4 Rahasia di Balik Sapaan Pramugari, Apa Saja Ya?

Ketika Teman Traveler naik pesawat, pasti kalian akan menerima sambutan dari pramugari di dekat pintu. Mungkin banyak dari kita yang mengira bahwa itu merupakan salah satu tugas pramugari. Namun, sebenarnya, ada beberapa rahasia di balik sapaan pramugari tersebut, Teman Traveler. Penasaran apa saja? Simak ulasan di bawah ini, ya.

1. Mengetahui Penumpang yang Menderita Aerophobia 

rahasia sapaan pramugari
Ilustrasi aerophobia via shutterstock

Sapaan pramugari ternyata mempunyai beberapa tujuan. Salah satunya untuk mengetahui penumpang mana yang menderita ketakutan naik pesawat atau aerophobia. Biasanya, pramugari sudah bisa melihatnya dari gerak-gerik penumpang.

Kalau sudah tahu penumpang mana yang mengidap gangguan tersebut, ia akan memberikan perhatian khusus. Seperti menghibur atau memberikan benda yang membuat si penumpang nyaman. 

2. Mengawasi Ada Penumpang Mabuk atau Tidak 

rahasa sapaan pramugari
Ilustrasi sapaan pramugari via shutterstock

Selain itu, sapaan pramugari juga berfungsi mengawasi apakah ada penumpang mabuk atau tidak. Semuanya bisa dilihat dari tingkah lakunya, cara berbicara dan juga bau nafasnya.

Apabila ciri-cirinya merujuk ke orang yang mabuk, maka pramugari akan menolak penumpang itu untuk masuk ke dalam pesawat. Ini dikarenakan orang mabuk bisa melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu penerbangan. 

3. Mengenali Penumpang Berkebutuhan Khusus 

Ilustrasi penumpang berkebutuhan khusus via shutterstock

Selanjutnya, pramugari menyapa untuk mengenali penumpang yang berkebutuhan khusus. Para pramugari akan menempatkan penumpang di kursi yang tidak berdekatan dengan pintu darurat. Ini dikarenakan penumpang berkebutuhan khusus tidak dapat membuka pintu darurat, sehingga bisa menghalangi proses evakuasi. 

Kemudian yang kedua, pengenalan ini ditujukan supaya pramugari bisa memberikan bantuan tambahan. Kalau saja terjadi hal-hal gawat, pramugari tidak akan melupakan penumpang tersebut untuk diselamatkan. 

4. Melihat Apakah Penumpang Sakit atau Tidak

Ilustrasi penumpang sakit via shutterstock

Terakhir, tujuan sapaan pramugari berfungsi untuk mengetahui apakah penumpang yang naik dalam kondisi sehat atau tidak. Pramugari harus melakukan ini, karena penyakit tersebut bisa menulari dirinya atau para penumpang yang ada di satu pesawat.

Selain itu, dalam penerbangan nantinya, tidak ada yang dapat mengetahui apakah sakit tersebut akan kambuh. Apabila penyakit dirasa bisa menular, pramugari tidak akan segan untuk menolak penumpang naik ke pesawat. 

Itulah beberapa rahasia di balik sapaan pramugari kepada para penumpang. Semuanya bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpang dan awak kabin. Jadi, pramugari tak hanya bertugas untuk melayani para penumpang. 

Tags
rahasia sapaan pramugari tips traveling
Share