Puncak-Puncak Gunung di Solok Menunggumu Untuk Didaki

Advertisement

Wisata Sumatera Barat memang menyimpan sejuta pesona, di mana saja kamu berpijak sangat mudah menemukan keindahan.  Kamu bisa menikmati sebuah lembah hijau dengan pemukiman yang ramai, begitu serasi dengan luasnya Danau Singkarak. Tempat-tempat keren itu banyak dijadikan sebagai lokasi berburu foto. Nggak heran, karena suasana alam begitu kental, kamu bisa berpose bersama dengan latar belakang pegunungan di Solok yang berdiri begitu gagahnya. Ada yang menyediakan fasilitas seperti rumah pohon untuk bersantai. Biar nggak penasaran, yuk simak beberapa informasi terkait puncak-puncak gunung di Solok berikut ini.

1. Puncak Gobah

Puncak Gobah [image source]
Naik ke puncak gunung ini nggak akan membuat kamu menyesal, karena dari sanalah kamu akan disuguhi keindahan Solok. Masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Puncak Gobah. Sampai saat ini, lokasi wisata alam tersebut masih terus dikembangkan guna menarik lebih banyak wisatawan. Keramaian akan terlihat saat musim liburan. Kebanyakan yang datang adalah anak-anak muda yang berburu tempat fotogenic atau sekadar bersantai menikmati suasana romantis bareng pasangan sembari memandang Danau Singkarak di kejauhan.

Puncak Gobah [image source]
Danau tersebut cukup penting bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Salah satu ikan yang diyakini hanya ada di danau tersebut adalah Ikan Bilih. Hasil danau terluas kedua di Sumatera tersebut biasa diolah untuk menjadi masakan khas baik di Solok maupun Tanah Datar. Di sekeliling danau ada perbukitan yang seolah-oleh menjadi dinding pelindung.  Kawasan wisata Danau Gobah masih dikelola oleh warga, namun fasilitasnya tergolong mumpuni. Kamu tidak hanya bisa menikmati wisata alam, tapi juga ada olahraga paralayang. Selain itu, tak sedikit juga pengunjung datang ke Puncak Gobah untuk ziarah. Jika kamu ingin ke sana, bisa langsung datang ke Aripan salah satu nagari di X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Lokasi :  Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat

2. Puncak Gagoan

Puncak Gagoan [image source]
Jangan puas dulu dengan Aripan yang menyuguhkan pemandangan indah dari Puncak Gobah. Karena yang satu ini juga nggak kalah menarik. Masih tergolong baru memang, namun langsung menyita perhatian dan jadi buah bibir. Kamu bisa menyebut tempat tersebut dengan nama Puncak Gagoan. Letaknya ada di Nagari Paninggahan, Kabupaten Solok. Jika kamu berangkat dari pusat Kota Solok, maka kamu harus menempuh perjalanan sejauh 20 km. Meskipun lokasinya ada di puncak gunung, tapi akses jalan menuju ke sana sudah cukup memadai kok. Kamu bisa mengandalkan kendaraan roda dua atau mobil.

Puncak Gagoan [image source]
Lebar jalannya memang cukup sempit seukuran satu mobil saja, jadi kamu harus berhati-hati. Beda lagi saat kamu berangkat dari Bukittinggi atau Padang Panjang, jaraknya sekitar 25 km. Ikuti saja jalur menuju Malalo, setelah itu lanjut ke Paninggahan. Penduduk setempat sudah memasang petunjuk arah, jadi kamu nggak perlu khawatir akan tersesat.  Setelah sampai di puncak kamu akan melihat tanah berbatu yang ditumbuhi rumput. Di kejauhan deretan pegunungan yang menjulang tinggi akan memanjakan matamu.

Lokasi : Nagari Paninggahan, Kabupaten Solok.

