4 Pulau Indah di Nusa Tenggara Barat, Mana Favoritmu?

Tak perlu dipertanyakan lagi bagaimana keindahan alam yang ada di Nusa Tenggara Barat. Ada banyak sekali gunung dan pantai indah yang siap menemani liburan Teman Traveler. Tapi, jangan pernah lupa kalau ada pulau indah di Nusa Tenggara Barat yang menunggu untuk dikunjungi. Dijamin, kalian tidak akan kecewa ketika datang ke sana. Yuk deh simak ulasan pulau-pulaunya di bawah ini. 

Pulau Kenawa dengan Keindahan Biota Lautnya

pulau nusa tenggara barat
Pulau Kenawa via Lutfi Dananjaya/travelingyuk

Salah satu pulau favorit yang ada di Nusa Tenggara Barat adalah Kenawa. Meskipun tidak seluas pulau lainnya, namun pemandangan di Pulau Kenawa tak akan mengecewakan. Teman Traveler akan disuguhkan pemandangan alam berupa perbukitan, hamparan padang savana, juga birunya air laut pantai. 

Nah, bagi kalian yang suka snorkeling, Pulau Kenawa jadi salah satu destinasi tepat. Ini karena keindahan lautnya masih sangat terjaga, sehingga kalian akan puas memandangi terumbu karang dan biota laut lainnya. Untuk menikmati pesona dari Pulau Kenawa, Teman Traveler bisa langsung ke Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat. Untuk tiket masuknya kurang lebih sekitar Rp50 ribu per orangnya, namun harga ini bisa berubah sewaktu-waktu. 

Pulau Moyo yang Miliki Air Terjun Indah

Pulau Moyo via instagram/harryhermanan

Terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Pulau Moyo masih tergabung dalam kepulauan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Moyo yang berada di Teluk Saleh memiliki cagar alam Taman Nasional Pulau Moyo yang dikelilingi oleh terumbu karang yang indah. 

Selain itu, Pulau Moyo juga memiliki Air Terjun Matajitu yang sudah cukup terkenal di kalangan traveler. Kemudian ada juga Air Terjun Diwu Mbai yang keindahannya tak kalah dengan Matajitu. 

Letaknya yang diapit oleh hamparan laut lepas, membuat Pulau Moyo berdekatan dengan pantai-pantai indah. Beberapa di antaranya, pantai Tanjung Pasir dan Tekat Sagele yang terkenal sebagai spot terbaik untuk snorkeling. Jadi, cocok sekali untuk Teman Traveler yang hobi snorkeling atau aktivitas air lainnya. 

Pulau Paserang, Tempat Saksikan Matahari Terbit dan Terbenam

Pulau Paserang via instagram/hargraha

Pulau Paserang. Mungkin nama pulau ini masih terkesan asing. Padahal, Paserang memiliki pemandangan dan pantai yang tidak kalah menarik. Keindahan bawah lautnya sangat sayang untuk dilewatkan. Berbagai jenis ikan dan terumbu karang siap memanjakan wisatawan yang ingin menyelam.

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pulau cantik ini. Pengunjung dapat mengitari dan menjelajahi pulau, hingga menemukan laguna (danau air tawar) tepat di sekitar pulau, lalu menyaksikan matahari terbit dan tenggelam dari atas bukit, sampai mencari ikan atau kerang untuk dimakan. Pengunjung juga dapat mendirikan tenda dan bermalam di dalam suasana yang sangat mengasyikkan.

Pulau Satonda dengan Danau Besar di Tengahnya

Pulau Satonda via instagram/chapunkclimber

Terakhir, ada Pulau Satonda yang ada di Desa Nangamiro, Kabupaten Dompu. Pulau Satonda menyimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Pemandangan ini bisa lebih menakjubkan apabila dipandang dari ketinggian. Akan terlihat sebuah danau yang cukup besar tepat di tengah-tengah pulau.

Pulau Satonda juga memiliki pantai yang tak kalah indahnya. Pasir putih pantai yang bersih dan mempesona menghiasi sepanjang tepian pulau. Tak hanya pantai yang bisa  dinikmati, tak jauh dari pantai, Teman Traveler sudah bisa melihat keindahan bawah laut Pulau Satonda dengan snorkeling atau diving. Mulai dari karang, penyu sisik dan ikan-ikan yang beraneka ragam.

Itulah deretan pulau indah yang ada di Nusa Tenggara Barat. Setiap pulaunya memiliki ciri khas masing-masing yang membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung ke sana. Ayo, tunggu apa lagi, yuk ke melancong ke pulau-pulau tersebut. 

Tags
Indonesia Nusa Tenggara Barat pulau nusa tenggara barat Wisata
Share