Asyiknya Kemping di Ranca Upas, Surga Tanah Pasundan yang Tersembunyi

Advertisement

Pernahkah Teman Traveler mendambakan piknik sederhana? Coba habiskan waktu di Bumi Perkemahan Ranca Upas, Ciwidey, Bandung. Selain indahnya rumput hijau, eloknya sinar mentari ketika mulai malu-malu menampakkan wajahnya juga bisa dinikmati di sini.

Asyiknya lagi, semua peralatan dan fasilitas kemping sudah tersedia lengkap di Bumi Perkemahan Ranca Upas. Tentu bisa jadi pilihan wisata pas bagi Teman Traveler yang tidak punya banyak waktu untuk lakukan persiapan. Tertarik? Yuk simak pengalaman kontributor Travelingyuk Muhammad Idris Hasibuan menghabiskan weekend di sini.

Ranca Upas, Bumi Perkemahan Indah di Tanah Pasundan

Kemping di Ranca Upas
Kemping di Ranca Upas (c) Muhammad Idris Hasibuan/Travelingyuk

Tanah Pasundan dianugerahi sederet lokasi yang bisa membuat jiwa raga bahagia. Salah satunya Bumi Perkemahan Ranca Upas di Ciwidey yang cocok bagi Teman Traveler yang menyukai kegiatan outdoor atau alam terbuka. Tak wajib menjelajah, sekedar menghabiskan malam bersama sahabat pun juga asyik.

Hawa di sekitar Bumi Perkemahan Ranca Upas terasa sangat sejuk. Maklum saja, lokasi ini berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut. Selain itu suasananya juga cukup tenang dan nyaman, meski kawasan ini termasuk lokasi perkemahan favorit warga Bandung.

Pesona Memikat di Setiap Sudutnya

Hamparan rumput hijau mempesona
Hamparan rumput hijau mempesona (c) Muhammad Idris Hasibuan/Travelingyuk

Keseruan di Ranca Upas tak berhenti setelah Teman Traveler menikmati suasana malam bersama sahabat. Ketika pagi menjelang kalian akan disuguhkan pemandangan menakjubkan, Sang Mentari yang tampak malu-malu mulai menyinari muka bumi ini.

Hamparan rerumputan hijau di sekitar bumi perkemahan terasa nyaman diinjak meski tanpa menggunakan alas kaki. Sejauh mata memandang terlihat pegunungan indah berbalut kabut tipis manja. Semilir angin sejuk pagi benar-benar menenangkan hati.

Bumi Perkemahan Ranca Upas sungguh lokasi pas untuk meninggalkan jejak-jejak pekerjaan yang membuat stress. Bisa juga untuk sekedar mengisi otak dengan pemandangan dan pengalaman baru.

Indahnya Kebun Teh Ranca Bali

Kebun Teh Ranca Bali
Kebun Teh Ranca Bali (c) Muhammad Idris Hasibuan/Travelingyuk

Setelah puas menikmati suasana alam yang khas di Ranca Upas, Teman Traveler bisa langsung tancap gas menuju Perkebunan Teh Ranca Bali yang sangat tersohor akan keindahannya. Hanya butuh waktu sekitar lima menit untuk sampai. Jalanannya sudah diaspal halus. Selain itu udaranya juga sejuk.

Sepanjang perjalananan, Teman Traveler akan disuguhi panorama luas Kebun Teh Ranca Bali. Kalian bisa menjelajah jalur setapak yang tertata rapi antara batang teh. Paduan eloknya hamparan hijau daun teh dan kabut tipis hasilkan pemandangan dengan keindahan tak terbantahkan.

Kemping Murah Meriah

Tak perlu membayar mahal untuk bisa mendirikan tenda dan bermalam di Bumi Perkemahan Ranca Upas. Apalagi jika Teman Traveler membawa tenda sendiri, tak perlu siapkan biaya ekstra untuk menyewa peralatan.

Untuk bisa masuk kawasan bumi perkemahan, Teman Traveler akan dikenakan biaya Rp15.000 per orang. Sementara itu, biaya kemping adalah Rp20.000 per malam dan parkir motor Rp5.000. Total biaya yang dikeluarkan untuk dua orang sebesar Rp55.000. Murah, bukan?

Itulah gambaran singkat keindahan Bumi Perkemahan Ranca Upas. Dengan segala pesonanya, tak berlebihan jika lokasi ini dianggap sebagai salah satu Surga di Tanah Pasundan. Bagaimana Teman Traveler, kapan kalian berencana kemping di sini?

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia Travelingyuk Community Wisata wisata bandung
Share