Intip Destinasi Wisata Rawa di Indonesia, Keindahan yang Membuatmu Terpana

Advertisement

Berikut ini adalah destinasi wisata rawa di Indonesia yang tak banyak diketahui orang, namun menyuguhkan keindahan alam yang cantik. Namun karena ada yang terletak di hutan, kamu harus menempuh perjalanan dengan jalur yang cukup ekstrem. Biar nggak makin penasaran, sebaiknya kamu simak beberapa informasi berikut ini ya.

1. Rawa Pening

Rawa Pening [image source]
Mendengar namanya, kamu mungkin akan langsung mengartikan pening sebagai ungkapan untuk sakit kepala atau pusing. Padahal arti sebenarnya bukan itu, Pening adalah istilah lain atau penyebutan berbeda dari bening yang artinya adalah jernih. Ya, kejernihan itu mungkin nampak, tapi itu dulu. Saat ini air di Rawa Pening bukan lagi daya tarik utama. Tapi tenang saja, kamu masih tetap bisa menikmati keindahan yang mempesona kok jika datang ke lokasi wisata alam yang terletak di  Kabupaten Semarang, Jawa Tengah itu. Kamu bisa memandang hamparan perairan alami berupa danau dengan luas area mencapai 2.670 hektare.

Rawa Pening [image source]
Untuk sampai ke Rawa Pening, kamu harus menempuh perjalanan menunju Kecamatan Ambarawa. Selain itu juga bisa dicapai dari wilayah Bawen, Tuntang, dan Banyubiru.  Keindahan rawa dengan bermacam-macam tumbuhan airnya itu begitu cantik dengan latar belakang Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran yang eksotis. Kamu juga bisa memancing di Rawa Pening, hanya saja ada populasi tumbuhan eceng gondok yang semakin hari, kian mengkhawatirkan karena bisa mengganggu keindahan. Sampai saat ini pihak berwenang setempat masih melakukan upaya untuk membersihkan rawa pening dari eceng gondok. Tumbuhan tersebut dimanfaatkan untuk kerajinan tangan berupa anyaman.

Lokasi : Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

2. Rawa Binong

Rawa Binong [image source]
Memandang hamparan danau luas yang dulunya adalah kawasan rawa-rawa adalah sebuah keseruan tersendiri. Apalagi saat ini begitu sulit menemukan destinasi wisata alam di dekat kota besar. Biar kamu juga merasakannya, datang saja ke kawasan Rawa Binong yang terletak di Kota Cikarang. Letaknya tepat berada di Kampung Rawa Binong, Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat. Beberapa waktu yang lalu, kawasan ini mendapat dukungan dari Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk ditetapkan sebagai lokasi wisata. Tentu saja ada rencana perbaikan untuk mewujudkan hal tersebut.

Rawa Binong [image source]
Misalnya saja perbaikan turab dan irigasi Rawa Binong sepanjang 110 meter. Saat ini sudah ada beberapa fasilitas untuk bersantai di sekitar Situ Rawa Binong. Kamu juga bisa memancing dan ketika datang momen tertentu masyarakat setempat mengadakan festival dan perlombaan. Masyarakat setempat tetap berharap akan ada bantuan lain dari pemerintah agar Rawa Binong makin indah dan nyaman didatangi oleh pengunjung untuk berwisata. Bahkan ekonomi warga bisa terbantu juga seiring ramainya para pengunjung.

Lokasi : Hegarmukti, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat

3. Rawa Bayu

Rawa Bayu [image source]
Rawa Bayu atau Rowo Desa Bayu adalah sebuah tempat dengan pemandangan surgawi yang masih alami. Bagaimana tidak, lokasinya sendiri masih ada dalam kawasan Hutan Petak 8, bagian dari Kesatuan Hutan Rogojampi, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Dinginnya Rawa begitu selaras dengan udara sejuk di lokasi, karena letak Rawa Bayu ada di ketinggian 800 meter dari permukaan laut. Setelah melewati jalur yang ditumbuhi dengan pepohonan dan suara burung bersautan, kamu akan tiba di tempat wisata dengan suguhan utama berupa danau berair jernih.

Rawa Bayu [image source]
Sampai saat ini kealamiannya masih terjaga, belum ada upaya untuk mengembangkan wisata alam ini menjadi destinasi terkenal dengan fasilitas mumpuni. Untuk masuk ke sana kamu nggak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, karena tidak ada penjaga yang menarik tiket. Suasana di sekitar rawa begitu terasa mistis, pohon-pohon tua berdiri dengan kokoh.  Di sekitar Rawa juga terdapat bangunan candi yang bernama Candi Puncak Agung Macan Putih. Untuk membuktikan keindahannya secara langsung kamu bisa menempuh perjalanan sejauh 35 km dari pusat Kota Banyuwangi.

Lokasi : Rogojampi, Kecamatan Songgon, Banyuwang

4. Rawa Biru

Wisata Rawa Biru [image source]
Rawa Biru juga terletak di Banyuwangi, hanya saja areanya lebih luas dan terbuka. Tidak banyak yang tahu tentang lokasi wisata Rawa Biru. Meski begitu, keindahan  alamnya patut untuk diunggulkan. Hamparan danau dengan tumbuhan rawa begitu anggun dan serasi dengan perbukitan di sekitarnya. Letaknya sendiri dekat dengan dua pantai yaitu Pantai Grajagan dan Pantai Lampon. Bukannya suasana hening seperti yang terasa di Rawa Bayu, kamu justru akan mendengar suara ombak dari kejauhan yang memecah kesunyian.

Rawa Biru [image source]
Rawa Biru [image source]
Letaknya yang dekat dengan pantai juga membuat udara di sini bearomakan laut, bahkan semilir anginnya juga berbau laut. Sebelum tiba di lokasi wisata yang tepatnya berada di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi tersebut kamu bisa menikmati rimbunnya hutan yang dikelola oleh Perhutani. Ada beberapa jenis tumbuhan yang membuat jalur menuju Rawa Biru jadi terasa sejuk. Mulai dari hutan Mangrove, Mahoni, hingga padang rumput.

Lokasi : Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi

Itulah beberapa rawa yang ada di Indonesia dengan suguhan pemandangan alam begitu mempesona. Selain itu ada juga beberapa rawa di daerah lain yang nggak kalah keren. Menjadikannya sebagai tempat untuk merenung dan bersyukur adalah keputusan yang tepat, rawa manakah yang paling ingin kamu kunjungi?

Advertisement
Tags
rawa bayu rawa binong rawa biru Rawa Pening
Share