Pulau Samalona, Tempat Wisata di Makassar yang Mungil dan Cantik

Indonesia terdiri dari banyak pulau-pulau kecil dengan keindahan bahari terjaga. Salah satunya datang dari sisi timur, yaitu Pulau Samalona di Sulawesi Selatan. Jika berkunjung ke Tempat wisata di Makassar, maka destinasi bahari satu ini pantang dilewatkan.

Namanya terdengar begitu elegan, namun selain itu Pulau Samalona memiliki pemandangan takkan pernah bosan kita kagumi. Laut biru yang jernih, ditambah indahnya hamparan pasir putih, dijamin membuat para pelancong betah. Berikut adalah gambaran keindahan Samalona oleh kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia.

Petualangan Mengarungi Lautan

Laut yang masih alami via Instagram crystalsayphire
Laut yang masih alami via Instagram crystalsayphire

Pulau Samalona berada di barat Makassar, jaraknya sekitar dua kilometer dari Pantai Losari. Akses terbaik menuju pulau elegan ini adalah dengan menggunakan perahu boat dari dermaga depan Benteng Fort Rotterdam.

Harga sewanya berkisar 500 ribu rupiah untuk satu perahu, namun tentu masih bisa berubah apabila sobat traveler pandai menawar harga. Namun jika ingin mencari alternatif transportasi lebih murah, ada juga perahu umum dengan tarif terjangkau.

Mungil nan Memanjakan

Keindahan terumbu karang Pulau Samalona via wwulann
Keindahan terumbu karang Pulau Samalona via wwulann

Meski mungil, Pulau Samalona siap memanjakan sobat traveler dengan beragama fasilitasnya. Selain kamar bilas untuk pengunjung yang baru asyik berenang, masih ada toilet, musholla, dan warung. Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di pulau cantik ini, tersedia penginapan dengan beragam varian harga dan fasilitas.

Keseruan di Samalona

Indahnya matahari terbenam di Samalona via Instagram mondeo_ka
Indahnya matahari terbenam di Samalona via Instagram mondeo_ka

Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan di sini, seperti berenang di laut maupun bermain air di pinggir pantai. Dijamin aman karena ombaknya cukup tenang. Pulau cantik ini juga memiliki banyak spot foto keren, sangat cocok bagi mereka yang hobi selfie bertema pantai.

Udara tengah terik? Cobalah duduk dipinggir pantai sembari menikmati segarnya es kelapa muda. Suasana santai bakal kian menyenangkan sembari menikmati sepiring pisang goreng dicocol sambal. Dijamin jadi momen ternikmat saat berwisata di Pulau Samalona.

Pengunjung juga bisa snorkeling sembari menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan hias. Harga sewa alat-alatnya berkisar antara 50 hingga 100 ribu rupiah, tergantung fasilitas yang diinginkan dan juga kemampuan tawar-menawar.

Tertarik berkunjung ke Pulau Samalona? Langsung ajak teman maupun keluarga berlibur ke tempat wisata di Makassar yang mempesona satu ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata yang sobat traveler kunjungi.

Tags
Makassar Pulau Samalona tempat wisata di makassar Wisata
Share