Serasinya Merapi dan Merbabu Dinikmati dari Punthuk Mongkrong Magelang

Nama Punthuk Mongkrong mungkin masih asing di telinga kalian, berbeda dengan Punthuk Setumbu yang jauh lebih populer. Namun keindahan yang ditawarkan Punthuk ini dijamin tidak akan mengecewakan kalian. Penasaran? Yuk simak keindahan berikut ini.

Punthuk Tertinggi di Jawa Tengah

img_4157_1O3.JPG
Sunrise di Punthuk Mongkrong (c) Hendriana/Travelingyuk

Punthuk Mongkrong diklaim sebagai punthuk tertinggi yang ada di Jawa Tengah, dibandingkan dengan Punthuk Setumbu, Punthuk Sukmoyo serta Punthuk Gupakan. Punthuk ini memiliki ketinggian sekitar 624mdpl. Lokasinya berada di Desa Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah dengan jarak sekitar 5km dari Candi Borobudur.

Pemandangan yang Luar Biasa

img_4187_ok4.JPG
Dari kanan-kiri : Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro (c) Hendriana/Travelingyuk

Berada di puncak perbukitan tertinggi seperti di sini maka kalian akan langsung disuguhkan empat gunung sekaligus. Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Jika kalian beruntung, Candi Borobudur juga akan terlihat dari Punthuk Mongkrong.

Pohon Selfie Punthuk Mongkrong

img_4176_7fO.JPG
Pohon Selfie Punthuk Mongkrong (c) Hendriana/Travelingyuk

Di sebelah jembatan berbentuk huruf V, terdapat Pohon Tunggal yang bisa kalian naiki maksimal 2 orang. Di pohon ini kalian bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Tetapi yang harus kalian ingat adalah tetap berhati-hati karena Pohon Tunggal ini berada di pinggir tebing dan cukup tinggi. Bagi kalian yang takut akan ketinggian kalian bisa memakan hernest  atau tali pengaman yang dipakai di pinggang sebagai alat pengaman.

Untuk berfoto di pohon ini, kalian tidak perlu membayar lagi hanya saja yang perlu diingat kalian tidak bisa terlalu lama karena banyak pengunjung yang antri.

Fajar dan Senja Alasan Utama Datang ke Sini

img_4208_azY.JPG
Gunung Merapi dan Gunung Merbabu (c) Hendriana/Travelingyuk

Punthuk Mongkrong jadi lokasi yang strategis untuk melihat keindahan sunrise dan sunset. Maka tak heran banyak pengunjung yang datang pada saat fajar (sunrise) dan senja (sunset). Bagi kalian yang suka menikmati mentari di pagi hari maupun sore hari kalian bisa merencanakan liburan atau menghabiskan weekend kalian di tempat ini.

img_4160_O9R.JPG
Keindahan alam Punthuk Mongkrong (c) Hendriana/Travelingyuk

Rusaknya Jalan Menuju Lokasi dan Minimnya Fasilitas Umum

img_4190_158.JPG
Panorama Punthuk Mongkrong (c) Hendriana/Travelingyuk

Perjalanan menuju lokasi ini tidak mudah seperti yang kalian bayangkan. Arah petunjuk menuju tempat ini memang sudah ada, tetapi sementara ini jalan hanya dapat dilalui dengan kendaraan beroda dua saja. Kondisi kendaraan roda dua atau motor diharapkan benar-benar prima dan normal.

Karena tanjakan jalan menuju ke sini pada awalnya cukup landai dan tidak terlihat curam. Lalu perlahan-lahan kondisi jalan mulai menyempit dan pengguna sepeda motor disambut tanjakan tajam dan terlihat tidak ada jeda.

Di musim kemarau air di WC umum pun tidak ada, dan pintu kamar mandi yang hanya terbuat dari bambu membuat kalian harus ekstra waspada saat menggunakan WC umum ini. Semoga seiring ramainya pengunjung yang datang ke tempat ini, masyarakat setempat dapat memperbaiki dan melengkapi fasilitas umum menjadi lebih baik lagi.

Sehingga, makin banyak pengunjung yang datang ke tempat ini makin banyak pula pendapatan kas desa yang dapat digunakan untuk memperbaiki jalan dan fasilitas umum di sini.

Demikian keindahan Punthuk Mongkrong yang indah

Tags
Indonesia Jawa Tengah kontributor Magelang Punthuk Mongkrong Travelingyuk
Share