Pulau Wetar, Surga Tersembunyi di Pulau Terluar Indonesia

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia

Indonesia, negara kepulauan dengan ribuan pulau mulai dari besar hingga kecil yang tersebar di setiap sudut wilayah ini. Provinsi Maluku merupakan salah satu kawasan yang memiliki pulau-pulau kecil di sekitarnya, sebut saja Pulau Wetar. Dahulu pulau ini masuk ke dalam wilayah adminstratif Timor Leste, kini sudah menjadi satu dengan Indonesia. Lalu bagaimana kabar Pulau Wetar sekarang dan wisata apa yang terdapat di dalamnya? Berikut merupakan ulasannya.

Pulau Terluar Indonesia Berbatasan dengan Timor Leste

Bentangan Lautan di Pulau Wetar via Instagram @samuelpasaribu

Pulau Wetar termasuk dalam wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Terletak di ujung luar paling selatan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Pulau Wetar terbagi menjadi empat kawasan yaitu Kecamatan Wetar, Wetar Barat, Wetar Timur, dan Wetar Utara dengan ibu kota Ilwaki.

Potensi Wisata Pulau Wetar

Pesona Alam Pulau Wetar via Instagram @seria1214

Salah satu wisata alam yang bisa dijadikan jujugan kalau singgah di Pulau Wetar adalah Danau Tihu. Selain itu, Teman Traveler juga bisa menikmati asrinya beberapa spesies mangrove di pesisir pantai di kawasan ini. Letak Pulau Wetar yang berada di tengah Laut Banda, ekosistem terumbu karang tersebar merata di lautan pulau ini, terutama di pesisir selatan dan utara. Selain itu ditemukan beberapa biota laut sebut saja ikan kembung, kerapu, tuna dan ekor kuning. Lokasi Pulau Wetar yang jauh dari hiruk pikuk kota dan kendaraan, menjadikan udara di sini masih segar.

Keindahan Danau Tihu dengan Legendanya

Danau Tihu via Instagram @firmanalamsyah

Danau Tihu merupakan satu-satunya yang ada di Pulau Wetar, terletak di atas gunung dengan ketinggian 6000 kaki, konon lokasi ini merupakan habitat buaya air tawar. Tidak banyak penduduk sekitar yang mengunjungi danau indah ini karena dipercaya sebagai tempat keramat. Legenda turun menurun menuturkan bahwa dahulu di kawasan ini hidup raksasa jahat yang dikalahkan dua saudara kembar. Namun setelah itu, kedua saudara kembar tersebut tiba-tiba menghilang. Dari situlah, diyakini ada buaya berkepala dua yang hidup dalam danau jelmaan kedua saudara tersebut.

Kehidupan Penduduk Pulau Wetar

Salah Satu Sudut Kampung via Instagram @seria1214

Sebagian besar yang tinggal di sini adalah penduduk asli, sebagian lainnya merupakan pendatang dari NTT, Timor Leste, dan kawasan lain. Mata pencaharian sebagian besar warga adalah melaut, beternak babi atau kambing, dan bercocok tanam. Mereka hidup dalam kesederhanaan karena terbatasnya transportasi umum dan belum ada akses PLN, namun setidaknya beberapa waktu lalu dibangun jalan aspal di jalur utama Pulau Wetar. Teman Traveler yang singgah di Pulau Wetar mungkin akan disambut oleh warga sekitar, dan disuguhi makanan dan minuman sebagai tanda kita diterima di pulau tersebut.

Akses menuju Pulau Wetar memanglah tidak mudah, selain unsur transportasi umum dan jarak yang jauh dari pusat Provinsi Maluku. Namun tidak ada salahnya bagi Teman Traveler untuk singgah di pulau dengan sejuta keindahan ini. Lelah perjalanan tentu akan terbayarkan.