Cantiknya Pulau Kenawa, Wajib Disambangi Saat ke Sumbawa Barat

Bagi kalian yang berkunjung ke Sumbawa Barat, jangan lupa mampir ke Pulau Kenawa. Kawasan mungil ini tengah hits. Foto-foto keindahannya sudah banyak tersebar di media sosial.

Panorama di sekitar Pulau Kenawa tampak begitu eksotis, apalagi di musim kemarau. Lantas apa keistimewaan lain kawasan ini? Yuk, simak ulasan selengkapnya Teman Traveler.

Cocok Bagi yang Mudik ke Sumbawa Barat

Pulau Kenawa cocok disambangi saat mudik (c) Rosita/Travelingyuk
Dermaga kayu di Kenawa (c) Rosita/Travelingyuk

Sebagian Teman Traveler mungkin sudah tak asing dengan Kenawa. Foto-foto cantik pulau mungil ini kerap muncul di media sosial. Dari hari ke hari, makin banyak orang tertarik berkunjung ke sini. Nah, jika kalian berencana pulang kampung ke Sumbawa Barat, jangan sampai lupa singgah ke destinasi yang sedang hits ini.

Pulau Kenawa berada di kawasan Selat Alas, tepat di antara Lombok dan Sumbawa. Untuk menuju sini, Teman Traveler harus menyebrang dari Pelabuhan Poto Tano. Tentu sudah tak asing bagi kalian yang berasal dari Sumbawa Barat.

Tak Jauh dari Pelabuhan Poto Tano

Menikmati panorama cantik Pulau Kenawa (c) Rosita/Travelingyuk
Pemandangan dari atas Bukit Kenawa (c) Rosita/Travelingyuk

Kenawa berada tak jauh dari Pelabuhan Poto Tano. Aksesnya pun cukup mudah. Teman Traveler cukup sewa perahu nelayan setempat untuk menyebrang ke pulau tujuan. Tak perlu bingung mencari. Begitu sampai di pelabuhan kalian akan mendapati banyak nelayan menawarkan jasa antar-jemput Kenawa.

Soal harga, coba saja tawar terlebih dulu demi mendapat kesepakatan terbaik. Biasanya para nelayan mematok angka Rp300.000 untuk sekali perjalanan pulang-pergi. Oh ya, jangan ragu berinteraksi dengan mereka ya Teman Traveler. Semua nelayan di sini ramah-ramah kok.

Setelah perjalanan sekitar 30 menit dari Pelabuhan Poto Tano, Teman Traveler akan sampai di destinasi wisata Sumbawa Barat ini. Kalian bakal disambut dermaga kayu mungil yang indah.

Pulau Kenawa, Kecil Tak Berpenghuni

Perairan sebening kaca (c) Rosita/Travelingyuk

Kenawa merupakan pulau kecil tak berpenghuni dengan luas sekitar 13 hektar. Sekelilingnya dipenuhi ilalang tinggi dan padang savana eksotis, membuat pulau satu ini tampak menawan.

Tak hanya itu, hamparan pasir di sini sangat lembut. Perairannya pun sebening kaca. Pemandangan bawah lautnya sungguh mempesona, sangat cocok untuk para pecinta snorkeling.

Suasana di sekitar Kenawa relatif tenang, cocok untuk Teman Traveler yang ingin mendirikan tenda dan bermalam. Sangat layak dicoba. Menikmati indahnya mentari terbit dari ufuk timur di sini bakal jadi pengalaman liburan tak terlupakan.

Gagahnya Rinjani tampak dari kejauhan (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Pulau Kenawa, si mungil tak berpenghuni yang wajib disinggahi saat mudik ke Sumbawa Barat. Bagaimana Teman Traveler, adakah di antara kalian yang berencana datang ke sini saat libur Lebaran 2019?

Tags
kontributor Sumbawa Barat Travelingyuk wisata sumbawa barat
Share