Pulau Pemutusan, Pesona Elok Raja Ampatnya Sumatera Barat

Sumatra Barat tak hanya terkenal dengan masakan rendang, namun juga deretan wisata alamnya yang memukau. Di wilayah Bungus, Teluk Kabung, Padang, Teman Traveler bisa menemukan sebuah surga kecil tak berpenghuni dengan pesona kecantikan luar biasa, yaitu Pulau Pemutusan. Saking indahnya, tak sedikit yang memberi julukan ‘Raja Ampat-nya Sumatra Barat’.

Namanya memang cukup asing dibandingkan destinasi populer seperti Pulau Swarnadwipa, yang juga berada di sekitar Pantai Bungus. Tapi jangan salah Teman Traveler, soal pemandangan dan ketenangan, destinasi ini wajib jadi pilihan.

Mendirikan Tenda

Pemandangan Memukau di Pulau Pemutusan (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Meski terbilang kecil dan luasnya hanya sekitar delapan hektar, bukan berarti tak ada akvititas menarik yang bisa Teman Traveler lakukan di sini. Pertama, kalian bisa mencoba berkemah. Tentunya sayang jika hanya menghabiskan waktu singkat di sini. Apalagi jika kalian datang dari jauh. Banyak momen apik yang bisa kalian dapatkan ketika melewatkan malam di Pemutusan.

Tak perlu bingung menentukan tempat mendirikan tenda. Ada banyak spot menarik dan aman yang bisa Teman Traveler pilih. Rasakan asyiknya bersantai nyaman dengan beralaskan hamparan pasir putih.

Biayanya juga cukup murah, hanya berkisar Rp20.000 dan sudah termasuk tarif masuk pulau. Lantaran pengelolaannya masih perseorangan, tiket tersebut dibayarkan pada penunggu pulau. Ya, meski statusnya tak berpenghuni, belakangan ada penjaga khusus yang bertugas merawat Pemutusan agar tetap bersih dan nyaman ketika dikunjungi.

Menanti Matahari Terbit dan Terbenam

Keindahan sunrise dari bibir pantai (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa menikmati momen sunrise selama berada di wisata Sumatra Barat. Akan lebih asyik jika kalian mendirikan tenda di sisi timur. Begitu bangun saat fajar, kalian bakal disambut cerahnya sinar mentari.

Sementara jika ingin menikmati sunset, Teman Traveler mungkin ingin membawa bekal kopi dan bergerak menuju arah dermaga. Cobalah sensasi syahdu menanti matahari terbenam sembari duduk santai dan menyeruput kopi. Pastinya bakal luar biasa.

Memancing dan Snorkeling

View dari bukit di Pemutusan (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Oh ya, jangan lupa membawa peralatan pancing Teman Traveler. Jangan sampai melewatkan kesempatan memancing ketika berada di Pulau Pemutusan. Salah satu spot favorit pengunjung adalah dermaga. Di sini kalian bisa melihat deretan ikan hilir-mudik di bawah permukaan air. Jika beruntung, kalian bisa menjadikan ikan tersebut sebagai lauk pelengkap untuk makan malam.

Menjelang sore, Teman Traveler bisa berenang sepuasnya sembari snorkeling. Kalian tinggal menyewa peralatan dari penjaga pulau dengan tarif Rp20.000 per hari. Rasakan asyiknya mengagumi gugusan karang, serta menyapa langsung ikan, udang, dan lobster aneka warna di sekitar Pemutusan. Benar-benar mempesona.

Sebelum pulang, sempatkan untuk mengabadikan momen dengan berfoto-foto di spot menarik. Salah satunya adalah puncak bukit, di mana Teman Traveler bisa melihat indahnya panorama sekitar pulau dari ketinggian. Jika diperhatikan seksama, pesona cantiknya tak kalah dengan Raja Ampat lho.

Perjalanan Menuju Pulau

Dermaga Pemutusan (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Untuk menuju Pemutusan, Teman Traveler bisa berangkat dari Padang dan ambil jurusan ke arah Pantai Bungus. Perjalanan akan memakan waktu sekitar satu jam. Tenang saja, takkan terasa lama karena ada banyak hal indah dan menarik yang bisa kalian lihat.

Begitu sampai di Pantai Bungus, Teman Traveler wajib menyewa kapal milik warga sekitar. Biasanya tarif ditetapkan per kapal, bukan orang. yakni sekitar Rp250.000. Selama penyebrangan kalian akan melihat beragam pulau indah membentang di hamparan Samudra Hindia.

Pemilik kapal biasanya akan memberi penawaran khusus jika ada penumpang yang ingin mampir atau berkeliling di sekitaran pulau tersebut. Namun tentunya bakal ada ongkos tambahan.

Beberapa saat sebelum sampai di Pemutusan, Teman Traveler akan melihat Pantai Pagang yang unik. Jika dilihat bentuknya menyerupai buaya, sangat menarik. Secara total, perjalanan dari Pantai Bungus menuju Pulau Pemutusan memakan waktu kurang lebih 90 menit.

Fasilitas

Menikmati sunset sambil tiduran di hammock (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Terkait fasilitas, tak perlu khawatir. Meski dikelola perorangan, sarana yang tersedia cukup memadai. Selain sewa peralatan snorkeling, Teman Traveler juga bisa bersantai di hammock. Usai puas bermain air, kalian bisa langsung membilas diri di kamar mandi dengan air bersih.

Jika tidak sedang membawa tenda atau kurang tertarik berkemah, Teman Traveler bisa menginap di homestay sederhana yang ada di sini. Sementara untuk makan, kalian bisa memesan mie instan pada penjaga pulau. Namun harganya cukup mahal. Jika ingin hemat, kalian bisa memasak atau membawa perbekalan sendiri.

Itulah gambaran singkat mengenai keindahan dan keseruan di Pulau Pemutusan. Meski lokasinya cukup tersembunyi, pesonanya benar-benar tak bisa diragukan. Jika ingin lebih menarik, kalian bisa mengajak teman atau keluarga untuk bermalam di sini.

Tags
kontributor Sumatra Barat Travelingyuk wisata sumatra barat
Share