Keheningan di Pura Mengening Bali, Menyepi Yuk

Pernahkah Teman Traveler mendengar soal Pura Mengening di Tampaksiring, Bali? Lokasi tepatnya ada di Jalan Tirta, Sareseda. Pura yang jadi salah satu cagar budaya di Pulau Dewata ini berada lumayan jauh dari jalan raya. Suasana di sekitarnya sangat tenang, tidak terdengar suara berisik khas jalanan.

Tak Ada Tiket Masuk

Pura Mengening (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Tak ada tiket masuk untuk memasuki kawasan cagar budaya ini. Teman Traveler cukup mengisi buku tamu dan memberi sumbangan sesuai kemampuan. Ada kalanya penjaga tak memungut biaya sama sekali untuk WNI, namun tak jarang pula mereka menentukan sumbangan minimal Rp20.000 untuk turis asing.

Menjelajah Pura Sembari Kenakan Sarung

Kolam ikan (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Begitu rampung mengisi daftar isi, jangan lupa mengenakan sarung. Jika tak membawa, Teman Traveler bisa meminjam ke penjaga pura. Berikutnya kalian tinggal masuk dan menuruni ratusan anak tangga hingga sampai di depan kolam ikan berukuran lumayan besar.

Persembahan harian (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Keberadaan kolam ini membuat panorama sekitar terasa semakin sejuk. Apalagi kawasan sekitar pura didominasi pepohonan hijau berukuran besar. Benar-benar memanjakan mata.

Bisa Digunakan untuk Mandi

Pura Mengening (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Turun lagi, Teman Traveler akan menemukan kolam lain yang dibagi menjadi dua bagian, laki-laki dan perempuan. Air di sini sangat jernih dan menyegarkan. Warga sekitar biasa menggunakannya sebagai tempat mandi atau membersihkan diri saat hari raya besar. Jika kalian ingin mandi di sini, wajib mengenakan sarung khusus.

Kolam untuk wanita (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Namun demikian ada banyak anak tangga menuju kolam. Semuanya berlumut dan licin. Jadi Teman Traveler harus hati-hati agar tidak terpeleset, terutama setelah hujan dan dalam kondisi basah.

Saya sendiri begitu antusias melihat jernihnya air di kolam ini, sehingga sempat jatuh terpelanting. Teman Traveler jangan sampai mengalami hal sama ya.

Bukan Destinasi Mainstream

Pura Mengening (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Seperti biasa, lantaran Pura Mengening bukan wisata Bali mainstream dan jarang diketahui, suasana di sekitarnya cukup hening. Pura ini bisa jadi pilihan bagi Teman Traveler yang ingin menenangkan diri dari hiruk-pikuk kota.

Itulah sekilas ulasan mengenai Pura Mengening. Jangan sampai lewatkan jika Teman Traveler sedang liburan di sekitar Bali.

Tags
Bali kontributor Travelingyuk wisata bali
Share