Puncak Panguk, Surga Berkabut di Ketinggian Yogyakarta

Advertisement

Selain memiliki keindahan garis pantai dan juga deretan gua yang bisa digunakan untuk tubing. Yogyakarta juga memiliki cukup banyak wisata baru yang ngehits dan menjadi incaran banyak wisatawan baik dari dalam kota maupun kawasan sekitar. Salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi itu bernama Puncak Panguk yang memiliki pemandangan perbukitan hijau super magis.

Destinasi yang terletak di kawasan imogiri ini menawarkan keseruan dan keindahan dalam sekali waktu. Kamu bisa memanjat ke gardu pandang dan menyaksikan pemandangan luar biasa terutama saat bagi tiba. Berikut ulasan lengkap tentang Puncak Panguk yang merupakan surga berkabut ala ketinggian Yogyakarta.

Akses Mudah dan Banyak Spot Menarik

Bukit Panguk [image source]
Untuk sampai ke kawasan Puncak Panguk, kamu tidak membutuhkan banyak waktu dan juga usaha. Berbeda dengan beberapa destinasi pegunungan yang membutuhkan perjalanan kaki cukup panjang. Kamu cukup menggunakan sepeda motor dengan performa terbaik dan datang ke kawasan yang memiliki kontur tanah cukup bergelombang ini.

akses mudah dan indah [image source]
Disarankan untuk berangkat dari kawasan Bantul dan menuju kawasan Dlingo. Kamu bisa menggunakan GPS karena lokasinya mudah dijangkau. Tiba di Dlingo, kamu bisa memacu kendaraan ke kawasan Mangunan lalu ke Kediwung. Oh ya sekitar 2 kilometer sebelum lokasi medan cukup sulit. Jadi harap berhati-hati agar tidak mengalami kecelakaan.

Sejauh Mata Memandang, Instagramable

Pemandangan Instagramable [image source]
Tiba di lokasi, kamu akan disambut oleh pemandangan super hijau. Sejauh mata memandang hanya ada rerimbunan hutan, bukit, dan juga sungai yang mengalir di bawah. Sebelum kamu naik ke gardu pandang sekali pun, suasana di sekitar bisa kamu jadikan objek foto. Seperti subjudul di atas, sejauh mata memandang semuanya instagramable.

Semua indah [image source]
Begitu kamu memanjat gardu pandang dan berdiri di atas sana. Kemagisan yang menjadi daya tarik dari tempat ini langsung keluar. Bukit hijau berjajar di ujung jauh sangat memukau hingga rasanya kamu ingin terus ada di sana. Oh ya, saat berada di atas gardu pandang diharapkan hati-hati ya. Bagian bawah dari bangunan kayu itu sudah jurang yang dalam.

Memburu Pagi Berkabut yang Magis

Pagi berkabut [image source]
Ada dua tipe pengunjung yang datang ke sini. Pertama tipe yang datang siang hari dan pagi buta. Mereka yang datang saat siang hari hanya bisa menyaksikan pemandangan hijau nan indah tanpa kabut. Biasanya kabut hanya datang saat pagi atau sore hari. Jadi, kalau kamu ingin menyaksikan magisnya pemandangan berkabut, silakan datang pagi buta.

sunrise di ketinggian Yogyakarta [image source]
Mereka yang rela datang saat pagi buta biasanya mendapatkan pemandangan super magis. Perbukitan berkabut, samar-sama warna hijau dari pepohonan, dan bias cahaya kuning keemasan dari sunrise. Benar-benar spektakuler sehingga kalau kamu berpose atau mengambil foto, hasilnya akan sangat indah.

Murah Meriah dan Fasilitas Cukup Lengkap

Wisata murah meriah [image source]
Puncak Panguk adalah wisata baru yang murah meriah. Bayangkan, untuk datang ke sini, kamu hanya dimintai biaya parkir sekitar Rp2.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk mobil. Dengan harga yang super murah ini, kamu tidak akan menyesal karena apa yang didapatkan jauh lebih banyak dan berharga.

fasilitas lumayan lengkap [image source]
Fasilitas di sana sudah lumayan lengkap. Pengunjung bisa bersantai-santai di warung sekitar Puncak Panguk kalau kelelahan. Bagi mereka yang sudah puas berfoto-foto bisa duduk di tempat yang sudah disediakan dengan pemandangan perbukitan hijau yang memikat. Jadi, puas-puaskan untuk menyaksikan keindahan dari Puncak Panguk yang istimewa ini.

Inilah sedikit uraian tentang Puncak Panguk yang sangat indah itu. Kalau kamu sedang berada di Yogyakarta, jangan lupa untuk mampir ke sini. Kosongkan semua memori kamera karena kalau sudah ada di sini penginnya foto-foto terus.

Lokasi:

Kediwung, Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783, Indonesia

Operasional: 24 jam tapi standarnya 05.00-18.00

Informasi lokasi: +62 856-4684-1416

Advertisement
Tags
wisata alam yogyakarta Wisata Yogyakarta Yogyakarta
Share