Rafting Sungai Bingei, Menantang Derasnya Air di Langkat

Rero Rivaldi

Rero Rivaldi

On Indonesia
Rafing Sungai Bingei Rafing Sungai Bingei

Menghabiskan liburan dengan bersantai di pinggir pantai atau menikmati pemandangan indah di area perbukitan mungkin sudah biasa. Bagi sobat traveler yang mendambakan sesuatu berbeda, tak ada salahnya menantang diri sendiri. Cobalah agenda pelesir tak biasa, seperti rafting sungai Bingei.

Sungai Bingei merupakan salah satu titik rafting terkenal di Kabupaten Langkat. Trek-nya cukup menantang, namun bervariasi dan bisa dicoba hampir semua golongan usia. Inilah destinasi tepat bagi mereka yang mengaku pecandu tantangan pemacu adrenalin.

Cocok untuk Segala Usia

Rafting mengasyikkan di Bingei
Rafting mengasyikkan di Bingei via Instagram rizal_m.nasir

Sungai Bingei terletak di Kabupaten Langkat. Arusnya cukup deras, namun tak terlalu membahayakan. Airnya juga jernih dan terasa sangat menyegarkan saat menyentuh kulit. Sensasinya sungguh unik, terutama ketika dirasakan di tengah tingginya kecepatan luncuran perahu karet sembari mengarungi jeram.

Bingei membentang antara tujuh hingga 10 kilometer, tergantung jalur yang dipilih. Total ada tiga rute jeram yang berbeda, masing-masing punya tantangan dan karakteristik tersendiri. Meskipun karakter sungai berbatu, aktivitas arung jeram di Bingei aman dilakukan oleh anak-anak usia tujuh tahun hingga orang dewasa.

Tingkat Kesulitan Bervariasi

Keseruan saat arung jeram
Keseruan saat arung jeram via Instagram tobacaldera_outbound

Rafting Sungai Bingei cocok sekali bagi sobat traveler yang baru pertama mendalami olahraga atau aktivitas arung jeram. Sebab ada tiga jalur dengan tingkat kesulitan berbeda yang bisa dipilih. Rute pertama disebut Family Trip, panjangnya sekitar tiga kilometer – dimulai dari base camp hingga Alam Indah.

Bagi yang merasa ingin menaikkan level tantangan, bisa mencoba rute menengah yang sering juga disebut rute Namo. Perjalanan di atas perahu karet akan memakan waktu hingga dua jam dengan jarak sekitar tujuh kilometer dan berakhir di Bendungan Namu Sira-Sira.

Menantang derasnya aliran sungai
Menantang derasnya aliran sungai via Instagram tobacaldera_outbound

Terakhir ada rute terpanjang yang dimulai dari Desa Lau Seridi hingga sampai pada titik terakhir di Bendungan. Jaraknya membentang hingga 10 kilometer. Rute ini sebaiknya hanya diambil oleh mereka yang sudah biasa melakukan rafting atau olahraga ekstrem, karena sangat menguras tenaga.

Menantang Derasnya Air di Langkat

Meluncur di bendungan
Meluncur di bendungan via Instagram ivantanjoeng8

Derasnya aliran Sungai Bingei dijamin bakal memberikan sensasi tantangan yang bikin ketagihan. Kedalaman sungainya bervariasi, menghasilkan pengalaman unik tak terlupakan. Tak cuma itu, para pengunjung juga bisa beristirahat sejenak di tengah perjalanan.

Biasanya pemandu akan memberikan brief khusus untuk menepi dan mengarahkan perahu ke area perbukitan. Dari sini pengunjung bisa menguji nyali dengan lompat dari ketinggian dan langsung menembus permukaan air alias cliff jumping. Sungguh bakal jadi pengalaman liburan yang unik bukan?

Sungai menawan nan menantang
Sungai menawan nan menantang via Instagram binsarbakkara

Menemukan lokasi rafting Sungai Bingei seharusnya tidak terlalu sulit. Ada banyak papan petunjuk di sepanjang jalan menuju destinasi menarik ini. Jaraknya juga tak begitu jauh, hanya sekitar 20 kilometer dari Binjai dan 40 kilometer dari Medan.

Itulah tadi sekilas gambaran mengenai pesona keindahan dan tantangan yang siap menanti para pelancong di rafting Sungai Bingei. Jika sobat traveler sedang berminat mencari destinasi tak biasa atau siap menantang diri sendiri di musim liburan kali ini, bisa mempertimbangkan datang ke Langkat.