Pulau Panambungan, Pesona Mutiara dari Pangkep

Keinginan mengunjungi seluruh gugusan spermonde di Sulawesi Selatan sepertinya tidak mudah diwujudkan. Hal ini dikarenakan jumlahnya yang sangat banyak, yaitu sekitar 121 pulau. Namun tak bisa dipungkiri bahwa keindahannya memang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Pulau Panambungan yang terletak di Kabupaten Pangkep. Mau tahu seperti apa tempatnya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Berpasir Putih Bersih

Pulau Panambungan [image source]
Objek wisata ini terletak di Kabupaten Pangkep. Namun, kamu juga bisa mengunjunginya dari Pelabuhan Paotere di Jalan Sabutung Baru, Makassar. Pulau ini menyuguhkan panorama bahari dengan hamparan pasir putih dan laut yang biru.

Dijuluki mutiara dari timur [image source]

Jajaran Pohon Pinus yang Rindang

Ada pohon pinusnya [image source]
Salah satu keunikan dari Pulau Panambungan adalah kehadiran pohon pinus. Biasanya tanaman ini dijumpai pada dataran tinggi. Bedanya bagian batang tanaman ini tidak ditumbuhi lumut. Fenomena ini bahkan sering mengundang perhatian universitas ternama untuk diteliti. Kamu pun juga bisa memanfaatkannya sebagai latar selfie yang cantik, loh.

Cocok jadi latar foto [image source]

Tempat Camping yang Seru

Asik buat kamping [image source]
Momen sunset dan sunrise menjadi salah satu hal yang tak bisa dilewatkan. Tak jarang pengunjung sampai rela menginap agar bisa menikmati keduanya. Alasan lainnya adalah karena waktu tempuhnya dari Makassar terbilang cukup lama, yaitu sekitar 3 jam. Jika tak membawa perlengkapan, kamu juga bisa menyewa resort yang ada di sini, kok.

Sunsetnya cantik [image source]

Pemandangan Terumbu Karang yang Indah

Snorkeling juga seru [image source]
Hal lain yang bisa kamu lakukan di sini adalah snorkeling. Gugusan terumbu karang yang indah menggoda untuk diabadikan. Ombaknya pun tak terlalu besar dan tidak mengganggu aktivitasmu. Kebersihan pulaunya selalu dijaga oleh pihak pengelola. Namun bukan berarti kamu bebas meninggalkan sampah sembarangan, loh.

Terumbu karang yang indah [image source]
Pihak pengelola menetapkan tarif tiket masuk sebesar Rp50.000 per orang. Objek wisata ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan liburan bersama teman maupun keluarga. Jadi, kapan kamu berkunjung ke Pulau Panambungan?

Tags
Indonesia Pangkep Sulawesi Selatan
Share