Nikmati Indahnya Rammang-rammang, Wisata Maros yang Bikin Terpana

Awaluddin Isman

Awaluddin Isman

On Indonesia
Sunset di sekitar Rammang-rammang Sunset di sekitar Rammang-rammang

Salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Maros adalah Taman Karst Rammang-rammang. Karst sendiri merupakan bukit atau gunung yang tercipta dari batuan kapur. Bentang alam tersebut banyak ditemukan tersebar di kawasan ini.

Apabila Teman Traveler berkesempatan datang ke Sulawesi Selatan, ada baiknya mengunjungi Rammang-rammang. Pastinya bakal memberikan pengalaman liburan tak terlupakan.

Spot Foto dan Pemandangan Menarik

Karya pribadi
Berfoto dengan lantar belakang rumah-ruman unik (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Teman Traveler bisa mengunjungi banyak spot foto menarik di sini. Salah satunya adalah deretan rumah bergaya tradisional dengan arsitektur yang sangat unik.

Atapnya berbentuk mirip segitiga dengan gaya sangat khas. Lapisannya menggunakan rumbia, semakin menguatkan kesan tradisional. Selain itu, tampilannya jadi kelihatan sangat artistik. Lokasi ini bisa menjadi spot foto yang sangat menarik untuk Teman Traveler.

Keliling Naik Perahu Tradisional

Karya pribadi
Perahu tradisional (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Teman Traveler dapat menaiki perahu tradisional warna-warni, untuk berkeliling dan menikmati pemandangan sekitar sungai karst. Perahu-perahu ini sebenarnya merupakan transportasi tradisional yang biasa digunakan warga sekitar. Hanya saja dihias dengan corak mencolok agar menarik perhatian pengunjung.

Karya pribadi
Keliling naik perahu (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Teman Traveler akan diantar warga sekitar mengagumi panorama elok sekitar kawasan Rammang – rammang. Seperti disebutkan sebelumnya, corak mencolok memang jadi salah satu keunikan perahu ini. Bisa menarik perhatian dari jauh, terutama bagi para wisatawan.

Wisatawan bisa menyewa kapal ini dengan harga lumayan terjangkau. Sedikit saran, sebaiknya Teman Traveler mengajak serta sahabat atau kerabat dekat agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar alias hemat hehehe.

Mengamati Kehidupan Masyarakat

Karya pribadi
kegiatan masyarakat sekitar rammang-rammang (sumber:karya pribadi)

Tak jauh dari kawasan Rammang-rammang, Teman Traveler bisa berbaur dan menyaksikan kehidupan masyarakat sekitar yang sangat bersahaja. Mereka tinggal di sebuah kampung dengan nuansa tradisional kental.

Berkunjung ke sini bakal memberikan pengalaman tak terlupakan. Teman Traveler bakal disambut ramah oleh penduduk sekitar. Liburan di Rammang-rammang pun jadi semakin berkesan karena tidak hanya sekedar mengagumi pemandangan, namun ikut terjun dan melihat langsung kebiasaan hidup masyarakat.

Karya pribadi
Warga sibuk bertani (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Di luar kompleks wisata, terdapat banyak hamparan sawah. Teman Traveler bisa coba berbaur dan melihat kehidupan tradisional masyarakat setempat. Jika ingin, kalian bisa meminta izin dan menjajal rasanya menanam atau memanen padi lho.

Panorama Matahari Terbenam

Karya pribadi
Sunset di area persawahan (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Satu hal lain yang pantang dilewatkan saat berada di Rammang-rammang adalah panorama indah matahari terbenam di kawasan persawahan. Pemandangan yang disuguhkan dijamin tak kalah dengan sunset dekat laut.

Nah, itulah tadi sekilas tentang objek wisata Rammang-rammang di Kabupaten Maros. Semoga bermanfaat untuk Teman Traveler dan bisa menjadi referensi liburan kalian. Terima kasih, hehehe.