Ragam Olahan Terong, Cocok untuk Inspirasi Buka

Terong atau terung selama ini sering dimanfaatkan sebagai lauk tambahan kala menyantap lalapan plus sambal. Kadang ada juga yang menjadikannya bahan utama penyetan. Namun sebenarnya ada banyak ragam olahan terong yang lebih menarik.

Buah berwarna ungu ini selain bisa menjadi sumber karbohidrat, juga memiliki kandungan kalsium dan vitamin c cukup tinggi. Tentunya cocok disantap untuk menambah energi selama menjalani puasa. Berikut Travelingyuk sajikan ragam olahan terong yang bisa dijadikan inspirasi hidangan berbuka.

1. Perkedel terong

Perkedel Terong
Perkedel Terong via Instagram ratnaine

Siapa sangka jika terong ternyata juga bisa dimasak ala perkedel. Mempersiapkannya juga mudah, potong terong menjadi dua bagian panjang. Berikutnya tambahkan adonan daging dan kentang di bagian atasnya.Goreng hingga matang. Sajian ini akan lebih nikmat jika disajikan dengan saus sambal.

2. Pizza terong

Pizza terong
Pizza terong via Instagram vidyaanggita

Selain di kawasan Asia, terong juga mudah ditemui di beberapa wilayah seperti Amerika, Inggris, dan Afrika Selatan. Tak heran jika ada beragam jenis olahan terong unik muncul di berbagai belahan dunia. Salah satunya adalah pizza. Alih-alih menggunakan daging cincang atau sosis, topping-nya justru memanfaatkan terong.

3. Terong Gulung

Terong gulung
Terong gulung via Instagram vaniadanella

Tentunya akan membosankan jika hanya menyantap terong sebagai sambal penyetan atau teman lalapan. Mengolahnya jadi makanan unik akan membuat selera makan lebih meningkat. Salah satu yang bisa dicoba adalah Terong Gulung. Kelezatannya bakal bikin ketaghan, karena isiannya terdiri dari ayam fillet, jamur, dan wortel.

4. Terong Sambal Bawang

Terong Sambal Bawang
Terong Sambal Bawang via Instagram dapurmbokdhemi

Ragam olahan terong yang satu ini tentu sudah tak asing bagi sebagian orang. Umumnya buah berwarna ungu tersebut memang disajikan sebagai teman makan sambal. Apalagi jika sebelumnya terong digoreng matang dalam minyak panas, rasanya sungguh luar biasa.

5. Terong Bolognese

Terong ala Italia dengan lelehan keju
Terong ala Italia dengan lelehan keju via Instagram Pixabay

Dianggap sebagai makanan kelas rendah oleh banyak orang, terong sebenarnya bisa menghasilkan citarasa berkelas Internasional. Bagi yang ingin merasakan petualangan kuliner ala Italia, bisa coba mengombinasikan terong dengan saus bolognese. Dijamin akan bikin lidah bergoyang dan jangan terkejut jika rasanya begitu lezat.

6. Semur Terong

Semur terong
Semur terong via Instagram listianah_tri

Semur biasanya dimasak dengan bahan baku daging. Namun jika ingin sesuatu yang lebih sehat atau mungkin sedang berhemat, menggunakan terong juga tak ada salahnya. Sajian sederhana ini bakal terasa lebih nikmat jika disantap bersama nasi hangat. Melihatnya saja sudah bikin ngiler.

7. Pasta Terong

Pasta Terong
Pasta Terong via Instagram lily.cooks.and.eat

Selama ini orang mengenal pasta sebagai hidangan kelas atas. Topping yang digunakan pun tak jauh-jauh dari daging cincang, sosis, keju, atau paprika. Namun ternyata, terong juga bisa jadi pendamping yang pas untuk pasta lho. Tak percaya? Coba saja sendiri dan buktikan kelezatannya.

8. Terong Kipas

Terong kipas
Terong kipas via Instagram resepindonesia

Dari penampilannya saja hidangan satu ini seolah memohon untuk segera disantap. Bentuknya unik karena dipotong sedemikian rupa hingga menyerupai kipas. Bumbunya sederhana, cukup memakai minyak zaitun, garam, dan lada hitam. Semua orang bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

9. Sushi

Sushi dengan isian terong
Sushi dengan isian terong (c) Pixabay

Sushi pun ternyata juga bisa dikreasikan dengan bermacam gaya. Perpaduan terong, nori, dan alpukat, plus saus mirin, menghasilkan citarasa unik nan menyegarkan. Pas sekali untuk mereka yang sedang ingin mengisi perut, namun tak ingin menyantap makanan berat.

Itulah tadi deretan ragam olahan terong yang mungkin selama ini belum banyak diketahui. Sebagian termasuk masakan sederhana dan bisa dicoba sendiri di rumah. Bagi yang masih bingung ingin buka dengan apa hari ini, semoga bisa menjadi inspirasi.

Tags
kuliner terong
Share