata alam. Misalnya saja Talaga Bodas, Leuwi Korsi yaitu cekungan dalam di dasar sungai bening, kolam air panas Cikarees, dan banyak lainnya. Jangan lupa mampir ke tempat-tempat tersebut, ya.

26-28 April 2019 Ubud Food Festival

Demo Masak oleh Sisca Soewitomo pada UFF 2017 via Instagram @ubudfoodfest
Demo Masak oleh Sisca Soewitomo pada UFF 2017 via Instagram @ubudfoodfest

Rekomendasi festival bulan April 2019 selanjutnya adalah Ubud Food Festival yang dilaksanakan di Jalan Raya Sanggingan. Kegiatan yang telah berlangsung semenjak tahun 2015 ini akan diselenggarakan pada tanggal 26 sampai 28 April.

Terdapat bervariasi aktivitas pada festival satu ini, di antaranya demo masak chef ternama, workshop resep masakan, dan kelas masak. Ada pula pertunjukan musik, pemutaran film, dan peluncuran buku yang berhubungan dengan kuliner.

Teman Traveler pun dapat jelajah wisata di sekitaran Ubud. Di antaranya Monkey Forest, Istana Ubud, Museum Puri Lukisan, dan masih banyak lagi.

28 April 2019 Mandiri Jogja Marathon

Mandiri Jogja Marathon via Instagram @mandiri_jogmar
Mandiri Jogja Marathon via Instagram @mandiri_jogmar

Rekomendasi festival di bulan April 2019 lainnya adalah Mandiri Jogja Marathon. Kompetisi lari tersebut akan dilaksanakan di Candi Prambanan pada tanggal 28 April. Kategori pada lomba ini adalah full marathon, half marathon, 10 km, dan 5 km.

Selain menikmati keindahan Candi Prambanan, Teman Traveler juga bisa main-main ke Candi Ratu Boko, Banyu Nibo, dan Tebing Breksi. Coba luangkan waktu untuk jelajahi destinasi wisata tersebut.

Itulah 7 rekomendasi festival di bulan April 2019. Siapkan diri dari sekarang, ya. Jadi Teman Traveler mau datang ke festival yang mana?

Advertisement
Tags
festival Indonesia info terbaru rekomendasi
Share