Menjejaki Pulau-Pulau Terluar di Indonesia yang Indahnya Selalu Dilirik Traveler Dunia

no image available

no image available

Indonesia memiliki banyak potensi bahari yang susah di sama oleh negara lain. Di sini, kita bisa menemukan banyak pulau nan eksotis dan laut-laut yang dasarnya bak lukisan super indah. Sayangnya, tidak semua potensi bahari ini dikembangkan dengan baik. Hanya pulau-pulau yang dekat ke daratan utamalah yang terus dikembangkan sehingga pulau terluar harus menghadapi nasib buruk.

Pulau-pulau terluar di Indonesia, banyak yang diincar oleh negara lain. Mereka ingin menempati kawasan itu meski bukan bagian dari wilayahnya. Akhirnya konflik pun mencuat dan memanas. Anyway, lupakan konflik antara negara, inilah pulau-pulau terluar di Indonesia yang keindahannya bikin bule klepek-klepek.

1. Pulau Enggano

Pulau Enggano terletak di Kabupaten Bengkulu Utara. Di tempat ini kamu bisa menemukan pulau yang dihuni oleh enam desa tradisional, pantai-pantai yang biru indah, dan spot kamping yang sangat menantang. Mengunjungi Pulau Enggano yang merupakan pulau terluar di Indonesia akan membuat merasa miris. Bagaimana mungkin tempat seindah ini tidak dikelola dengan serius oleh pemerintah Indonesia.

2. Pulau Fani

Pulau Fani adalah pulau terluar di kawasan timur Indonesia yang terletak di Kabupaten Sorong tidak jauh dari Raja Ampat. Pulau ini dihuni oleh satuan AL yang menjaga perbatasan. Kalau sedang melakukan perjalanan ke sini, kamu bisa menjelajahi pantai-pantai yang masih alami sembari menikmati pasir putih super lembut.

3. Pulau Dana

Selama ini kita selalu mengenal Pulau Rote sebagai pulau terluar di area selatan Indonesia. Padahal Pulau Dana yang terletak 4 kilometer lebih selatan dari Pulau Rote. Di pantai ini, kamu bisa menemukan padang savana yang memiliki Rusa Timor langka. Selain itu, pantai di area ini juga sangat indah dengan pasir putih yang lembut dan juga air laut yang super jernih berwarna biru kehijauan.

4. Pulau Maratua

Pulau Maratua berbatasan langsung dengan wilayah Malaysia dan juga Filipina. Pulau ini terletak di kawasan Berau tidak jauh dari Pulau Kakaban yang dikenal memiliki danau ubur-ubur tercantik di dunia. Oh ya, kawasan Pulau Martua telah dikelola dengan baik. Di sini kamu bisa menemukan resort-resort yang indah di atas air laut berwarna biru jernih. Datang ke Pulau Maratua akan membuatmu betah dan ingin terus mencebur ke lautnya.

5. Pulau Nusa Barong

Pulau Nusa Barong adalah pulau terkecil di kawasan Kabupaten Jember. Pulau ini berbatasan langsung dengan Australia yang ada di bagian selatan Indonesia. Pulau Nusa Barong merupakan cagar alam yang melindungi banyak spesies unik di sana. Saat ini Pulau Nusa  Barong mulai banyak didatangi oleh wisatawan yang ingin menikmati pantai terluar di Indonesia dan juga menyaksikan hutan yang masih alami dan terus dijaga keasliannya.

6. Pulau Berhala

Pulau Berhala terletak di kawasan Riau. Di pulau ini, kamu bisa menikmati pemandangan hutan hijau yang bergunung-gunung. Pantai di kawasan ini juga masih alami dengan pasir putih yang halus. Pada bulan-bulan tertentu, pulau ini akan dijadikan destinasi penyu-penyu yang ingin singgah dan meletakkan ratusan telurnya.

7. Pulau Rondo

Pulau Rindo adalah pulau terluar yang terletak di kawasan Sabang. Pulau yang menjadi pertemuan arus antara Samudra Hindia dan Selatan Malaka ini ditumbuhi hutan yang sangat lebat. Di sekeliling Pulau Rondo terdapat pantai pasir putih yang sangat layak untuk dijelajahi terutama saat gelombang laut sedang tenang.

Inilah pulau terluar yang ada di Indonesia namun memiliki pesona yang luar biasa. Kalau bule saja sampai kesengsem, kenapa kita enggak datang dan menikmati juga keindahan yang ada di sana?

Tags
pulau terluar indonesia
Share