Pura Mobil Bali, Tempat Ibadah Unik di Nusa Penida yang Sayang untuk Dilewatkan

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia
Pura Unik Bentuk Mobil di Nusa Penida, Bali Pura Unik Bentuk Mobil di Nusa Penida, Bali

Bali juga dikenal sebagai Pulau Seribu Pura. Ada ribuan tempat ibadah, namun yang satu ini sungguh menarik perhatian. Pura Paluang di Nusa Penida ini punya pelinggih berbentuk mobil. Oleh karena itu lebih dikenal dengan sebutan Pura Mobil, maupun Car Temple istilah dari pelancong asing yang vakansi ke Bali. Penasaran kok bisa begitu? Yuk disimak ulasan berikut.

Bentuk Pura Unik di Bali

Pura Unik Berbentuk Mobil via Instagram @rullicious
Pura Unik Berbentuk Mobil via Instagram @rullicious

Pura Paluang berlokasi di Sebun Ibus, Desa Karangdawa, Nusa Penida. Tempat ibadah ini terbuat dari batu pasir putih dengan kuil berbentuk rumah kecil diantara pelinggih berbentuk mobil jeep dan VW, yang terbuat dari batu. Para sesepuh di desa ini tidak tahu persis bagaimana car temple ini muncul, namun diyakini sudah ada sebelum mobil dikenal di Indonesia.

Konon Sudah Ada Semenjak 300 Tahun Lalu

Konon Sudah Ada Semenjak 300 Tahun Lalu via Instagram @andrey.fazlyev
Konon Sudah Ada Semenjak 300 Tahun Lalu via Instagram @andrey.fazlyev

Meski tidak ada yang tahu pasti mengenai asal usulnya, namun ada yang menyebutkan bahwa pelinggih berbentuk unik tersebut sudah ada semenjak 300 tahun lalu. Konon berasal dari gambaran seorang pawisik Ida yang di alam niskala mempunyai kendaraan mobil. Akhirnya penduduk sekitar diminta membuat pelinggih bentuk kendaraan tersebut.

Pura Paluang Berkesan Mistis

Pura Paluang, Nusa Penida via Instagram @greeetaavi
Pura Paluang, Nusa Penida via Instagram @greeetaavi

Pura mobil di Bali ini menyimpan banyak misteri. Selain asal usulnya yang belum terpecahkan, terkadang orang-orang mendengar adanya suara mesin mobil ketika malam tiba. Aura mistis di tempat ini semakin bertambah dengan adanya patung-patung klasik yang bagiannya sudah tidak utuh. Beberapa tinggal badan, ada yang hanya kepala saja.

Keistimewaan Lain Pura Mobil

Monyet Berkeliaran di Sekitar Pura via Instagram @cam_cuche
Monyet Berkeliaran di Sekitar Pura via Instagram @cam_cuche

Pura mobil di Bali ini dikelilingi oleh sekumpulan monyet, namun mereka tidak sampai masuk ke pelataran. Tidak hanya pelinggih berbentuk unik, atraksi menarik lainnya adalah gua di bawah pura. Sayangnya hanya orang-orang tertentu saja yang boleh memasukinya. Istimewanya lagi, di dalam gua terdapat gamelan gong dari batu padas.

Teman Traveler yang ingin singgah di Pura Paluang akan menghadapi medan yang tidak mudah. Sebab harus melalui jalan pasir, letaknya pun di atas tebing. Jadi kalau ke sini siapkan fisik dan mental ya. Bagaimana, tertarik melihat Pura Mobil dari dekat?