Ragam Sambal dari Jawa Timur yang Bikin Air Liur Mengucur

Masyarakat Indonesia tak bisa dilepaskan dari sambal. Bisa dibilang, hampir semua jenis makanan di Indonesia mengikutsertakan sambal sebagai sajian pendampingnya. Maka dari itulah, tidak mengherankan jika banyak sekali jenis sambal di Nusantara. Tapi kali ini Travelingyuk hanya akan membahas kuliner sambal yang berasal dari Jawa Timur. Berikut daftarnya.

1. Sambal Tumpang

Sambal tumpang dengan daun kemangi, Via Instagram fatimazahramouza

Bagi kamu yang sudah traveling ke Kediri, Jawa Timur pasti sangat familiar dengan sambal tumpang. Kuliner pedas ini berbahan dasar tempe busuk yang dikombinasikan dengan beragam bumbu. Sebut saja bawang putih, bawang merah, cabai, lengkuas, daun salam dan tak lupa garam. Di Kediri, sambal ini biasa dikonsumsi dengan nasi hangat yang nikmat. Pernah dengar Pecel Tumpang dari Kediri? Sambal ini adalah salah satu yang terdapat di dalamnya.

2. Sambal Bajak

Sensai kelezatan yang sulit ditampik, Via Instagram toserdabandung

Hampir di seluruh Jawa Timur sambal bajak ini ada. Tapi di luar daerah akan sulit mendapatkannya. Sambal bajak ini terbuat dari bahan utama cabai besar, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serta terasi yang sebelumnya sudah dibakar terlebih dahulu. Bahan-bahan tersebut dihaluskan lalu digoreng dengan minyak. Aromanya sangat lezat, bikin nafsu makan meningkat. Apalagi biasanya sambal ini ditambah banyak rempah, misalnya saja sereh, asam jawa, salam dan juga lengkuas. Kenikmatannya makin jos!

3. Sambal Petis

Sambal petis enak, Via Instagram tokobogajayaonline

Bahan utama untuk membuat sambal petis ini adalah petis udang yang dicampurkan dengan beragam bumbu lainnya. Sebut saja bawang merah, bawang putih, kecap, gula merah, dan juga sambal. Biasanya sambal petis ini disajikan sebagai cocolan gorengan. Untuk daerah asalnya sendiri, ada yang menyebutkan jika sambal ini berasal dari Madura, tapi tak sedikit yang ngotot berasal dari Surabaya. Namun yang pasti sambal ini masih berasal dari Jawa Timur.

4. Sambal Bawang

Sambal bawang, Via Instagram nisaulfa_

Sensasi rasa pedas yang bikin lidah terbakar akan kamu rasakan setelah menyantap sambal bawang. Bahan pembuatnya cukup sederhana, cuma cabai rawit dan bawang putih, garam dan juga gula secukupnya. Biasanya sambal bawang ini disantap setelah dibuat. Olahan yang paling populer adalah membuat geprekan dengan sambal bawang. Hem, bikin air liur mengucur tak tertahankan.

5. Sambal Pecel

Sambal pecel, Via Instagram mahadewi_bumbu

Ada pula sambal pecel yang paling terkenal dari Madiun. Rasa sambal yang terbuat dari kacang ini gurih-gurih manis. Dipadukan dengan sayur yang sudah direbus akan menjadi pecel sayur yang nikmat. Selain di Madiun ada juga sambel pecel khas Tulungagung. Rasanya sama-sama nikmat. Kepedasannya bisa disesuaikan, bisa sangat pedas maupun biasa saja.

Membayangkan saja sudah membuat air liur mengucur dengan deras ya. Memang sambal jadi salah satu pendamping komplit saat makan, ditambah kerupuk, hidup makin sempurna.

Tags
Indonesia Jawa Timur sambal khas Jawa timur
Share