Puri Saren Agung, Megahnya Istana Raja Ubud

Panorama cantik dan hawa sejuk khas Ubud, sudah lama memikat wisatawan mancanegara maupun Nusantara. Kawasan ini kerap dipilih mereka yang lebih suka dengan suasana liburan sepi, jauh dari kepadatan
kota. Salah satu sudut Ubud menyimpan peninggalan budaya leluhur yang masih terjaga sampai saat ini. Pantang dilewatkan jika Teman Traveler sedang liburan di Bali, yaitu Puri Saren Agung .

Mudah Dijangkau dari Denpasar

Masih kokoh berdiri hingga kini (c) Rosita/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang menyukai wisata budaya dan sejarah, Puri Saren Agung Ubud masuk dalam list perjalanan kalian di Bali. Lokasinya sangat strategis, berada di jalan utama Ubud. Seperti yang mungkin kalian tahu, wisata Bali ini termasuk pusat wisata dan kerap ramai dengan lalu-lalang wisatawan.

Puri Saren Agung bisa Teman Traveler temukan tepat di seberang Pasar Seni Ubud. Jika kalian berangkat dari Denpasar, butuh perjalanan kurang lebih satu jam sebelum bisa sampai sini.

Saren Agung juga berdekatan dengan beberapa tempat menakjubkan di Ubud, seperti Monkey Forest, Bukit Campuhan, Terasering Tegalalang, Pura Goa Gajah, Gunung Kawi, serta Pura Tirta Empul Tampaksiring. Jika ingin menjelajah semuanya, tak ada salahnya Teman Traveler menginap di sekitar sini.

Wisata Sejarah dan Budaya

Pintu masuk Puri (c) Rosita/Travelingyuk

Puri Saren Agung menawarkan daya tarik sejarah budaya yang pantang dilewatkan, terutama jika kalian sedang berada di kawasan Ubud. Bangunan megah ini merupakan peninggalan budaya leluhur Bali yang masih terawat dengan baik hingga kini. Untuk mengunjungi tempat ini, kalian tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis.

Begitu menjejakkan kaki di dalam kawasan istana, sejauh mata memandang akan nampak sudut-sudut unik dengan gaya arsitektur khas. Segera setelah melewati gapura, Teman Traveler akan langsung mengakui kemegahan tempat tinggal raja ini. 

Salah satu sudut populer di Puri Saren Agung (c) Rosita/Travelingyuk

Jika sudah merasa lelah usai berkeliling, Teman Traveler bisa santai sejenak di bale-bale yang sudah disediakan. Nikmati duduk santai sambil memandangi keindahan bangunan Puri yang begitu indah. Tak heran jika kebanyakan wisatawan yang mampir ke sini pasti menyempatkan waktu untuk berfoto-foto.

Tempat Tinggal Raja Ubud

Wisatawan lalu-lalang di sekitar Puri (c) Rosita/Travelingyuk

Ubud telah lama jadi primadona wisatawan, namun tak banyak yang tahu bahwa kawasan ini dulunya pernah jadi pusat kerajaan yang dipimpin oleh Raja Ubud. Puri Saren Agung sendiri merupakan tempat tinggal Sang Penguasa.

Hingga kini keberadaan Puri masih terjaga dengan baik. Desain, tata ruang
serta ciri bangunan tradisional khas masih terlihat jelas di sini. Keindahannya tak hanya memukau wisatawan lokal, namun juga asing. Tak heran jika ketika berkunjung ke sini Teman Traveler akan lebih banyak menemui turis mancanegara.

Pantang dilewatkan jika berada di Ubud (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Puri Saren Agung Ubud. Tunggu apalagi Teman Traveler, segera wujudkan rencana liburan ke Bali dan masukkan tempat ini dalam daftar kunjungan kalian. Selamat jalan-jalan!

Tags
Bali kontributor puri saren agung Travelingyuk wisata bali
Share