Menilik Pulau Kepetingan, Wisata Religi Terpencil di Sidoarjo

Advertisement

Sidoarjo adalah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan lautan lumpurnya. Di balik itu, banyak hal menarik yang bisa dijelajahi. Salah satunya berkunjung ke Pulau Kepetingan yang diperkenalkan sebagai wisata religi. Seperti apa keunikan dari destinasi wisata di Sidoarjo ini kan? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Wahyu Hestiningdiah berikut.

Wisata Religi yang Terpencil di Sidoarjo

wasatawan mengunjungi pulau kepetingan/ hes
Wisatawan mengunjungi pulau kepetingan(c)Wahyu Hestiningdiah/Travelingyuk

Berada di kawasan lingkar timur Sidoarjo, tepatnya di Pulau Kepetingan setiap akhir minggu selalu ramai oleh peziarah. Mereka rela naik kapal menuju tempat ini yang berjarak 10 kilometer dari jantung kota Sidoarjo. Salah satu tujuannya adalah berziarah ke makam Putri Ayu Dewi Sekardadu. Kawasan ini memiliki suasana sejuk dan tenang.

Waktu paling ramai di sini pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Biasanya, pengunjungnya bisa sampai 300 orang dalam 1 hari. Nah, jika tak ingin terlalu ramai, Teman Traveler bisa datang saat tengah minggu. Selain bisa berziarah, Teman Traveler bisa mengetahui sejarah Putri Ayu Dewi Sekardadu lewat juru kuncinya.

Jelajah Pulau Kepetingan dengan Perahu Kayu

Pemandangan di sepanjang sungai/ hes
Pemandangan di sepanjang sungai (c)Wahyu Hestiningdiah/Travelingyuk

Salah satu cara menuju ke Pulau Kepetingan adalah menggunakan alat transpotasi perahu kayu. Saat menaiki perahu ini, Teman Traveler disuguhkan dengan pemandangan Hutan Mangrove yang hijau dan menyegarkan. Pastinya jadi perjalanan yang menyenangkan.

Nah, untuk bisa menikmati perjalanan seperti menyusuri Sungai Musang di Kalimantan, Teman Traveler hanya perlu membayar Rp35.000 per orang. Sementara waktu perjalanannya menuju Dermaga Desa Ketingan berlangsung selama  satu jam. Jika ingin puas liburan, pergilah di jam 6 pagi dan pulang sekitar jam 3 sore.

Intip Produksi Krupuk Udang Tambak Pulai Kepetingan

Mayoritas warga Kepetingan adalah seorang nelayan. Selain dijual mentahan, tidak sedikit dari mereka yang mengolahnya menjadi bahan makanan lain. Salah satunya kerupuk yang biasa dijadikan oleh-oleh para perziarah. Jenis kerupuk yang mereka tawarkan beragam, mulai krupuk udang, mujair, bandeng, kepiting hingga cireng udang.

hasil olahan krupuk pulau kepetingan/ hes
Hasil olahan krupuk Pulau Kepetingan(c)Wahyu Hestiningdiah/Travelingyuk

Namun untuk jenis ikan lain seperti kepiting dan mujair mereka tak memproduksi setiap hari karena masa panen kedua ikan ikan tersebut tidak rutin seperti udang. Terutama jika musim kemarau. Dengan harga Rp60.000 per kg, warga Pulau Kepetingan menjual krupuknya dengan berbagai model. Ada krupuk kipas, bundar dan korek, tapi dalam bentuk kerupuk mentah.

Tips Liburan ke Pulau Kepetingan

Tips Liburan ke Kepetingan (c)Wahyu Hestiningdiah/Travelingyuk
Tips Liburan ke Kepetingan (c)Wahyu Hestiningdiah/Travelingyuk

Rute menuju Pulau Kepetingan cukuplah mudah. Namun, aksesnya cukup menguras tenaga. Pasalnya, jalan menuju dergama cukup ekstrem karena struktur tanah yang gembur dan sempit. Ketika musim hujan datang, jalanan lebih licin sehingga Teman Traveler perlu hati-hati. Setelah sampai di dermaga, titipkan kendaraan di Perumahan Belvara tepatnya di kawasan Lingkar Timur Sidoarjo. Setelah itu, bisa menyewa perahu kayu.

Bagaimana, tertarik untuk menjelajah sungai demi mencapai Pulau Kepetingan di Sidoarjo ini kan? Paling seru jika ramai-ramai bersama dengan sahabat. Jangan lupa abadikan momen liburanmu, ya!

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Sidoarjo Travelingyuk Wisata Sidoarjo
Share