Pulau Rockall, Wisata Terkecil di Skotlandia yang Bisa Habiskan Uang Puluhan Juta

Skotlandia memang kurang populer dengan destinasi wisatanya. Namun, di pertengahan tahun 2019, negara ini secara tiba-tiba menjadi bahan perbincangan, karena ada satu tempat yang menarik perhatian. Namanya adalah Pulau Rockall yang letaknya berada di tengah-tengah laut dan tidak ada apa-apa di sana. Lantas, apa yang membuatnya menarik? Simak ulasan berikut ini.

Pulau yang Berasal dari Letusan Gunung 

pulau rockall
Terbentuk dari letusan gunung via instagram/lupine_travel

Seperti yang kita tahu, kalau letusan gunung biasanya membentuk pulau dengan ukuran yang agak besar. Namun, lain halnya dengan Pulau Rockall ini Teman Traveler. Tempat tersebut hanya berukuran 31 meter x 25 meter, lalu tingginya yang sekitar 29 meter dari permukaan laut. Jadi, bisa dibayangkan betapa kecilnya pulau di Skotlandia negara cantik ini.

Menjadi Rebutan 4 Negara Besar 

pulau rockall
Menjadi rebutan 4 negara via instagram/interesno_888

Kalau melihat dari ukuran dan letaknya, pasti banyak Teman Traveler yang menganggap bahwa pulau ini tidak ada istimewanya sama sekali. Tapi, jangan salah, karena ternyata Pulau Rockall berada di kawasan yang banyak pasokan ikan.

Di dasar laut sekitar pulau tersimpan cadangan gas dan minyak bumi. Oleh karenanya, Inggris, Irlandia, Islandia dan Denmark sibuk untuk merebut kepemilikan pulau mini satu ini.

Dijadikan Wisata Menantang 

Menjadi wisata ekstrem via instagram/arlohemphill

Ukuran yang mini dan letaknya sangat ekstrem, membuat Kraken Travel dan Lupine Travel menginginkan Pulau Rockall jadi salah satu destinasinya. Benar saja, semenjak iklan dari tour ke wisata ini diterbitkan, tiket habis terjual hanya dalam kurun waktu seminggu. Padahal, harga yang ditawarkan tidak murah, yaitu sekitar 2000 USD atau Rp28 jutaan per orangnya.

Ini Aturan Tour ke Pulau Rockall 

Ada aturan saat berkunjung via instagram/andystockall

Perjalanan menuju Pulau Rockall akan dilakukan oleh 18 orang dan 7 awak kapal. Mereka ternyata diberi beberapa aturan ketika berwisata di pulau ini.

Pertama, para pengunjung diwajibkan untuk menggunakan pakaian selam, sepatu bot, dan perangkat pelampung sebelum naik ke pulau. Kemudian, para pengunjung hanya boleh berada di sini selama 15 sampai 20 menit. Alasannya karena ditakutkan ada badai atau air laut pasang.

Walaupun kecil, ternyata Pulau Rockall punya daya tarik tersendiri. Maka dari itu, banyak orang-orang yang rela untuk menghabiskan dana puluhan juta hanya supaya bisa menginjakkan kaki di sini. Kalau Teman Traveler tertarik, kalian bisa daftar di tahun 2022 pada Bulan Mei-Juni.

Tags
Luar negeri pulau rockall Skotlandia Wisata Wisata Skotlandia
Share