Tujuh Ranu di Lumajang, Danau untuk Berkemah Penuh Keseruan

febri rama

febri rama

On Indonesia

Jangan remehkan wisata di Lumajang. Kabupaten dengan sejuta pesona ini bisa membuatmu dipenuhi kekaguman. Jika rindu dengan nuansa alam, ada banyak destinasi yang bisa jadi pilihan. Cobalah berkemah di tujuh danau berikut ini. Menikmati kemegahan semesta dari tepiannya adalah sesuatu yang harus kamu coba.

1. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo via Instagram/@novrisha

Ranu Kumbolo semakin terkenal seiring dengan meningkatnya kepopuleran Gunung Semeru sebagai destinasi pendakian. Letaknya ada di jalur pendakian menuju puncak Mahameru. Tepatnya setelah pos 4 dengan luas mencapai 15 hektar. Saat musim liburan area Ranu Kumbolo akan penuh dengan tenda para pendaki. Momen yang paling diburu adalah indahnya matahari terbit yang muncul di balik bukit.

2. Ranu Pane

Ranu Pane
Ranu Pane via marlindia.wordpress.com

Ranu Pane dekat dengan pemukiman warga dan di sini pula terdapat pos pendaftaran pendaki yang ingin naik ke Semeru. Tepatnya ada di Desa Ranupani Kabupaten Lumajang. Sesekali kamu akan melihat penduduk setempat yang mencari ikan, baik dengan jala maupun pancing. Fasilitasnya juga memadai dengan adanya tempat parkir dan toilet. Sayangnya pertumbuhan eceng gondok di sini sangat pesat dan bisa menjadi ancaman untuk keindahan Ranu Pane.

3. Ranu Regulo

Ranu Regulo
Ranu Regulo via Instagram/@abdulazis20

Bersama dengan Ranu Pane dan Ranu Kumbolo, Ranu Regolo termasuk dalam segitiga danau dengan keindahan menawan. Letaknya masih dalam kawasan Kecamatan Senduro di ketinggian 2100 mdpl. Luasnya sendiri mencapai 0,75 hektare. Jika kamu berwisata di Ranu Pane bisa sekalian ke sini karena jaraknya berdekatan. Akses jalannya juga mudah dan nyaman. Tepiannya dapat dimanfaatkan sebagai tempat berkemah. Jika kamu berhalangan untuk naik ke Semeru, tempat ini bisa jadi alternatif pilihan.

4. Ranu Pakis

Ranu Pakis
Ranu Pakis via Instagram/@ahmadsyarifullah

Ranu Pakis berada di Kecamatan Klakah dengan keindahan yang tidak kalah menggoda. Danau yang seluas 112 hektar tersebut dikelilingi oleh pegunungan. Di sekitarnya juga terdapat pemukiman dan fasilitas untuk memudahkan para pengunjung. Bahkan ada tempat peristirahatannya juga. Selain itu ada area yang bisa difungsikan sebagai tempat berkemah. Kamu bisa seru-seruan bersama keluarga sambil menikmati indahnya Ranu Pakis.

5. Ranu Bedali

Ranu Bedali
Ranu Bedali via Instagram/@@akbarprada8990

Berada di ketinggian 700 Meter di atas permukaan laut, Ranu Bedali juga cocok didatangi untuk berkemah dan menikmati alam. Udaranya sejuk dikelilingi oleh bukit dengan pepohonan rindang membentuk cekungan layaknya mangkuk besar. Untuk menjelajahi danau, pengunjung bisa menggunakan sampan. Pos perizinan hingga toilet juga tersedia dengan baik.

6. Ranu Klakah

Ranu Klakah
Ranu Klakah via Instagram/@m.ishaq.m

Ranu Klakah terbentuk dari letusan Gunung Lemongan. Wisata ini membentuk segitiga emas bersama dengan Ranu Pakis dan Ranu Bedali. Letak ketiganya memang berdekatan dan ada dalam satu kawasan. Jadi sekali jalan, kamu bisa mendatangi tempat-tempat tersebut. Uniknya, kamu bisa mencoba berbagai wahana di sini, mulai dari perahu motor hingga becak air.

7. Ranu Darungan

Ranu Darungan
Ranu Darungan Via Instagram/@herry_langzzing

Ada satu lagi tempat yang masih tersembunyi dan jarang didatangi orang. Namanya adalah Ranu Darungan dan terletak di Kecamatan Pronojiwo. Salah satu keunikan tempat ini ada pada pohon Rekisi yang mengelilingi danau. Konon Ranu Darungan adalah tempat bersejarah yang sudah digunakan sejak zaman Belanda. Terbukti dari adanya sebuah bangunan yang berfungsi sebagai tempat pelestarian angrek langka.

Itulah beberapa tempat wisata di Lumajang yang indah dan cocok sebagai tempat berkemah. Agar pesonananya tetap terjaga, kamu juga harus ikut melestarikan lingkungannya dengan tidak membuang sampah sembarangan.