Keindahan Bawah Laut Pulau Samtellu yang Super Indah!

Advertisement

Pulau Samatellu di Sulawesi Selatan menyimpan pontensi bahari yang begitu besar. Jejakkan kaki telanjang Teman Traveler di pasir putihnya, dan nikmati keindahan terumbu karang serta padang lamun yang indah siap menyedot perhatianmu. Terlusuri lebih jauh keindahannya di ulasan berikut!

Letak Wisata

Hamparan Terumbu Karang yang Alami (c) Saadduddint/Travelingyuk
Hamparan Terumbu Karang yang Alami (c) Saadduddint/Travelingyuk

Secara administratif, Pulau Samatellu termasuk dalam wilayah Desa Mattiro Walie, Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan. Pulau ini memiliki potensi bahari dan sumber daya alam yang begitu besar, terlihat dari banyaknya ikan dan terumbu karang indah. Pemandangan serta udara Pulau Samatellu juga masih bersih. Datanglah langsung dan rasakan kesegarannya.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Samatellu, hamparan pasir putih siap menyambut Teman Traveler dan rasakan langsung kehalusan pasir ini dengan kaki telanjang. Di sekitar pulau, jejeran pepohonan rimbun juga siap menghantarkan kedatangan Teman Traveler menuju penginapan.

Kondisi Pulau Samatellu masih sangat alami, jadi jika ingin menginap Teman Traveler bisa menumpang di rumah warga. Walau belum tersedia fasilitas yang memadai untuk wisatawan, justru inilah kelebihannya. Turis yang datang bisa mengenal kehidupan warga pulau lebih dekat. Selain itu, ekosistemnya masih terawat, apalagi alam bawah lautnya. Menakjubkan!

Kegiatan Wajib di Kawasan Pulau

Ikan Badut atau Nemo (c) Saadduddint/Travelingyuk
Ikan Badut atau Nemo (c) Saadduddint/Travelingyuk

Kegiatan yang tidak boleh ketinggalan adalah snorkeling dan diving. Pastikan Teman Traveler menjadi saksi melihat keindahan terumbu karang yang ada di Pulau Samatellu. Menyelemalah lebih dalam lagi dan temukan Padang Llamun. Bagi yang belum tahu, Padang Lamun adalah ekosistem khas laut dangkal di perairan hangat dan dipenuhi tumbuhan lamun atau seagrass.

Terumbu Karang Berbentuk Kerucut (c) Saadduddint/Travelingyuk
Terumbu Karang Berbentuk Kerucut (c) Saadduddint/Travelingyuk

Bukan hanya seagrassnya saja, di Pulau Samatellu ini Teman Traveler dapat menjumpai terumbu karang yang lumayan bagus dengan keanekaragaman jenis yang melimpah serta terdapat banyak ikan hias lainnya.

Terumbu karang sudah jelas tidak perlu di ragukan lagi, warna dan kerapatanya sangat rapat sehingga terkadang Teman Traveler dapat menjumpai terumbu karang yang besar dan berdiri tegak seperti kerucut.

Adapun ikan yang sering dijumpai di pulau ini seperti Crhomis sp yaitu ikan kecil bitu yang bergerombolan di antara karang acropora ataupun ikan yang lumayan besar seperti baronang ataupun kerapu

Aktivitas Penduduk Setempat

Keindahan yang Masih Alami (c) Saadduddint/Travelingyuk
Keindahan yang Masih Alami (c) Saadduddint/Travelingyuk

Selain menyelam, Teman Traveler yang datang juga bisa melihat aktivitas menangkap ikan yang dilakukan penduduk pulau. Biasanya, mereka menggunakan alat tangkap jaring insang dan pancing untuk menangkap ikan. Teman Traveler pun bisa ikut melaut bersama nelayan di lokasi ini.

Menyelam di Laut (c) Saadduddint/Travelingyuk
Menyelam di Laut (c) Saadduddint/Travelingyuk

Biasanya, jenis ikan yang ditangkap adalah ikan baronang, kerang, cumi-cumi, bahkan tak jarang kepiting. Menikmati hasil tangkapan sendiri di tepi pantai Pulau Samatellu, sambil menikmati semilir angin terasa begitu sempurna. Tergoda dengan tawaran keindahan alamnya?

Advertisement
Tags
Keindahan Bawah Laut Sulawesi Selatan Pulau Samtellu Pulau Samtellu Sulawesi Selatan Sulawesi Selatan
Share