Pulau Terkecil di Dunia yang Diakui PBB Ternyata Ada di Indonesia, Lho

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia
Pulau Simping, Pulau Terkecil di Dunia Pulau Simping, Pulau Terkecil di Dunia

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Mulai dari yang induk hingga pulau-pulau kecil, semua dapat dengan mudah ditemukan di tanah air. Keindahannya pun tak perlu dipertanyakan lagi. Namun tak banyak yang tahu bahwa pulau terkecil di dunia ada di Indonesia, lho. Namanya adalah Pulau Simping yang terletak di wilayah Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Yuk lihat seindah apa

1. Pulau Terkecil yang Diakui PBB

Ukurannya tak mencapai satu hertare via instagram/magandhimahat

Pulau Simping diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai pulau terkecil di dunia. Luasnya bahkan tak mencapai satu hektare. Tak ada pasir yang dapat teman traveler temukan di pulau ini. Hal ini dikarenakan seluruh area pantainya hanya terdiri dari batuan dan beberapa pohon. Dari daratan Teluk Mak Jantuk, terdapat jembatan yang terhubung dengan pulau ini.

2. Imbas dari Parahnya Abrasi

Jembatan yang menghubungkan Teluk Mak Jantuk dengan Pulau Simping via instagram/surgaborneo

Pulau ini dihuni oleh beberapa kepala keluarga. Setelah terjadi abrasi atau erosi pantai yang cukup parah, pulau tersebut pun ditinggalkan. Sebelum dikenal dengan nama Pulau Simping, pecahan terkecil ini bernama Kelapa Dua. Karenanya, di tengah pulau ini terdapat dua buah pohon kelapa.

3. Berada di Teluk Mak Jantuk

Pengunjung sedang berfoto di jembatan menuju Pulau Simping via instagram/dr.ade_setiawan

Tak sulit untuk mencapai pulau terkecil ini. Rute yang akan dilewati pun cukup bagus. Hati-hati,  tempat penanda lokasi Pulau Simping sedikit tidak terlihat. Dari Jalan Malindo, Singkawang, teman traveler harus menempuh jarak sekitar 2 kilometer untuk mencapai Teluk Mak Jantuk.

Pulau Terkecil di Dunia
Pulau Terkecil di Dunia (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Ini merupakan gerbang untuk memasuki Pulau Simping. Permukaannya memang sedikit berundak dan menanjak, tapi tidak terlalu ekstrim, kok.

4. Termasuk dalam Kawasan Sinka Island Park

Termasuk dalam kawasan Sinka Island Park via instagram/liezaraju

Pulau Simping yang notabene memiliki luas area yang tak terlalu besar ini berada di area Sinka Island Park. Tempat tersebut memiliki berbagai wahana. Seperti kolam renang, kantin, tempat bermain dan istirahat. Di areanya terdapat banyak kelapa muda yang dijajakan.

Meskipun ukurannya sangat kecil, pulau ini termasuk tempat yang unik. Permukaannya yang dipenuhi dengan batuan membuatnya seperti pulau kecil yang muncul dalam film. Terlebih lagi tempat ini juga terdaftar sebagai pulau terkecil di dunia yang tercatat dalam arsip PBB.