3. Puncak Happy

Puncak Happy [image source]
Sumatera Barat begitu erat dengan Bukit Barisan. Keberadaannya menjadi ikon yang menyuguhkan pesona dan daya tarik. Kamu bisa melihat Bukit Barisan dari Puncak Happy. Namanya cukup unik dan beda dari nama tempat kebanyakan, tapi juga menampilkan penampakan alam yang cantik. Saat ini lokasi tersebut sedang naik daun dan cukup terkenal di kalangan wisatawan. Petualanganmu di Sumatera Barat akan semakin lengkap jika kamu menyempatkan untuk datang ke Puncak Happy. Bukan hanya bisa dijadikan sebagai tempat foto-foto, tapi juga untuk menikmati  sunset.

Puncak Happy [image source]
Sebelumnya, puncak ini tidak dibuka untuk wisata. Para pemuda setempat sengaja membersihkan rerumputan, termasuk juga membuat akses jalan. Jadi wisatawan yang ingin menikmati alam dari ketinggian bisa menuju lokasi dengan mudah. Mereka juga yang sepakat memberikan nama Puncak Happy. Alasan pemilihan istilah tersebut adalah rasa bahagia atau senang yang muncul karena jerih payah mereka membuahkan hasil yang baik. Apalagi dengan panorama alam yang seindah itu. Untuk sampai di puncak tidak bisa langsung menggunakan kendaraan, kamu harus berjalan mendaki selama kurang lebih 15 menit.

Lokasi : Nagari Koto Laweh, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok

4. Puncak Bukik Pulau

Bukik Pulau [image source]
Jika kamu ingin menikmati hamparan Danau Singkarak dengan cara yang lebih keren, datang saja ke Puncak Bukik Pulau. Lokasinya tidak setinggi tempat-tempat sebelumnya, namun kamu juga akan menemukan sebuah pemandangan yang indah. Kalangan anak muda setempat juga menyebut puncak tersebut dengan sebutan Puncak Thailand.  Berada tidak jauh dari Kota Solok, bukit itu tepat berada di wilayah Kabupaten Tanah Datar. Untuk sampai di tempat ini juga nggak sulit, karena berada di dekat jalan raya.

Bukik Pulau [image source]
Meski populer di kalangan masyarakat Solok dan sekitarnya, tapi wisatawan di luar daerah masih belum banyak yang tahu. Padahal, keindahannya juga cukup mengagumkan. Tidak ada tiket masuk, kamu hanya perlu membayar biaya parkir. Dari lokasi penitipan kendaraan menuju puncak harus kamu tempuh dengan mendaki jalan setapak.  Kelelahanmu akan terbayarkan segera setelah kamu sampai di puncak bukit dan menikmati pemandangan.

Lokasi : Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat

5. Puncak Batu Galeh

Bukit Geleh [image source]
Lokasinya ada di Sulit Air dan kini sedang dipromosikan dengan gencar-gencarnya.  Ada banyak pihak yang yakin dengan potensi tempat wisata Solok ini karena menyuguhkan pemandangan keren dari ketinggian. Bagi warga setempat, Puncak Batu Galeh bukanlah nama baru. Karena sejak lama sudah dikunjungi sebagai dstinasi liburan. Tak bisa dipungkiri bahwa langkah promosi dan pengenalan memang perlu dilakukan.

Bukit Geleh [image source]
Mendapat Nama Batu Galeh konon menurut banyak sumber didasari karena adanya batu besar yang bentuknya menyerupai lipatan kain. dalam bahasa setempat disebut dengan galeh. Ada mitos mitos tersendiri di baliknya. Yaitu cerita tentang anak durhaka yang lupa diri karena sudah kaya. Hingga Sang Ibu mengutuknya menjadi batu lengkap dengan barang dagangan atau galeh. Di sini, kamu bisa bebas menikmati pesona empat pasak bumi yaitu  Gunung Marapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago dan Gunung Talang.

Lokasi : Sulit Air, Sumatera Barat

Itulah beberapa puncak di Solok dan sekitarnya yang menyuguhkan kecantikan alam. Jadi, kamu kapan kamu akan mendaki gunung dan bukit tersebut?

Advertisement
Tags
puncak solok solok Sumatera Barat wisata solok
Share