Main ke Pulau Simping, Jadi Pulau Terkecil di Indonesia Bahkan Dunia

Advertisement

Indonesia memiliki sebanyak 17.000 pulau yang mengelilinginya. Bila Pulau Papua menjadi yang terbesar di Indonesia, maka ada pula pulau terkecil di Indonesia. Bahkan, sudah diakui oleh PBB menjadi pulau terkecil di dunia.

Ialah Pulau Simping, dulunya pulau ini berpenghuni namun kini telah ditinggalkan. Karena beberapa alasan, kini pulau ini hanya tinggal bebatuan dan pepohonan saja. Ada beberapa fakta menarik lainya dari pulau ini. Inilah infomasi selengkapnya dari Travelingyuk.

Memiliki sebutan Pulau Kelapa Dua

Pulau Simping terletak di Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Pulau ini masuk dalam kawasan wisata Pantai Sinka Park Island. Pulau Simping juga dijuluki dengan Pulau Kelapa Dua, lantaran terdapat dua pohon kelapa di tengah pulau. Luas pulau ini hanya 0,5 hektar saja. Pulau ini diakui oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) sebagai pulau terkecil di dunia. Untuk menuju Pulau Simping juga cukup dekat, hanya sekitar 15 menit berjalan kaki.

Foto via PTJT

Pulau Simping hanya berjarak 100 meter dari bibir pantai. Dulunya, terdapat jembatan yang terbuat dari beton sebagai akses menuju Pulau Simping. Namun jembatannya runtuh yang mengakibatkan akses menuju pulau harus menggunakan perahu. Dulunya, Pulau Simpung dihuni oleh beberapa orang sebelum akhirnya ditinggalkan karena pulau mengalami abrasi atau erosi pantai yang parah.

Terdapat peninggalan klenteng tua

Walaupun sudah ditinggalakan oleh penghuninya, namun masih ada beberapa orang yang mengunjungi Pulau Simping untuk berdoa. Hal itu dikarenakan masih adanya klenteng tua yang masih berdiri di Pulau Simping. Pulau ini juga bersebelahan dengan Sinka Zoo (Taman Safari dan Kebun Binatang).

Foto via Eviindrawanto.com

Pulau Simping sendiri berada di kawasan Pantai Teluk Mak Jantuk, pantai ini pernah berjaya pada 10 tahun silam. Namun, para pengunjung lebih banyak mengunjungi Sinka Zoo daripada mengunjungi pantai ini. Padahal, pihak pengelola pantai sudah berusaha menarik minat pengunjung dengan membangun 12 patung shio. Namun, hal ini tak mampu tarik minat wisatawan sehingga tah hanya Pantai Teluk Mak Jantung saja yang sepi peminat, namun Pulau Simping juga perlahan mulai terlupakan.

Pemandangan indah pegunungan

Saat berkunjung ke Pulau Simping, Teman Traveler akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan pegunungan yang terlihat dari kejauhan. Selain itu, waktu terbaik mengunjungi Pulau Simping adalah pagi atau sore hari. Di saat itu, kamu bisa menikmati momen matahari tenggelam yang begitu cantik tanpa terhalang bangunan apa pun.

Foto Via Celebes.co

Tak hanya pemandangannya saja yang indah, pantai disekitaran Pulau Simping juga sangat jernih dan dapat digunakan untuk berenang, meskipun demikian pengawasan orang dewasa tetap diperlukan.

Nah, menarik kan ada pulau terkecil di dunia yang ada di Indonesia. Kapan nih Teman Traveler berencana main ke Pulau Simping?

Advertisement
Tags
Kalimantan Barat pbb pulau simping Pulau Terkecil di Dunia Singkawang wisata kalimantan barat
Share