‘Rahasia’ Kebersihan Toilet Pesawat yang Wajib Kamu Ketahui

Advertisement

Pernahkah kamu menggunakan toilet pesawat? Tempat yang digunakan untuk buang air padahal disebut sebagai salah satu tempat yang paling ‘kotor’ dalam pesawat?

Hal ini diceritakan oleh salah satu mantan pramugari di salah satu penerbangan. Nah, pertanyaannya kok bisa ya? Yuk, kepoin dalam ulasan Travelingyuk berikut ini!

Waktu membersihkan toilet yang singkat

Berbeda dengan toilet rumahan yang dibersihkan secara berkala sampai bersih, waktu yang diberikan untuk membersihkan toilet pesawat sangatlah singkat. Sehingga toilet tidak bersih secara menyeluruh. Hal ini menyebabkan kemungkinan timbulnya berbagai macam kuman, mikroba, bakteri, serta kontaminasi lain yang tertinggal di dalam toilet.

Foto via Flightzona

Waktu membersihkan toilet ini adalah sebelum penerbangan. Selama penerbangan berlangsung, toilet akan dibersihkan setiap satu setengah jam sekali. Namun, jika ada hal yang lebih mendesak, kebersihan toilet tak lagi menjadi prioritas.

Tangki limbah toilet bisa meluap

Setiap pesawat mempunyai tangki limbah yang berbeda, tergantung pada ukuran pesawat. Tangki ini biasanya akan dikosongkan saat pesawat mendarat. Namun di saat tertentu seperti di jam penerbangan sibuk, tangki akan dibiarkan begitu saja.

Foto via Kabarpenumpang

Sehingga ada kemungkinan buruk yang bisa terjadi, yakni tangki meluap, pipanya pecah, sehingga limbah dan kotoran yang terkumpul di dalam toilet akan masuk ke dalam pesawat. Hal ini pernah terjadi loh! Duh, tak bisa dibayangkan betapa ngerinya, ya?

Waktu terburuk untuk buang air di toilet

Sang pramugari yang tidak mau disebutkan namanya ini mengatakan kalau waktu yang paling ‘buruk’ saat ingin memakai toilet adalah saat akan lepas landas dan saat akan mendarat. Terutama untuk penerbangan jarak jauh. Selama waktu-waktu tersebut, pengguna toilet akan ‘antre’ ke kamar mandi.

Foto via Grid

Ya, bayangkan saja kalau ada sepuluh orang yang menggunakan toilet, pasti baunya juga kurang sedap bukan? Selain itu, gunakan toilet sebelum pramugari menyajikan makanan. Hal ini dimaksudkan mengantisipasi adanya penumpang yang tidak cocok dengan makanan yang disajikan sehingga perlu ke toilet. Lagi-lagi, biar tidak antre dengan penumpang yang lain.

Pastikan selalu memakai masker saat ke toilet

Saat masuk ke dalam toilet pesawat, pastikan untuk selalu menggunakan masker. Karena ibarat lemari tanpa udara bersih, di dalam toilet tidak terdapat ventilasi, sehingga tak ada pertukaran udara.

Foto via Liputan6

Saat menggunakan toilet pesawat, kamu juga akan menghirup udara bekas di mana penumpang lain ‘berhajat’ di dalamnya. Udara yang kamu hirup sudah terkontaminasi partikel feses potensial, yaitu udara kotor setelah dilakukannya flush.

Larangan menggososok gigi di westafel toilet pesawat

Foto via Merdeka

Alasan utama mengapa tidak boleh menggosok gigi di pesawat adalah air yang ada di pesawat berasal dari tangki air yang tidak disaring. Jika memang mendesak, kamu bisa menggunakan air kemasan yang dibawa sendiri. Karena kebersihan toilet yang ‘minim’ tersebutlah, sebaiknya memang tidak perlu membawa peralatan seperti sabun, sikat gigi, atau tas perlengkapan mandi ke dalam toilet.

Di balik toilet pesawat yang terlihat bersih di luar, ternyata tempat ini merupakan tempat yang bisa dikatakan paling ‘jorok’ di dalam pesawat. Sebaiknya, jika memang kamu sedang bepergian dengan pesawat, maka sebaiknya gunakan saja toilet di bandara yang lebih bersih dari toilet pesawat.

Advertisement
Tags
kebersihan pesawat Rahasia kebersihan toilet tempat terkotor di pesawat Toilet di pesawat toilet pesawat
Share