Pesona Indah Pulau Taruppa, Titik Cantik Taman Nasional Taka Bonerate

Makassar memiliki sederet panorama alam luar biasa. Wilayah perairannya dikaruniai gugusan pulau indah yang masih belum banyak dijelajahi wisatawan. Salah satunya adalah Pulau Taruppa di Taman Nasional Taka Bonerate. Yuk, lihat lebih dekat seindah apa.

Pusat Wilayah Desa Taruppa

Pulau Taruppa (c) Muhammad Saaduddin Tenripada/Travelingyuk

Pulau Taruppa merupakan pusat pemerintahan Desa Taruppa. Wilayahnya memanjang dari utara ke selatan, sekitar 750 hingga 1000 meter. Lebar pulau kurang lebih 200 hingga 300 meter.

Sisi timur Taruppa berbatasan dengan Taka Gantarang, sementara sisi baratnya dengan Taka Latondu. Di kawasan utara terdapat Pulau Taruppa Kecil, sementara Pulau Tinanja menjadi tanda perbatasan wilayah di kawasan selatan.

Deretan perahu di pesisir (c) Muhammad Saaddudin Tenripada/Travelingyuk

Topografi pulau relatif datar, dengan ketinggian 0-2 meter di atas permukaan laut. Daratannya cenderung landai, dipenuhi pasir dega hingga daerah tubir. Kondisi ini membuat Taruppa cukup rawan kondisi ekstrem yang bisa mengakibatkan abrasi, terutama ketika memasuki musim angin timur.

Sarana Lengkap

Berfoto di depan papan tanda Taman Nasional (c) Muhammad Saaddudin Tenripada/Travelingyuk

Sarana dan prasarana di Taruppa cukup lengkap, meski tidak semuanya bisa diakses selama 24 jam penuh. Teman Traveler akan menemukan bangunan sekolah hingga tingkat SMP, rumah peribadatan, puskemas, dan fasilitas perdagangan.

Pulau ini sudah dialiri listrik, meski tidak 24 jam penuh. Jalanannya juga sudah di-paving. Untuk air, masyarakat sekitar tidak memiliki sumber air tawar. Mereka hanya mengandalkan air tadah hujan dan air bersih yang didatangkan dari Bonerate, Kayuadi, atau daerah lainnya. Sementara untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan mencuci, mereka memanfaatkan air tanah yang sedikit asin atau payau.

Pesona Wisata

Pesona alam bawah air (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Taruppa memiliki beberapa kawasan wisata menarik, baik di permukaan darat maupun bawah laut. Di wisata Makassar ini, Teman Traveler bisa mengunjungi Perkampungan Suku Bajo, terdiri dari deretan perumahan nelayan sederhana dan hamparan pasir putih nan memikat.

Wilayah sekitar perkampungan ditumbuhi deretan pohon kelapa dan rerumputan hijau. Masyarakat sekitar kerap memanfaatkan pelepah kelapa untuk dijadikan pengganti kayu bakar. Anak-anak juga sering menghabiskan waktu dengan bermain, duduk-duduk, atau sekedar beristirahat di kawasan ini.

Berfoto di sekitar pohon kelapa (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Begitu pagi tiba, Teman Traveler bisa menikmati indahnya panorama matahari terbit. Menjelang sore, jangan lewatkan cantiknya momen matahari terbenam.

Selain alamnya yang cantik, di Pulau Taruppa Teman Traveler juga bakal dimanja beragam pertunjukan budaya khas masyarakat setempat. Jangan lewatkan serunya acara hajatan, pernikahan, maupun sunatan, yang melibatkan penaikan bendera ‘Ula-ula’ oleh masyarakat keturunan Suku Bajo.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pulau Taruppa, sebuah destinasi indah di kawasan Makassar. Bagaimana Teman Traveler, ada yang tertarik berkunjung ke sini suatu saat nanti?

Tags
kontributor Makassar pulau taruppa Travelingyuk wisata makassar
Share