Rabeg Haji Naswi, Diolah dengan Cara Tradisional Sejak Tahun 1980-an

Rabeg merupakan kuliner khas Serang yang berbahan dasar daging kambing. Cita rasa dari kuliner ini cenderung manis, pedas, dan gurih. Merupakan kuliner yang diadaptasi dari Arab. Jika dilihat sekilas, sajian ini mirip dengan semur yang dicampur dengan tongseng. Di Serang ada salah satu penjual rabeg yang legendaris, yakni Rabeg Haji Naswi. Seenak apa?

Sejarah Berdirinya Rabeg Haji Naswi

Rabeg khas Serang, via Instagram/v.hanny.s
Rabeg khas Serang, via Instagram/v.hanny.s

Dahulu, rabeg ternyata merupakan salah satu hidangan wajib Istana Kesultanan Banten. Warung H. Naswi menjadi salah satu yang melestarikannya. Sekarang usaha ini telah dipegang oleh generasi ketiga. Dengan citarasanya yang nikmat, tempat kuliner ini laris manis hingga sekarang. Hampir selalu menjadi jujukan jika orang-orang mencari rabeg yang enak.

Masih Menggunakan Cara Masak Tradisional

Bikin nafsu makan jadi naik, via Instagram/bobbynurulkamalBikin nafsu makan jadi naik, via Instagram/bobbynurulkamal
Bikin nafsu makan jadi naik, via Instagram/bobbynurulkamal

Rabeg Haji Naswi memiliki rasa orisinil karena pengolahannya masih tradisional. Bahkan, untuk menghaluskan bumbu juga menggunakan cara yang manual, yaitu dengan ditumbuk. Inilah yang membuat citarasanya tetap terjaga.

Rabeg daging kambing, via Instagram/clara_zeta_jones
Rabeg daging kambing, via Instagram/clara_zeta_jones

Untuk bumbu-bumbunya ada bawang merah, lada putih, bawang putih, cabau rawit, kayu manis, jahe, lengkuas, pala, serai dan juga daun salam. Rabeg sendiri sebenarnya memiliki arti daging yang diremat atau semua isian hewan kambing yang cara masaknya dihancurkan. Tempat makan di Serang ini juga menyuguhkan menu lain seperti sop, nasi uduk, soto, ayam goreng, nasi timbel, dan juga ayam bakar.

Alamat Rabeg Haji Naswi yang Legendaris

Daging jeroan yang nikmat, via Instagram/wahyu.dwiprasetyoo
Daging jeroan yang nikmat, via Instagram/wahyu.dwiprasetyoo

Rabeg Haji Naswi berada di Jl. Mayor Syafei No. 30, Kota Serang, Banten. Buka mulai dari jam 09:00 hingga 03:00 WIB. Harganya cukup terjangkau. Menu-menu yang ditawarkan di sini dibanderol Rp17.000 hingga Rp20.000 saja. Harga yang cukup terjangkau untuk ukuran kuliner legendaris.

Olahan kambing yang nikmat, via Instagram/adit_w810
Olahan kambing yang nikmat, via Instagram/adit_w810

Teman Traveler yang gemar menikmati olahan kambing, Rabeg khas Serang, Banten satu ini perlu untuk dicicipi. Tempatnya sudah puluhan tahun beroperasi, rasanya pun tak perlu dipertanyakan. Jadi, kapan kamu mencicipi kuliner legendaris Banten satu ini?

Tags
Indonesia kuliner Rabeg Haji Naswi Serang
Share