Tirta Empul, Pura Bali yang Pernah Bikin Obama dan Pangeran Arab Takjub

Bicara mengenai objek wisata di Bali memang takkan pernah ada habisnya. Selain objek bernuansa alam seperti air terjun dan pantai, Pulau Dewata juga punya banyak situs budaya yang tak kalah asyik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pura Tirta Empul yang berada di kawasan Manukaya, Tampaksiring.

Tirta Empul adalah salah satu pura atau kuil kuno yang hingga kini masih kokoh berdiri di Bali. Didirikan pada tahun 926 Masehi, pura Hindhu ini diklaim sebagai salah satu yang terbesar dan tersibuk di Indonesia. Jika dilihat dari arsitektur dan relief yang ada di dalamnya, Tirta Empul konon dibangun khusus sebagai bentuk dedikasi pada Dewa Air Wisnu.

Tirta Empul dipercaya merupakan sumber air suci via Instagram ferchavidal88

Lantas apa saja keistimewaan lain dari Tirta Empul, yang kabarnya juga pernah memukau Mantan Presiden AS Barack Obama dan Pangeran Arab Fahad ini? Daripada penasaran, berikut TravelingYuk berikan penjelasan lengkapnya.

1. Sumber air suci

Seorang turis berfoto di pemandian Tirta Empul via Instagram kazumi1986

Nama Tirta Empul bukan nama yang sembarangan diberikan. Dalam bahasa Bali, Tirta Empul memiliki makna sumber atau mata air suci. Tak heran jika banyak umat Hindhu datang tiap hari, khusus untuk melakukan ritual penyucian diri di kolam khusus yang ada di pura satu ini.

Kolam atau biasa disebut pertirtaan, memang menjadi salah satu daya tarik utama Pura Tirta Empul jika dilihat dari sisi religiusnya. Dulunya, sumber air di pura ini sering dimanfaatkan penduduk sekitar dan juga pengunjung untuk minum, mandi, serta kegiatan sehari-hari lainnya. Namun pada Agustus 2017 silam kualitas air di Tirta Empul dinyatakan sudah mengalami penurunan dan dilarang untuk diminum karena dinyatakan mengandung bakteri E Coli.

2. Terdiri dari tiga bagian

Arsitektur yang ada di Tirta Empul via Instagram ling.spots

Tirta Empul didirikan di lokasi yang awalnya memang merupakan sebuah sumber mata air. Menurut catatan sejarah, pura satu ini sudah ada sejak zaman Dinasti Warmadewa, yang berkuasa antara Abad ke-10 hingga 14. Mata air yang ada di sini berasal dari aliran Sungai Pakerisan.

Pura Tirta Empul sendiri dipecah menjadi tiga bagian: Jaba Pura di depan, Jaba Tengah di sisi tengah, dan Jeroan. Jaba Tengah biasanya menjadi bagian paling sibuk. Di sisi ini terdapat dua tempat pemandian terbuka atau kolam dan 30 pancuran. Umat Hindhu biasanya sering melakukan ritual penyucian diri di sini.

3. Istana Tampak Siring

Salah satu sudut Istana Tampaksiring via Instagram detegoindonesia

Tak jauh dari kompleks Pura Tirta Empul, terdapat sebuah bangunan berarsitektur khas Bali berdiri megah di area perbukitan. Bangunan yang dikenal sebagai Istana Tampak Siring ini dibangun khusus atas prakarasa Presiden Soekarno pada 1950an. Hingga kini bangunan itu masih berdiri dengan kokoh dan difungsikan sebagaimana mestinya.

Bukan hanya presiden, tempat ini juga sering digunakan untuk menjamu sejumlah tamu kenegaraan atau orang penting yang sedang berkunjung ke Bali. Sayangnya, tempat ini tidak bisa dengan bebas dieksplorasi oleh wisatawan karena ada beberapa ruangan yang disegel dengan pembatas khusus.

4. Pernah dikunjungi Barack Obama dan Pangeran Arab

Salah satu patung dan ukiran yang ada di Tirta Empul via Instagram biayuriy

Keindahan dan kisah sejarah panjang Pura Tirta Empul rupanya sudah terdengar hingga ke luar negeri. Tak heran jika banyak wisatawan asing sering memasukkan lokasi ini dalam agenda mereka ketika sedang berada di Pulau Dewata. Bahkan tamu penting sekelas mantan presiden AS, Barack Obama, dan Pangeran Arab, Fahad, pun pernah berkunjung ke Tirta Empul.

Pemerintah Bali sendiri sudah berupaya keras untuk membuat popularitas Pura Tirta Empul semakin mendunia. Salah satunya dengan memasukkannya dalam daftar pengusulan Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1995 silam.

5. Buka tiap hari

Gerbang Tirta Empul sering jadi tempat foto via Instagram leejllf

Sama seperti pura lainnya di Bali, Tirta Empul siap menerima pengunjung tujuh hari seminggu. Wisatawan bisa datang dan melihat-lihat keindahan pura ini mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Tiketnya pun cukup murah, 15 ribu untuk pengunjung dewasa dan 7,5 ribu untuk anak-anak.

Tirta Empul terletak tak jauh dari kota Tampaksiring yang ada di desa Manukaya. Desa ini bisa dicapai dengan 30 menit berkendara dari wilayah Ubud Utara. Menemukan pura ini termasuk relatif mudah karena di sepanjang jalan sudah ada banyak petunjuk tersedia.

Itulah tadi beberapa keistimewaan dan juga informasi yang perlu diketahui dari Pura Tirta Empul. Pastikan luangkan waktu untuk mengunjungi tempat ritual penyucian umat Hindhu yang indah ini jika kebetulan sedang berada di Bali.

Tags
Bali tirta empul Wisata
Share