Pura Taman Ayun Mengwi, Terapung Megah di Atas Danau

Bali punya banyak pura dengan kekhasan masing-masing. Beberapa di antaranya tak sekedar berfungsi sebagai tempat peribadatan, namun juga destinasi wisata. Salah satunya adalah Pura Taman Ayun Mengwi di Badung. Bangunannya tampak begitu megah, terlihat seolah terapung di atas danau dari kejauhan.

Sejarah Pura Taman Ayun Mengwi

img_8116_Xs7.jpg
Pura Taman Ayun (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Pura Taman Ayun di Mengwi ini dibangun Raja Mengwi, I Gusti Agung
Putu, pada 1634 masehi. Struktur megah yang berada di sisi utara desa ini digunakan sebagai tempat pemujaan roh-roh leluhur. Seiring berjalannya waktu, pura lantas ditetapkan sebagai paibon atau pura utama Kerajaan Mengwi.

Daya Tarik Utama

img_8326_cgS.jpg
Gapura yang menyambut kedatangan pengunjung (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Taman Ayun dalam bahasa Bali bermakna ‘taman cantik’. Sungguh sebuah nama yang sesuai, lantaran pemandangan di sekitar pura ini memang sungguh indah. Teman Traveler bisa melihat sebuah kolam cantik yang mengelilingi kompleks pura di atas lahan seluas empat hektar.

Dari kejauhan kolam ini nampak seperti gelang air, membuat bangunan utama pura seolah mengapung di atas permukaan air. Pemandangan apik ini terasa makin lengkap dengan hadirnya rimbunan pohon dan bunga di sekitarnya.

Lokasi Pura

img_8331_cof.jpg
Berfoto di lokasi pura (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Sesuai namanya, pura ini beralamat di Jalan Ayodya, Kecamatan Mengwi,
Kabupaten Badung, Bali. Jika berangkat dari kawasan wisata Seminyak, Teman Traveler bakal menempuh jarak sekitar 25 kilometer ke Jalan Kerobokan, dengan waktu tempuh sekitar satu jam 10 menit. Namun perjalanan bisa lebih lama jika jalanan sedang macet.

Bila tidak menumpang kendaraan pribadi, Teman Traveler bisa memanfaatkan angkutan umum jurusan Denpasar – Singaraja atau Denpasar – Bedugul. Mintalah turun di persimpangan jalan Desa Mengwi dan lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 250 meter. 

Tiket Masuk

img_8126_ItO.jpg
Berpose di depan komplek pura (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Untuk menikmati keindahan dan kemegahan pura ini, Teman Traveler akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp20.000 untuk wisatawan asing. Jika kalian menumpang kendaraan pribadi, wajib merogoh kocek Rp2.000 (motor) atau Rp5.000 (mobil) untuk biaya parkir.

Terkait jam operasional, Pura Taman Ayun bisa dikunjung mulai pukul 08.00 hingga 17.00 setiap hari. Bagaimana Teman Traveler, tertarik mampir ke sini ketika sedang menjelajah wisata Bali? Jangan lupa memasukkannya dalam daftar destinasi yang hendak kalian kunjungi ya.

Tags
Bali kontributor Travelingyuk wisata bali
Share