Pangabatang, Pulau Eksotis di Maumere yang Pernah Hilang Tersapu Tsunami

Advertisement

Maumere, salah satu kawasan wisata yang terletak di Flores, Nusa Tenggara Timur. Kota yang melejit berkat film Ini Kisah Tiga Darah tersebut tak hanya menawarkan keindahan pesisir pantai, tapi juga pulau eksotis yang belum banyak dijamah oleh wisatawan. Adalah Pulau Pangabatang yang sempat hilang karena tersapu oleh bencana alam tsunami. Wah, seperti apa sih keindahan dari pulau satu ini?

Surga Cantik di Sudut Flores

Berjemur di Pulau Pangabatang
Berjemur di Pulau Pangabatang [image source]
Sejak film Ini Kisah Tiga Darah tayang di bioskop, Maumere mulai dilirik oleh wisatawan. Salah satu yang menjadi favorit mereka adalah Pulau Pangabatang. Yap, destinasi wisata alam yang bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Laurens Say di Kota Maumere ini terkenal eksotis. Tak hanya air lautnya yang jernih, pasir putihnya pun juga lembut. Nah, berjemur seharian di sini tidak akan bosan lho! Apalagi jika bersama orang tersayang.

Pasir Putih di Pangabatang
Pasir Putih di Pangabatang [image source]

Pernah Tersapu Tsunami

Sunset di Pangabatang
Sunset di Pangabatang [image source]
Meski tersembunyi, ternyata ada penduduk lokal yang tinggal di pulau eksotis satu ini. Bahkan sekitar 20 kepala keluarga membangun rumah sederhana dan memilih hidup sebagai seorang nelayan. Seperti destinasi lainnya di Maumere, Pulau Pangabatang juga pernah tersapu oleh tsunami yang terjadi pada tahun 1992. Tidak hanya harta benda penduduk kampung Pangabatang pun hilang, namun korban yang berjatuhan juga cukup banyak. Meski kejadian tersebut menjadi kisah kelam, namun mereka tetap tinggal dan melanjutkan hidup di sini.

Pantai Eksotis di Maumere
Pantai Eksotis di Maumere [image source]

Jelajah Keindahan Alam Bawah Laut

Kapal tujuan Pulau Pangabatang
Kapal tujuan Pulau Pangabatang [image source]
Liburan ke Pulau Pangabatang tidak akan pernah bosan, lho. Selain bermain pasir atau bercengkerama dengan penduduk sekitar, kamu bisa menjelajah alam bawah lautnya. Yap, setelah 25 tahun setelah tsunami, biota laut di pulau ini kembali menunjukkan pesonanya. Kamu pun bisa puas melihat beraneka ragam ikan cantik yang menari di sela-sela karang. Wah, dibayangkan saja sudah seru bukan?

Snorkeling di Pulau Pangabatang
Snorkeling di Pulau Pangabatang [image source]

Mampir ke Pantai Koka yang Menawan

Pantai Koka di Maumere
Pantai Koka di Maumere [image source]
Liburan ke Maumere tidak akan cukup jika hanya berkunjung ke Pulau Pangabatang. Nah, salah satu destinasi wisata Flores lain yang wajib kamu datangi adalah Pantai Koka yang terkenal dengan pasir putihnya. Dibandingkan Pangabatang, akses menuju ke Koka cukup mudah karena terletak di perbatasan Ende dan Maumere. Nah, saat liburan ke sini, jangan sampai lupa abadikan fotomu di bukit hijau di sekitar pantai ya!

Pantai Koka Maumere
Pantai Koka Maumere [image source]

Bermalam di Resort Mewah Tepi Pantai

Pemandangan alam di CAPA Resort Maumere
Pemandangan alam di CAPA Resort Maumere [image source]
Kendati baru saja melejit di kalangan traveler, ternyata Maumere memiliki akomodasi yang cukup banyak. Sebagian besar dari mereka menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan. Salah satu resort yang cukup populer adalah CAPA Resort Maumere. Tidak hanya nyaman, tapi kamu juga dilengkapi dengan fasilitas mewah. Nah, untuk kamu yang berniat tidur di sini, siap-siap menyiapkan uang sebesar Rp1.400.000 ya. Memang mahal, tapi pelayanannya jempolan loh!

Kolam renang CAPA Resort Maumere
Kolam renang CAPA Resort Maumere [image source]
Nama : Pulau Pangabatang
Alamat : Parumaan, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

Wah, makin penasaran dengan pulau cantik di sudut Flores ini kan? Yuk, atur tanggal cuti dan bersiap terbang ke Nusa Tenggara Timur.

Advertisement
Tags
Flores Maumere Nusa Tenggara Timur
Share