Eksotisnya Pulau Molana di Maluku, Syahdu Bagai Milik Pribadi

Advertisement

Teman Traveler pernah mendengar Pulau Molana? Bagi sebagian orang nama tersebut mungkin cukup asing. Bisa jadi kalian mungkin banyak yang bertanya-tanya di mana letak pulau ini.

welcome sign
Papan selamat datang di Molana (c) Helga Christina/Travelingyuk

Molana masuk dalam wilayah Provinsi Maluku. Keberadaannya jarang diketahui wisatawan, sehingga wisata ini tidak banyak dikunjungi. Namun hal tersebut justru membuat suasana sekitar terasa syahdu, bagaikan pulau pribadi. Daripada penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini.

Keindahannya Tak Kalah dengan Raja Ampat

Pantai di Pulau Molana yang indah
Pemandangan indah di sekitar indah (c) Helga Christina/Travelingyuk

Pulau Molana masuk kawasan Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah. Letaknya tidak terlalu jauh dari Ambon dan sangat direkomendasikan untuk Teman Traveler kunjungi.

Molana memiliki panorama sangat indah, dengan hamparan pasir putih halus dan gradasi air jernih yang memukau. Jika Teman Traveler pernah mengunjungi Pantai Friwen di Raja Ampat, pemandangan di pulau ini kurang lebih hampir sama. Selain itu, kawasan ini juga memiliki kekayaan biota laut luar biasa.

pasir pantai yang halus
Pasir pantai yang halus (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selama berada di Molana, Teman Traveler bisa merasakan liburan bagai di pulau pribadi. Suasana di sekitarnya masih lumayan sepi dan jarang ada pengunjung. Apalagi untuk masuk ke sini kalian cukup membayar Rp15.000 per orang.

Perjalanan Menuju Molana

perahu jenis body yang kami naiki
Perahu jenis body yang kami naiki (c) Helga Christina/Travelingyuk

Ada beberapa transportasi yang harus digunakan untuk menuju Pulau Molana dari Ambon. Pertama, Teman Traveler harus menyebrang menggunakan kapal cepat di Pelabuhan Tulehu dengan tujuan Saparua. Tiketnya sekitar Rp65.000 dan jadwal keberangkatan biasanya dimulai pukul 09.00. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 60 menit.

Dari Pelabuhan Saparua, Teman Traveler bisa menyebrang ke Pulau Molana dengan perahu atau speedboat. Biaya sewanya beragam, tergantung kesepakatan dengan pemilik.

Berdasarkan pengalaman saya, sewa speedboat dari daerah Haria berkisar antara Rp400.000 hingga Rp600.000 untuk perjalanan pulang pergi. Jika ingin lebih murah, Teman Traveler bisa menyewa di kawasan Booi. Harganya biasanya berkisar Rp280.000 untuk perjalanan pulang pergi. Lumayan, bukan?

Perjalanan dari Saparua ke Molana biasanya akan memakan waktu kurang lebih satu jam. Akan lebih baik jika Teman Traveler pergi berombongan karena bakal menghemat banyak biaya.

Pilihan Akomodasi di Molana

molana island resort
Resort di sekitar pulau (c) Molana Island Resort

Bagi Teman Traveler yang berencana menginap, beberapa akomodasi di Molana atau Saparua bisa jadi pilihan. Di dalam pulau sendiri terdapat resort nyaman dengan tarif lumayan.

Namun jika tidak ingin mengeluarkan budget lebih kalian bisa mendirikan membuka tenda dan berkemah di sini. Memasang hammock juga diperbolehkan. Akan terasa lebih seru jika Teman Traveler kemping bersama teman atau keluarga.

Berenang Hingga Snorkeling

berenang di pantai yang eksotis
Berenang di pulau eksotis (c) Helga Christina/Travelingyuk

Aktivitas utama selama berada di Pulau Molana adalah berenang dan snorkeling. Suasana sekitar yang begitu syahdu, berenang di sini akan memberikan sensasi berbeda. Teman Traveler bakal merasa bagaikan sedang berada di pulau pribadi.

pintu laut
Lorong alami di perairan Molana (c) Helga Christina/Travelingyuk

Saat perjalanan pulang Teman Traveler jangan lupa meminta kru kapal untuk membawa kalian ke spot foto berbentuk lorong. Kapal bisa berhenti sejenak agar kalian bisa berpose sepuasnya di sini.

Itulah sederet keindahan dan keseruan yang bisa Teman Traveler rasakan di Pulau Molana. Jadi bagaimana, adakah di antara kalian yang tertarik menghabiskan waktu di sini?

Advertisement
Tags
Indonesia kontributor Maluku Wisata
Share